Fleksibilitas interpretatif teknologi web 2.0 bagi pengelola media sosial instansi pemerintah

Kunti Puspitasari, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Teknologi Web 2.0 sebagai web partisipatif ditandai kehadiran media sosial yang memiliki jangkauan luas dan cepat, serta melibatkan penggunanya. Saat ini, media sosial dimanfaatkan untuk menjalankan komunikasi publik kementerian/lembaga pemerintah. Media sosial instansi pemerintah seharusnya menawarkan interaksi antara instansi pemerintah dengan masyarakat sesuai tipologi Web 2.0 dan sebagai ruang layanan publik. Pengelolaan media sosial juga strategis dalam menjaga reputasi instansi pemerintah. Pengelolaan media sosial di kementerian/lembaga pemerintah umumnya dijalankan oleh kehumasan dengan menunjuk tim atau seorang pengelola/admin media sosial. Penelitian ini melihat bagaimana pengelola/admin media sosial kementerian/lembaga pemerintah sebagai kelompok sosial relevan (pengguna) menginterpretasikan teknologi Web 2.0, dalam hal ini media sosial, berdasarkan perspektif Social Construction of Technology (SCOT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruksionisme, Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam kepada tiga pengelola/admin media sosial di tiga kementerian dan lembaga yang berbeda. Hasil penelitian menggambarkan pengelola/admin media sosial kementerian/lembaga pemerintah memiliki fleksibilitas interpretatif yang sama dalam menggunakan media sosial, namun berbeda dari cara kerjanya. Interpretasi ini terkait penggunaan ruang interaksi dalam merespon komentar warganet. Perbedaan cara penggunaan terkait dengan konteks yang lebih luas, yaitu kultur organisasi, pemahaman akan struktur lain, serta kondisi politik yang sedang berkembang. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan konsep SCOT pada penggunaan media sosial kementerian/lembaga pemerintah bagi kelompok sosial relevan lainnya, yaitu pengamat.


Keywords


Humas pemerintah; konstruksi sosial; media sosial; situs; teknologi

Full Text:

PDF

References


Arora, P. (2012). Typology of Web 2.0 spheres: understanding the cultural dimensions of social media spaces. Current Sociology, 60(5), 599–618. https://doi.org/10.1177/0011392112440439

Barassi, V., & Treré, E. (2012). Does Web 3.0 come after Web 2.0? Deconstructing theoretical assumptions through practice. New Media and Society, 14(8), 1269–1285. https://doi.org/10.1177/1461444812445878

Binsar, A., & Salamah, U. (2018). Anticipating the Post human era in public relations. 2nd Indonesia International Graduate Conference on Communication (Indo-IGCC) Proceeding, 373–392.

Brummette, J., & Fussell, H. (2015). Public relations review using twitter as a means of coping with emotions and uncontrollable crises. Public Relations Review, 41(1), 89–96. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2014.10.009

Bryman, A. (2012). Social research methods (4th editio). New York: Oxford University Press Inc.

Chen, Y.-T., Liu, C.-H., & Wong, R. (2007). The adoption of synchronous and asynchronous media in the teaching of a second language. Issues In Information Systems, VIII(1), 217–223. https://doi.org/10.48009/1_iis_2007_217-223

Criado, J. I., Sandoval-Almazan, R., & Gil-Garcia, J. R. (2013). Government innovation through social media. Government Information Quarterly, 30(4), 319–326. https://doi.org/10.1016/j.giq.2013.10.003

Fuchs, C., Hofkirchner, W., Schafranek, M., Raffl, C., Sandoval, M., & Bichler, R. (2010). Theoretical foundations of the web: cognition, communication, and co-operation. towards an understanding of web 1.0, 2.0, 3.0. Future Internet, 2(1), 41–59. https://doi.org/10.3390/fi2010041

Fulk, J., & Yuan, Y. C. (2017). Social construction of communication. The International Encyclopedia of Organizational Communication, 1, 1–19. https://doi.org/10.1002/9781118955567.wbieoc190

Galbin, A. (2014). An introduction to social constructionism. Social Research Reports, 6(26), 82–92.

Humphreys, L. (2006). Reframing social groups, closure, and stabilization in the social construction of technology. Social Epistemology, March 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/02691720500145449

Jordan, R. (2018). Cerita admin Jokowi dibebastugaskan gegara tweet jkt48. Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-4024449/cerita-admin-jokowi-dibebastugaskan-gegara-tweet-jkt48

Kartika Sari, D., & Dkk. (2015). Information and communication technology dan literasi media digital. In Aspikom. https://books.google.co.id/books/about/Information_and_communication_technology.html?id=4PizDAEACAAJ&redir_esc=y

Kartikawangi, D. (2020). Focus group based evaluation of social media usage in Indonesia’s digital government. Asian Journal for Public Opinion Research, 8(1), 41–58. https://doi.org/10.15206/ajpor.2020.8.1.41

Khan, G. F. (2017). Social media for government. a practical guide to understanding, implementing, and managing social media tools in the public sphere. https://doi.org/10.1007/978-981-10-2942-4

Klein, H. K., & Kleinman, D. L. (2002). The social construction of technology: structural considerations. Science Technology and Human Values, 27(1), 28–52. https://doi.org/10.1177/016224390202700102

Kominfo. (2018). Memaksimalkan penggunaan media sosial dalam lembaga pemerintah. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Kurniasih, N. (2016). Penggunaan media sosial bagi humas di lembaga pemerintah (Issue September 2013). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15820.41609

Lin, H., Fan, W., & Chau, P. Y. K. (2014). Determinants of users’ continuance of social networking sites: A self-regulation perspective. Information and Management, 51(5), 595–603. https://doi.org/10.1016/j.im.2014.03.010

Mojo. (2018). Kesalahan admin twitter akun pemerintah. Tirto.Id. https://tirto.id/kesalahan-admin-twitter-akun-pemerintah-cKBM

Octavianto, A. W. (2014). Strukturasi giddens dan social construction of technology (scot) sebagai pisau analisis alternatif penelitian sosial atas teknologi media baru. Ultima Comm, VI(2), 41–57.

Patel, K. (2013). Incremental journey for world wide web: introduced with web 1.0 to recent web 5.0 – a survey paper. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 3(10), 410–417. http://www.ijarcsse.com/docs/papers/Volume_3/10_October2013/V3I10-0149.pdf

Petrescu, M., & Korgaonkar, P. (2011). Viral advertising: definitional review and synthesis. Journal of Internet Commerce, 10(3), 208–226. https://doi.org/10.1080/15332861.2011.596007

Prastowo, F. A. A. (2020). Pelaksanaan fungsi pokok humas pemerintah pada lembaga pemerintah. Profesi Humas, 5(1), 17–31. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.23721

Savic, M. (2021). From musical.ly to tiktok: social construction of 2020’s most downloaded short-video app. International Journal of Communication, 15, 3173–3194.

Song, C., & Lee, J. (2016). Citizens use of social media in government, perceived transparency, and trust in government. Public Performance and Management Review, 39(2), 430–453. https://doi.org/10.1080/15309576.2015.1108798

Weill, P., Apel, T., Woerner, S. L., & Banner, J. S. (2019). It pays to have a digitally savvy board. mit sloan management review, cambridge, 60(3), 41–45.

Wright, D. K., & Hinson, M. D. (2009). An updated look at the ımpact of social media on public relations practice. Public Relations Journal, 3(2), 1–27. http://www.instituteforpr.org/iprwp/wp-content/uploads/Wright_Hinson_PR_Miami.pdf




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v6i2.28623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kunti Puspitasari, Irwansyah Irwansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats