Representasi Indonesia pada penanganan COVID-19 di media asing
Abstract
Corona Virus Disease 19 (COVID-19) merupakan sebuah krisis global yang menimpa hampir semua negara di dunia. Seperti halnya sebuah krisis, diperlukan strategi dalam menanganinya, dan strategi itu harus dilakukan secara cepat dan tepat. Efektivitas pemilihan sebuah strategi akan teruji pada hasil akhir dimana jika krisis ini sedang berlangsung dan di akhir krisis. Para ahli krisis mengatakan bahwa pada dasarnya krisis terbagi menjadi tiga tahap yaitu, pre-crisis, crisis, dan postcrisis, dan COVID-19 ini sedang dalam tahap krisis. Strategi komunikasi yang dipilih dalam penanganan krisis ini sudah sepantasnya harus menggunakan kehatihatian karena COVID-19 ini merupakan pertaruhan semua Negara untuk menunjukkan kapasitas negaranya sehingga reputasi negara tersebut tetap terjaga dengan baik di mata negara lain. Sorotan media di seluruh dunia, pada seluruh negara yang terkena dampak COVID-19 ini menjadi acuan bagaimana reputasi negara tersebut, dan bagaimana kemampuan negara tersebut berkompetisi dengan negara lain dalam menghadapi COVID-19. Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian deskriptif yang melibatkan pengembangan kerangka pengkodean dan pengkodean kualitatif terhadap media-media pada April hingga Mei 2020 ini bertujuan melihat bagaimana Indonesia di mata media asing, sehingga akan terlihat bagaimana reputasi Indonesia di mata dunia. Identitas dan persepsi orang luar negara Indonesia menjadi tolak ukur yang akan dilihat dari representasi Indonesia melalui tulisan-tulisan yang ada di media massa asing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa image dan reputasi Indonesia yang kurang baik, yang diawali dengan kelemahan public statement yang dilakukan pemerintah Indonesia, yang berefek pada persepsi yang kurang baik terbentuk dari pemberitaan di bulan-bulan selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aida, N. R. (2020). Indonesia terserah kebijakan plin plan dan pembiaran negara. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/18/093500665/indonesia-terserah-kebijakan-plin-plan-dan-pembiaran-negara-?page=all
Aljazeera. (2020). Indonesia more than 2200 died with coronavirus like symptoms. Retrieved from https://www.thejakartapost.com/news/2020/04/28/more-than-2200-indonesians-have-died-with-coronavirus-symptoms-data-shows.html
Allard, T. (2020). Burial numbers in Jakarta indicate coronavirus toll is higher than officially reported. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-cases/burial-numbers-in-jakarta-indicate-coronavirus-toll-is-higher-than-officially-reported-idUSKBN22D4XI
Allard, T., Kapoor, K., & Widianto, S. (2020). Exclusive jump in jakarta funerals raises fears of unreported coronavirus deaths. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-funerals/exclusive-jump-in-jakarta-funerals-raises-fears-of-unreported-coronavirus-deaths-idUSKBN21L2XU
Allard, T., & Lamb, K. (2020). Exclusive: More than 2,200 Indonesians have died with coronavirus symptoms, data shows. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-casualti/exclusive-more-than-2200-indonesians-have-died-with-coronavirus-symptoms-shows-idUSKCN22A04N
Anholt, S. (2007). Competitive identity. New York: palgrave macmillan.
Bronn, C., & P, B. (2006). Reputation and organizational efficiency: a data envelopment analysis study. Corporate Reputation Review, 45–58. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1057/palgrave.crr.1540238
Cahyani, D. R. (2020). tka-cina-masuk-ri-saat-corona-dpr-pemerintah-tak-peka. Retrieved from tempo.cp website: tka-cina-masuk-ri-saat-corona-dpr-pemerintah-tak-peka.
Comb, W. T. (2014). The value of communication during a crisis: insight from strategic communication research. Business Horizon, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.10.003
Consulting, B. (2020). What nation brands must do to tackle COVID-19. Bloom Consulting Journal. Retrieved from https://www.bloom-consulting.com/journal/what-nation-brands-must-do-to-tackle-COVID-19/
Da Costa, A. B. (2020). soldiers police enforce indonesias new normal coronavirus restrictions. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia/soldiers-police-enforce-indonesias-new-normal-coronavirus-restrictions-idUSKBN2320IJ
Da Costa, A. B., & Stanley, W. (2020). #IndonesiaWhatever: Indonesians vent online over virus response. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia/indonesiawhatever-indonesians-vent-online-over-virus-response-idUSKBN22U194
Dinnie, K. (2008). Nation branding. Amsterdam: Elsevier.
Fan, Y. (2006). Academic papers branding the nation: what is being branded? Journal of Vacation Marketing, 5–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F1356766706056633
Florian. (2020). What corona pandemic means for place branding. Retrieved from https://placebrandobserver.com/what-corona-pandemic-means-for-place-branding/
Handayani, B., & Rashid, B. (2013). Conceptulisation of nation brand image. IJMS, 165–183.
Jefriando, M., & Munthe, B. C. (2020). Indonesia virus death toll rises to highest in asia outside china. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-jakarta/indonesia-virus-death-toll-rises-to-highest-in-asia-outside-china-idUSKBN21K0LL
Kemensetneg. (2020). Presiden: Pengambilan Keputusan Terkait PSBB Harus Hati-hati. Retrieved from https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_pengambilan_keputusan_terkait_psbb_harus_hati_hati#:~:text=Presiden%3A Pengambilan Keputusan Terkait PSBB Harus Hati-hati,-Indonesia %7C English&text=Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa,hatian dan tidak terburu-buru.
Kriyantono, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana.
Lamb, K., & Allard, T. (2020). Exclusive Indonesia major advocate of hydroxychloroquine told by who to stop using it. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-chloroqu/exclusive-indonesia-major-advocate-of-hydroxychloroquine-told-by-who-to-stop-using-it-idUSKBN23227L
Mogaji, E. (2020). Branding the pandemic: coronavirus, COviD19 or SARS-CoV-2. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.2139%2Fssrn.3607532
Passow, T., Fehlman, R., & Grahlow. (2005). Country Reputation - From Management to Measurement. Corporate Reputation Review, 309–326. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.1057%2Fpalgrave.crr.1540229
Prasetia. (2020). Genjot pariwisata di tengah corona jokowi beri turis diskon. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4903193/genjot-pariwisata-di-tengah-corona-jokowi-beri-turis-diskon
Snelson, C. L. (2016). Qualitative and mixed method. s social media research: a review of the literature. International Journal of Qualitative Methods, 1-15. DOI: 10.1177/1609406915624574
TheStar. (2020). after-denial-indonesia-sees-mounting-COVID-19-deaths.
Watson, T., & Kichen, P. J. (2010). Strategic marketing management. https://doi.org/https://www.cengage.co.uk/books/9781844800001/
Wiryono. (2020). WNA China masuk Indonesia ini penjelasan imigrasi bandara-soekarno. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/19/18255551/49-wna-china-masuk-indonesia-ini-penjelasan-imigrasi-bandara-soekarno?page=all
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.29904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Susanne Dida, Trie Damayanti, Aang Koswara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas PadjadjaranJl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats







