Representasi Indonesia pada penanganan COVID-19 di media asing

Susanne Dida, Trie Damayanti, Aang Koswara

Abstract


Corona Virus Disease 19 (COVID-19) merupakan sebuah krisis global yang menimpa hampir semua negara di dunia. Seperti halnya sebuah krisis, diperlukan strategi dalam menanganinya, dan strategi itu harus dilakukan secara cepat dan tepat. Efektivitas pemilihan sebuah strategi akan teruji pada hasil akhir dimana jika krisis ini sedang berlangsung dan di akhir krisis. Para ahli krisis mengatakan bahwa pada dasarnya krisis terbagi menjadi tiga tahap yaitu, pre-crisis, crisis, dan postcrisis, dan COVID-19 ini sedang dalam tahap krisis. Strategi komunikasi yang dipilih dalam penanganan krisis ini sudah sepantasnya harus menggunakan kehatihatian karena COVID-19 ini merupakan pertaruhan semua Negara untuk menunjukkan kapasitas negaranya sehingga reputasi negara tersebut tetap terjaga dengan baik di mata negara lain. Sorotan media di seluruh dunia, pada seluruh negara yang terkena dampak COVID-19 ini menjadi acuan bagaimana reputasi negara tersebut, dan bagaimana kemampuan negara tersebut berkompetisi dengan negara lain dalam menghadapi COVID-19. Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian deskriptif yang melibatkan pengembangan kerangka pengkodean dan pengkodean kualitatif terhadap media-media pada April hingga Mei 2020 ini bertujuan melihat bagaimana Indonesia di mata media asing, sehingga akan terlihat bagaimana reputasi Indonesia di mata dunia. Identitas dan persepsi orang luar negara Indonesia menjadi tolak ukur yang akan dilihat dari representasi Indonesia melalui tulisan-tulisan yang ada di media massa asing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa image dan reputasi Indonesia yang kurang baik, yang diawali dengan kelemahan public statement yang dilakukan pemerintah Indonesia, yang berefek pada persepsi yang kurang baik terbentuk dari pemberitaan di bulan-bulan selanjutnya.


Keywords


Representasi Indonesia; krisis; penanganan COVID-19; reputasi; media asing

Full Text:

PDF

References


Aida, N. R. (2020). Indonesia terserah kebijakan plin plan dan pembiaran negara. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/18/093500665/indonesia-terserah-kebijakan-plin-plan-dan-pembiaran-negara-?page=all

Aljazeera. (2020). Indonesia more than 2200 died with coronavirus like symptoms. Retrieved from https://www.thejakartapost.com/news/2020/04/28/more-than-2200-indonesians-have-died-with-coronavirus-symptoms-data-shows.html

Allard, T. (2020). Burial numbers in Jakarta indicate coronavirus toll is higher than officially reported. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-cases/burial-numbers-in-jakarta-indicate-coronavirus-toll-is-higher-than-officially-reported-idUSKBN22D4XI

Allard, T., Kapoor, K., & Widianto, S. (2020). Exclusive jump in jakarta funerals raises fears of unreported coronavirus deaths. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-funerals/exclusive-jump-in-jakarta-funerals-raises-fears-of-unreported-coronavirus-deaths-idUSKBN21L2XU

Allard, T., & Lamb, K. (2020). Exclusive: More than 2,200 Indonesians have died with coronavirus symptoms, data shows. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-casualti/exclusive-more-than-2200-indonesians-have-died-with-coronavirus-symptoms-shows-idUSKCN22A04N

Anholt, S. (2007). Competitive identity. New York: palgrave macmillan.

Bronn, C., & P, B. (2006). Reputation and organizational efficiency: a data envelopment analysis study. Corporate Reputation Review, 45–58. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1057/palgrave.crr.1540238

Cahyani, D. R. (2020). tka-cina-masuk-ri-saat-corona-dpr-pemerintah-tak-peka. Retrieved from tempo.cp website: tka-cina-masuk-ri-saat-corona-dpr-pemerintah-tak-peka.

Comb, W. T. (2014). The value of communication during a crisis: insight from strategic communication research. Business Horizon, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.10.003

Consulting, B. (2020). What nation brands must do to tackle COVID-19. Bloom Consulting Journal. Retrieved from https://www.bloom-consulting.com/journal/what-nation-brands-must-do-to-tackle-COVID-19/

Da Costa, A. B. (2020). soldiers police enforce indonesias new normal coronavirus restrictions. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia/soldiers-police-enforce-indonesias-new-normal-coronavirus-restrictions-idUSKBN2320IJ

Da Costa, A. B., & Stanley, W. (2020). #IndonesiaWhatever: Indonesians vent online over virus response. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia/indonesiawhatever-indonesians-vent-online-over-virus-response-idUSKBN22U194

Dinnie, K. (2008). Nation branding. Amsterdam: Elsevier.

Fan, Y. (2006). Academic papers branding the nation: what is being branded? Journal of Vacation Marketing, 5–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F1356766706056633

Florian. (2020). What corona pandemic means for place branding. Retrieved from https://placebrandobserver.com/what-corona-pandemic-means-for-place-branding/

Handayani, B., & Rashid, B. (2013). Conceptulisation of nation brand image. IJMS, 165–183.

Jefriando, M., & Munthe, B. C. (2020). Indonesia virus death toll rises to highest in asia outside china. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-jakarta/indonesia-virus-death-toll-rises-to-highest-in-asia-outside-china-idUSKBN21K0LL

Kemensetneg. (2020). Presiden: Pengambilan Keputusan Terkait PSBB Harus Hati-hati. Retrieved from https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_pengambilan_keputusan_terkait_psbb_harus_hati_hati#:~:text=Presiden%3A Pengambilan Keputusan Terkait PSBB Harus Hati-hati,-Indonesia %7C English&text=Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa,hatian dan tidak terburu-buru.

Kriyantono, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lamb, K., & Allard, T. (2020). Exclusive Indonesia major advocate of hydroxychloroquine told by who to stop using it. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-indonesia-chloroqu/exclusive-indonesia-major-advocate-of-hydroxychloroquine-told-by-who-to-stop-using-it-idUSKBN23227L

Mogaji, E. (2020). Branding the pandemic: coronavirus, COviD19 or SARS-CoV-2. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.2139%2Fssrn.3607532

Passow, T., Fehlman, R., & Grahlow. (2005). Country Reputation - From Management to Measurement. Corporate Reputation Review, 309–326. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.1057%2Fpalgrave.crr.1540229

Prasetia. (2020). Genjot pariwisata di tengah corona jokowi beri turis diskon. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4903193/genjot-pariwisata-di-tengah-corona-jokowi-beri-turis-diskon

Snelson, C. L. (2016). Qualitative and mixed method. s social media research: a review of the literature. International Journal of Qualitative Methods, 1-15. DOI: 10.1177/1609406915624574

TheStar. (2020). after-denial-indonesia-sees-mounting-COVID-19-deaths.

Watson, T., & Kichen, P. J. (2010). Strategic marketing management. https://doi.org/https://www.cengage.co.uk/books/9781844800001/

Wiryono. (2020). WNA China masuk Indonesia ini penjelasan imigrasi bandara-soekarno. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/19/18255551/49-wna-china-masuk-indonesia-ini-penjelasan-imigrasi-bandara-soekarno?page=all




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.29904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Susanne Dida, Trie Damayanti, Aang Koswara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats