Menakar positioning dan arah branding program studi melalui pemetaan penggunaan metode riset

Renata Anisa, Retasari Dewi, Hanny Hafiar

Abstract


Reputasi sebuah lembaga pendidikan dapat dilihat kualitas lulusannya. Begitu juga dengan reputasi Program Studi Public Relations di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Salah satu kualitas lulusan Program Studi PR dapat ditinjau dari kemampuannya melakukan penelitian. Hal ini terkait dengan berbagai jenis riset yang mendasari setiap program kerja public relations. Oleh karena itu, diperlukan pemetaan lulusan sebagai langkah awal bagi program studi untuk melakukan aktivitas branding yang akan ditonjolkan oleh lembaga di mata publik. Tugas akhir mahasiswa (skripsi) dapat memberikan gambaran tren metode riset yang digunakan dan dikuasai calon praktisi public relations. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan metode riset yang digunakan pada penelitian (skripsi) mahasiswa pada periode tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan melakukan analisis terhadap 639 abstrak skripsi mahasiswa. Data diperoleh dari data sekunder untuk kemudian dianalisis sebagai bahan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar skripsi mahasiswa menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, studi kasus, dan fenomenologi, sisanya mahasiswa menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode uji hubungan, uji pengaruh, dan deskriptif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penguatan mata kuliah yang terdapat pada kurikulum program studi humas agar sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan, serta sebagai pertimbangan untuk menentukan arah branding program studi.

Keywords


Riset; metode penelitian; program studi; skripsi; public relations

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2011). Metodologi penelitian untuk public relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Buhmann, A., Ihlen, Ø., & Aaen-Stockdale, C. (2019). Connecting the dots: a bibliometric review of Habermasian theory in public relations research. Journal of Communication Management, 444–467. https://doi.org/10.1108/JCOM-12-2018-0127

Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian sosial. Siodarjo: Airlangga University Press.

Edwards, L. (2012). Defining the ‘object’ of public relations research: A new starting point. Public Relations Inquiry, 1(1), 7–30. https://doi.org/10.1177/2046147x11422149

Farouk, U. (2010). Peran public relations di perguruan tinggi negeri (ptn) dalam era badan hukum pendidikan tinggi. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Kebijakan Publik, 6(1), 68-77–77. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/view/425

Gani, P. K. (2013). Riset bagi praktisi humas.

Grunig, J. E. (2018). Conceptualizing quantitative research in public relations quantitative research in public relations (p. 88). United States: ResearchGate.

Humas, P. (2017). Prodi humas.

Idid, S. A., & Fadel Arandas, M. (2016). Professional values, ethics, and professionalism of public relations practitioners. Jurnal Komunikasi Malaysian, 32(1), 287–311. Retrieved from https://ejournal.ukm.my/mjc/article/view/14781

Indarto, W. (2012). Analisis karya tulis (skripsi) tugas akhir mahasiswa program studi administrasi pendidikan periode 2008/2009 dan 2009/2010. Educhild, 01(1), 59–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1625

Isbandini, I. (2016). Evaluasi literatur dengan menggunakan analisis sitiran terhadap skripsi jurusan manajemen hutan tahun 2008 di perpustakaan fakultas kehutanan UGM. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 10(2), 14. https://doi.org/10.22146/bip.8831

James, M. (2008). A review of the impact of new media on public relations: challenges for terrain, practice and education. Asia Pacific Public Relations Journal, 8, 137–148. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/242232513_A_review_of_the_impact_of_new_media_on_public_relations_Challenges_for_terrain_practice_and_education

Kriyantono, R. (2020). Analisis isi skripsi kehumasan di perguruan tinggi. Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora) Vol., 08(1), 111–128. https://doi.org/10.24269/ars.v8i1.2265

Kurnia, I. H., Santoso, D., & Rahmanto, A. (2013). Strategi humas dalam meningkatkan reputasi sekolah ( studi kasus di sma negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2380

Mulyana, D., & Solatun. (2007). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Na’imah, H. (2013). Pemetaan skripsi mahasiswa tahun angkatan 2005 program studi bimbingan dan konseling fakultas ilmu pendidikan universitas Surabaya. Jurnal BK UNESA, 3(1), 115–126. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3265

Neaimi et al. (2016). Research in public relations. Higher Education of Social Science, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.3968/8190

Pasadeos, Y., Lamme, M. O., Gower, K., & Tian, S. (2011). Short communication A methodological evaluation of public relations research. Public Relations Review, 37(2), 163–165. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2011.01.007

Prastantri, A. S., Novianti, E., & Romli, R. (2017). Identitas sekolah cinta budaya bangsa Indonesia pada sekolah cakra buana. Jurnal Profesi Humas, 2/1(1), 73–85. https://doi.org/10.24198/prh.v2i1.11977

Prayudi. (2013). Manajemen Isu dan Tantangan Masa Depan: Pendekatan Public Relations. Jurnal IIlmu Komunikasi, 4(1), 25–39. https://doi.org/10.24002/jik.v4i1.229

Pujianto, & Suyoso. (2011). Analisis kecenderungan dan tren penelitian pada mahasiswa pendidikan fisika sebagai revitalisasi bidang keahlian penunjang akreditasi : studi kasus prodi pendidikan fisika fmipa uny. Prosiding Seminar Nasional Sains 2011 “Menggunakan Sains Sebagai Sarana Untuk Pembelajaran Kepribadian.”

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1729/pdf

Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). Peran humas dalam meningkatkan citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. JISIP: Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 34–37. https://doi.org/10.33366/jisip.v6i1.369

Ruler, B. Van, Vercic, A. T., & Vercic, D. (2009). Public relations metrics research and evaluation. UK: Routledge.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2007). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed method). Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningtyas, I. D. (2013). Riset sebagai ujung tombak keberhasilan program public relations. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.24002/jik.v7i2.190

Volk, S. C. (2016). A systematic review of 40 years of public relations evaluation and measurement research : Looking into the past, the present, and future. Public Relations Review. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2016.07.003

Wardasari, N. (2018). Penggunaan riset oleh praktisi public relations dalam menentukan program. Jurnal Nomosleca, 4(2018), 794–804. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v4i2.2375

Yanto, A., & Erwina, W. (2017). Tren perkembangan penelitian tentang literasi informasi pada penelitian mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi universitas padjadjaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.30829/jipi.v2i1.596




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.28463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Renata Anisa, Retasari Dewi, Hanny Hafiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats