Isu-isu industrialisasi nikel dan pengelolaan komunikasi korporat di kawasan industri Morowali
Abstract
Proses industrialisasi nikel di Morowali berlangsung begitu cepat, pada awalnya hanya penambangan dan ekspor ore di tahun 2000an, berkembang menjadi industri pengolahan nikel dan produk turunannya sejak IMIP berdiri tahun 2014. Sejak itu perubahan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, kesehatan dan bahkan politik terjadi begitu cepat seiring bertumbuhnya investasi. Selain dampak positif berupa pertumbuhan ekonomi terdapat pula dampak negatif terkait masalah lingkungan, sosial dan budaya. Hal yang melahirkan isu negatif dan berakibat pada menurunnya citra dan reputasi perusahaan. Karena itu perusahaan membutuhkan pengelolaan komunikasi korporat untuk mengurangi berkembangnya isu dan mengembalikan reputasi dan citra perusahaan. Penelitian ini fokus pada identifikasi isu negatif dan pengelolaan komunikasi korporat. Guna mendeskripsikan dan mengelaborasi fokus penelitian maka digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan lapangan selama lebih dari 2 tahun, disertai wawancara mendalam kepada tokoh-tokoh kunci di daerah tersebut maupun kepada pihak perusahaan serta menggunakan dokumentasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, isu yang mencuat menjadi wacana lokal bahkan menjadi wacana politik nasional adalah masalah tenaga kerja asing dari China, masalah rekruitmen tenaga kerja lokal dan dinamikanya, peminggiran komunitas lokal, kerusakan lingkungan dan masalah konflik sosial yang mulai muncul akibat masifnya migran. Pada sisi pengelolaan komunikasi korporat, perusahaan menggunakan pendekatan komunitas, dengan mengaktifkan petugas humas lapangan, upaya komunikasi perusahaan melalui implementasi corporate social responsibility dan pemberdayaan masyarakat, pemanfaatan media internal berupa inhouse journal dan pengelolaan website, pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Youtube dan Instagram serta kerjasama pemberitaan dan pemuatan iklan dengan media cetak dan online baik lokal maupun nasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andika. (2014). Booming nikel, mp3ei, dan pembentukan kelas pekerja studi perubahan tata guna lahan dan pembentukan kelas Kabupaten Morowali. Bogor: Sajogyo Institute.
Anggoro, M. L. (2002). Teori dan profesi kehumasan serta aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Argenti, P. A. (2005). How technology has influenced the field of corporate communication. In SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.828926
Cresswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset: memilih di antara lima pendekatan (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Doorley, J., & Garcia, H. F. (2007). Reputation management: The key to successful public relations and corporate communication. New York: Routledge Taylor & francis group.
Hall, d. (2015). becoming a successful corporate communication practitioner in international business consultancy. In Role of Language and Corporate Communication in Greater China (pp. 49–74). Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-662-46881-4_3
Hardjana, A. A. (2008). Komunikasi dalam manajemen reputasi korporasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.24002/jik.v5i1.215
Hernawan, W., & Muniroh. (2014). Strategi public relations dalam membentuk opini publik tentang pencitraan di pt. bukit asam (persero) tbk. unit Pelabuhan Tarahan - Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung, 4(2), 174–189.
HRD PT. IMIP. (2020). Data karyawan. Bahodopi.
Hudayana, B., & et. al. (2019). Program Prioritas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa-desa lingkar tambang Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali. Yogyakarta.
Jenkins, H., & Yakovleva, N. (2006). Corporate social responsibility in the mining industry: Exploring trends in social and environmental disclosure. Journal of Cleaner Production, 14(3–4), 271–284. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2004.10.004
Juwita, R. (2017). Media sosial dan perkembangan komunikasi korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47–60. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136
Kazaka, O. (2011). Corporate communication in social media in Latvia. Acta Universitatis Sapientiae, Social Analysis, 1(2), 241–259.
Kuwado, F. J. (2018). Moeldoko: terbukti kan, jutaan tka di morowali industrial park hoaks. Retrieved September 23, 2019, from kompas.com website: https://nasional.kompas.com/read/2018/08/07/20085911
Lampe, I., Mahpuddin, Akifah, A., Alfiyaty, R., Amir, A. M., & Amaliah, T. (2019). Dynamics of corporate social responsibility implementation in communities around nickel industrial areas of pt. imip in bahodopi district, morowali regency. Asian Journal of Environmental, History and Heritage, 3(2), 135–146. Retrieved from http://spaj.ukm.my/ajehh/index.php/ajehh/article/view/133
Lampe, I, dkk. (2019). Corporate social responsibility dilemma of tiaka oil and gas mining. Jurnal MIMBAR, Volume 35 No 2 tahun 2019. https://doi.org/10.29313/mimbar.v35i2.5143
Marzuki, M., & et. al. (2018). Kajian sosial budaya dan lingkungan sekitar kawasan PT. IMIP di Morowali. Palu.
Mohamad, B., Bakar, H. A., Halim, H., & Ismail, A. R. (2014). Corporate communication management (ccm) and organisational performance: a review of the current literature, conceptual model and research propositions. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 155, 115–122. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.266
Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, S. (2017). Gelombang perlawanan di tepian matano: resistensi masyarakat sorowako terhadap pt inco. Makassar: Ininnawa.
Nanang. (2017). Video pelarangan shalat jum’at, pt imip: ini murni miskomunikasi. Retrieved September 11, 2019, from media.alkhairiat.id website: https://media.alkhairaat.id/video-pelarangan-shalat-jumat-pt-imip-ini-murni-miskomunikasi
PT. Indonesia Morowali Indutrial Park. (2020a). ANDAL Perluasan Kawasan 2.000 Ha. Bahodopi.
PT. Indonesia Morowali Indutrial Park. (2020b). Indonesia Morowali Industrial Park. Retrieved September 12, 2020, from facebook.com website: https://www.facebook.com/officialimip/
PT. Indonesia Morowali Indutrial Park. (2020c). Official IMIP. Retrieved September 12, 2020, from youtube.com website: https://www.youtube.com/c/OfficialIMIP/featured
PT. Indonesia Morowali Indutrial Park. (2020d). officialimip. Retrieved September 12, 2020, from instagram.com website: https://www.instagram.com/officialimip/?hl=en, 15/10/2020
Qadri, M. (2020). Banjir Luapan Sungai Dampala di Morowali, 175 Warga Dievakuasi. Retrieved September 12, 2020, from news.detik.com website: https://news.detik.com/berita/d-5096657/banjir-luapan-sungai-dampala-di-morowali-175-warga-dievakuasi
Rahmayani, R & Silvana, H (2018). Program corporate social responsibility (csr) pada pt. indocement tunggal perkasa tbk. Jurnal Profesi Humas, 5 (2), https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.13115
Rosmala. (2021). Fungsi komunikasi korporat humas PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Jurnal Profesi Humas, 5 (2), https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.28329
Susanti, A. S. (2020). Media sosial, tak sekadar jaringan pertemanan. Retrieved August 9, 2020, from kompas.id website: https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/06/17/media-sosial-tak-sekadar-jaringan-pertemanan/
Syahputra, I. (2018). Strategi media relations perusahaan pertambangan timah dan agenda setting media di Bangka Belitung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 91. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.15233
Van Reil, Cees, B. ., & Fombrun, C. J. (2007). Essentials of corporate communications. New York: Routledge.
Yoto, L. (2020). Hilirisasi mineral di Morowali. Majalah Seputar Rakyat.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.30603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ilyas Lampe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats