Analisis krisis public relations pada peristiwa tumbangnya pohon di Kebun Raya Bogor

Ayi Doni Darussalam, Dyah Rachmawati Sugiyanto, Djuara Pangihutan Lubis

Abstract


Kejadian tumbangnya Pohon Damar pada Minggu 11 Januari 2015 telah menyebabkan tujuh orang pengunjung di Kebun Raya Bogor meninggal dunia. Adanya berbagai pemberitaan negatif di media massa serta menurunnya kepercayaan stakeholders telah menjadi krisis yang menerpa manajemen Kebun Raya Bogor. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis krisis dan jenis respon krisis dalam konsep Situational Crisis Communication Theory pada kasus tumbangnya pohon di Kebun Raya Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan deskriptif kualitatif, sedangkan pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka terhadap pemberitaan di media massa, website dan media sosial. Berdasarkan hasil penelitian, krisis yang terjadi merupakan jenis Victim Cluster di mana krisis terjadi karena faktor alam. Selain itu, krisis ini juga digolongkan ke dalam jenis Preventable Cluster di mana Kebun Raya Bogor dinilai lalai dalam melakukan pengawasan terhadap koleksi pohon terutama yang perpotensi rawan tumbang. Sedangkan strategi respon krisis yang dilakukan dengan Rebuild Crisis Response Strategies berupa pemberian kompensasi serta permintaan maaf terhadap keluarga korban. Selain itu, penguatan strategi respons krisis (Bolstering Crisis Response Strategies) juga dilakukan dengan meyakinkan para pemangku kepentingan tentang hubungan yang baik di masa lalu sebelum krisis. Tim komunikasi krisis juga mengatur dalam kerangka menganalisis masalah, menyusun pesan-pesan utama dan menjadi narasumber di media massa. Untuk mengurangi krisis tim hubungan masyarakat LIPI melakukan liputan positif besar-besaran di berbagai saluran media, seperti di media sosial, situs web dan media massa terkait pencapaian dan kegiatan penelitian di Kebun Raya Bogor.

Keywords


Krisis; hubungan masyarakat; komunikasi; dampak, analisis

Full Text:

PDF

References


Akhyar, D. M., & Pratiwi, A. S. (2019). Media sosial dan komunikasi krisis : pelajaran dari industri telekomunikasi di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOMM, 11(1), 35–52.

Anonim. (2015). Dua begonia baru ditemukan di Halmahera. Media Indonesia.

Bempah, R. T. (2015). Kesaksian korban pohon tumbang di kebun raya bogor, 4 orang tewas. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/11/14311261/Kesaksian.Korban.Pohon.Tumbang.di.Kebun.Raya.Bogor.4.Orang.Tewas

Claeys A, S., Cauberghe, V., & Vyncke, P. (2010). Restoring reputations in times of crisis: an experimental study of the situational crisis communication theory and the moderating effects of locus of control. Public Relations Review, 36(3), 256–262. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2010.05.004

Coombs, W. Timothy & Holladay, S. J. (2010). The handbook of crisis communication. In The Handbook of Crisis Communication. https://doi.org/10.1002/9781444314885.ch27

Coombs, T. (2007). Protecting organization reputations during a crisis: the development and application of situational crisis communication theory. Corporate Reputations, 10(3), 163–176. https://doi.org/0.1057/palgrave.crr.1550049

Creswel, J. W. (2009). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. New York: SAGE Publications.

Creswell, J. W. (2016). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cutlip, Center, & Broom. (2013). Effective public relations (elevent). Pearson Education Limited.

De Wolf, D., & Mohamed, M. (2013). Crisis management: lessons learnt from bp deepwater horizon spill Oil. Business Management and Strategy, 4(2), 67–90.

Fearn-Banks, K. (2007). Crisis communications: A casebook approach. In Public Relations Review (Third Edit, Vol. 25, Issue 1). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/10.1016/s0363-8111(99)80136-2

FZA. (2015). Belasungkawa lipi terhadap korban pohon tumbang di Kebun Raya Bogor. LIPI.

Henaldi, S. (2015). Polisi gandeng ahli ipb teliti pohon tumbang.

Hendriyani, Parady, V., Ahsan, A., & Radjiman S, D. (2016). Panduan komunikasi resiko keamanan pangan di saat krisis.

Indrayani, H. (2017). Etika Advokasi public relations dalam manajemen krisis reputasi. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.14710/interaksi.5.1.68-77

Junita, N. (2017). Pohon berusia 194 tahun di kebun raya bogor tumbang.

Kristyarini. (2015). Pengunjung kebun raya diminta hindari pohon rawan tumbang. Kompas.

Kriyantono, R. (2012). Public relation dan crisis management: pendekatan critical public relations etnografi kritis dan kualitatif. In Salemba Humanika. Jakarta : Kencana.

Kriyantono, R. (2019). Research strategies and media relations in public relations practices. Jurnal Komunikatif, 8(2).

Lipi. (2015). Belasungkawa lipi terhadap korban pohon tumbang di kebun raya Bogor. http://lipi.go.id/berita/single/Belasungkawa-LIPI-Terhadap-Korban-Pohon-Tumbang-di-Kebun-Raya-Bogor/13795

Loven, D. P., Christin, M., & Ayub. (2020). Crisis management strategy public relations of pt kai commuter jabodetabek on handling krl cross accident Jakarta-Bogor. Journal of Media Communication Science, 3(1), 47–57.

Prastya, N. (2011). Komunikasi krisis di era new media dan social media. Jurnal Komunikasi, 6(1), 1–20.

Rahmawati, L. (2015). Seorang lagi korban pohon tumbang Kebun Raya Bogor meninggal. Anataranews.

Republika. (2015). Polisi selidiki kelalaina dalam peristiwa kebun raya Bogor. https://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/15/01/12/ni29f4-polisi-selidiki-faktor- kelalaian-dalam-peristiwa-kebun-raya-bogor

Risna. (2015a). Laporan internal pusat konservasi tumbuhan Kebun Raya LIPI.

Risna, R. A. (2015b). Laporan internal pusat konservasi tumbuhan Kebun Raya LIPI Tahun 2015. In Arsip.

Siregar, Putra PM Zahra, A. H. (2020). Bencana nasional penyebaran covid-19 sebagai alasan force majeure, apakah bisa? Keuangan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suharyanti, & Sutawidjaya H, A. (2012). Analisis krisis pada organisasi berdasarkan model anatomi krisis dan perspektif public relationS. Journal Communication Spectrum, 2(2), 165–185.

Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2018). Strategi manajemen krisis public relations pt blue bird group. Communication, 9(1), 102–113.

Ulfa, N., Suadnya, W., & Khusnia N, H. (2019). Manajemen krisis humas pemerintah daerah kabupaten Lombok Utara pada saat gempa bumi Lombok 2018. Journal Of Media and Communication Science, 2(2), 97–115.

Wartakota. (2015). Polisi gandeng ahli ipb teliti pohon tumbang. https://wartakota.tribunnews.com/2015/01/16/polisi-gandeng-ahli-ipb-teliti-pohon-tumbang

Wulandari, I. (2015). Cuaca tak menentu, pohon di Kebun Raya Bogor rawan tumbang. Republika.

Yoe, C. (2019). Principles of risk analysis. in principles of risk analysis. CRC Press Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.1201/9780429021121

Yulianti, W., & Boer F, R. (2020). Manajemen krisis public relations dalam menangani penolakan imunisasi measles rubella. 4(2), 290–311.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.29439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ayi Doni Darussalam, Dyah Rachmawati Sugiyanto, Djuara Pangihutan Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats