Digital branding Kantor Arsip Universitas Padjadjaran dalam upaya penguatan reputasi
Abstract
Kantor Arsip Universitas Padjadjaran sebagai lembaga kearsipan perguruan tinggi, dibentuk untuk menyelamatkan arsip penting yang berkaitan dengan bukti status intelektualitas serta mengembangkan potensi yang melahirkan inovasi dan karya-karya intelektual lainnya. Arsip yang tercipta di Universitas Padjadjaran, merupakan aset publik yang menjadi bukti akuntabilitas kinerja dan bahan pertanggungjawaban atas capaian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di era digital saat ini, Kantor Arsip Universitas Padjadjaran dihadapkan pada situasi yang sangat terbuka, dimana akses informasi terkait arsip statis harus mudah di akses oleh masyarakat dengan cara yang mudah, murah dan tepat. Semua kegiatan pada Kantor Arsip Universitas Padjadjaran tidak bisa terlepas dari sistem berbasis digital dalam memenuhi kebutuhan komunikasinya. Media digital saat ini sudah seharusnya digunakan oleh public relations pada Kantor Arsip Universitas Padjadjaran untuk mendukung dan membentuk digital branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui digital branding pada Kantor Arsip Universitas Padjadjaran, melalui analisis kegiatan, SDM dan penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis studi deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Arsip Universitas Padjadjaran telah melakukan digital branding untuk membangun goodwill dan juga untuk memperkuat reputasinya melalui berbagai kegiatan seperti kerjasama, webinar, sosialisasi dan pembinaan kearsipan baik untuk internal maupun eksternal. Media digital yang digunakan untuk membangun branding masih terbatas pada situs website. Media sosial seperti facebook, Instagram, tweeter, line dll belum dimanfaatkan oleh Kantor Arsip Universitas Padjadjaran. Pengelolaan kegiatan public relations dilakukan oleh arsiparis yang belum mendapatkan Pendidikan dan pelatihan kehumasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, E. (2011). Handbook of public relations pengantar komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2007). Effective public relations (Ed. 9). Jakarta Timur: Kencana.
Engkus, E., Hikmat, H., & Saminnurahmat, K. (2017). Perilaku narsis pada media sosial di kalangan remaja dan upaya penanggulangannya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2), 121–134. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.220
Galus, B. S. (2008). Urgensitas dan relevansitas kearsipan bagi negara.
Hafni, N. D., & Zaini, A. (2019). Peran public relations dalam pembentukan branding institution perguruan tinggi keagamaan islam swasta. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13(1), 67–77. https://doi.org/10.51675/JT.V13I1.58
Handayani, T. (2019). Era new public service (sebuah pemikiran untuk arsip perguruan tinggi Universitas Diponegoro). 43, 28–61.
Kharisma, T., & Kurniawan, F. (2018). Public relations in the digital era: case studi of the use of social media by government public relations in ANRI. Jurnal InterAct, Vol. 7(1), 13–20.
Komariah, K., Nugraha, A. R., & Perbawasari, S. (2016). Persepsi aparatur pemerintah tentang kualifikasi profesi humas. Avant Garde, 4(2), 157–173. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/avantgarde/article/view/604
Krismanti, S. R. (2014). Pengaruh media internal terhadap reputasi perusahaan (survey pada pelanggan bulettin Cilacap PT. Holcim Indonesia TBK. Cilacap plant). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kriyantono, R. (2019). Public relations activities of state universities based on excellence theory. Avant Garde, 7(2), 154–170. https://doi.org/10.36080/AG.V7I2.901
Kusnandar. (2021). Public relations pada kantor arsip Universitas Padjadjaran, 9 Februari 2021.
Laksamana, A. (2015). Profesi public relations indonesia dalam era digital. Jurnal Public Relations Indonesia, 2(3), 6–16.
Marconi, J. (2004). Public relations: the complete guide. Belmon: Thomson Learning.
Musliichah, M. (2018). Strategic communication dalam mempertahankan eksistensi arsip UGM sebagai pilot project lembaga kearsipan perguruan tinggi di Indonesia. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 1(2), 93–107. https://doi.org/10.22146/DIPLOMATIKA.35202
Musty, B. (2012). Membangun branding melalui pengembangan internet marketing dalam sektor pendidikan. Jurnal LPKIA, 1(2), 1–6.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Pogorzelski, J. (2018). Emotional branding. Managing Brands in 4D, February, 59-109. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-102-120181004.
Prayudi. (2012). Public relations stratejik. In Komunikasi UPN Press (Vol. 80, Issue 20).
Purwindra, M. B. (2016). Peran humas badan pusat statistik sebagai pengelola manajemen reputasi di era keterbukaan informasi publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 71–82.
Putra, N. A. (2017). Literasi media sosial humas pemerintah daerah. Informasi, 47(2), 271. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.17235
Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.
Rahayu, W. (2021). Sumber daya public relations pada kantor arsip Universitas Padjadjaran, 12 Februari 2021.
Ratnasari, E., Rahmat, A., & Prastowo, F. A. A. (2018). Peran humas perguruan tinggi negeri badan hukum dalam implementasi kebijakan keterbukaan informasi. PRofesi Humas, 3(1), 21–38. https://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/14034
Ruslan, R. (2014). Manajemen public relation, media komunikasi konsepsi dan aplikasi. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Satori, D., & Komariah, A. (2012). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kompetensi, kinerja, dan produktivitas kerja. Bandung: Refika Aditama.
Sjoraida, D. F., Dewi, R., Adi, A. N., & Dipa, A. K. (2021). Penggunaan media sosial dalam membangun reputasi anggota legislatif di Jawa Barat. PRofesi Humas, 6(1), 89–110. https://doi.org/10.24198/PRH.V6I1.32112
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Bandung: Alfabeta.
Trikusumawati, A. (2021a). Pemanfaatan media sosial untuk kegiatan digital branding, 9 Juni 2021.
Trikusumawati, A. (2021b). Penggunaan media Sosial, wawancara 9 Juni.
Valitov, S. M. (2014). University brand as a modern way of winning competitive advantage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152(843), 295–299. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.198
van Riel, C. B. M. (2013). Corporate reputation and the discipline of public opinion. In The Handbook of Communication and Corporate Reputation (pp. 11–19). Willey. https://doi.org/10.1002/9781118335529.CH2
Warta, W. (2017). Manajemen reputasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Yunus, U. (2019). Digital branding teori dan praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v6i2.35902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wawat Setiawati, Wina Erwina, Susie Perbawasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas PadjadjaranJl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats







