Analisis strategi humas pemerintahan era milenial dalam menghadapi tata kelola informasi publik

Aat Ruchiat Nugraha, Diah Fatma Sjoraida, Evi Novianti

Abstract


Potensi peran humas pemerintah di era milenial sangatlah tinggi seiring dengan kemajuan teknologi informasi, iklim demokrasi yang terbangun, serta masyarakat yang semakin kritis. Mewujudkan lembaga Humas Pemerintahan yang memiliki tata kelola informasi yang baik dan adaptif terhadap perubahan zaman sangatlah tidak mudah. Terdapat peluang dan kendala untuk mewujudkan aparatur pelaksana Humas Pemerintahan yang profesional tergantung pada visi, misi, strategi dan taktik pimpinan dalam memberdayakan peran, fungsi serta kewenangan lembaga kehumasan dalam mengelola informasi publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur dan model mekanisme strategi humas pemerintahan di era milenial. Penelitian ini berdasarkan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian dilakukan secara primer, yaitu wawancara pada informan yang menjabat sebagai pengelola aktivitas lembaga kehumasan tingkat pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten/kota dan data sekunder melalui studi dokumentasi dan observasi non partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas pemerintah pada era milenial mengutamakan pada peningkatan aspek kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan melalui pemanfaatan platform media konvensional dan media digital guna mewujudkan layanan komunikasi dan informasi publik yang efektif dan berkualitas dalam mendukung tata kelola informasi publik yang terbuka. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pelibatan stakeholders, strategi pengemasan pesan narasi tunggal, strategi media konvensional, dan strategi media sosial dilakukan secara optimal dan terintegrasi dalam rangka mencapai transformasi lembaga kehumasan pemerintah yang dapat berperan aktif pada pengelolaan kebijakan komunikasi strategis pimpinan dan lembaga.


Keywords


Humas pemerintahan; strategi; teknologi; milenial; informasi publik

Full Text:

PDF

References


Arief, N. Nurlaela, & Saputra, M. A. A. (2019). Kompetensi baru public relations (PR) pada era artificial intelligence. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.19

Arief, N. Nurlalela. (2019). Public relations in the era of artificial intelligence: bagaimana big data dan AI merevolusi dunia PR. PT Simbiosa Rekatama Media.

Azhary, S. (2020). Strategi pemeliharaan relasional dalam kegiatan public relations online badan publik di Indonesia. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 193. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.19558

Budhirianto, S. (2020). Transformasi pendekatan komunikasi publik pada humas pemerintah di era digital. In C. S. D. Takariani, D. Praditya, & Lia Puspitasari (Eds.), Media, Komunikasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi (1st ed.). Penerbit Halima.

Cangara, H. (2014). Perencanaan& Strategi Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Gasing, S. S., & Suryanto. (2016). Public Relation. Yogyakarta: Andi.

Hartini, T. (2019). Upaya Perhumas Dalam Meningkatkan Kompetensi Public Relations. Makna : Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 31–57. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/view/1671

Herdiana, D., & Khoiruddin. (2016). Peran dan strategi humas dalam pembentukan citra perguruan tinggi islam. ANIDA, 15(2), 317–338.

Hereyanto. (2017). Analisis capaian keterbukaan informasi publik pada Pemerintah Kota Banjarmasin. MetaCommunication: Journal of Communciation Studies, 2(2), 38–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/mc.v2i2.4085

Inspirasi. (2019). Transformasi Humas dalam Era Revolusi 4.0. Bamboedoea, 1–2. http://bamboedoea.com/wp-content/uploads/2019/03/Inspirasi-Edisi-20-8-halaman-4.pdf

Iriantara, Y. (2019). Humas Pemerintah 4.0. Media Nusantara, 16(1), 13–26. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/MediaNusantara/article/view/630

Kartika, R. (2020, April). Mix - April-Mei 2020.pdf. PR Indonesia, 6–7.

Kriyantono, R. (2018). Peran manajerial dan teknisi humas lembaga pemerintah dan swasta. Aristo, 6(1), 1. https://doi.org/10.24269/ars.v6i1.760

Kusumadinata, A. A., & Fitriah, M. (2017). Strategi Komunikasi Pelayanan Publik melalui Program Pos Pemberdayaan Keluarga. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 225–238. http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/130

Martinelli, D. K. (2012). The Practice of Government Public Relations. In M. Lee, G. Neeley, & K. Stewart (Eds.), The Practice of Government Public Relations (pp. 143-). Taylor & Francis.

Meranti, & Irwansyah. (2018). Transformasi dan kontribusi industri 4.0 pada stratejik kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 27–36. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jtik/article/view/1458

Muhajirin, & Panorama, M. (2017). Pendekatan praktis metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Idea Press.

Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210.

Pohan, H. A. (2019). Kepemimpinan di Era Milenial Ditinjau dari Aspek Komunikasi. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 3(2), 156–174. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JKPI/article/view/5645/2966

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417

Pujileksono, S. (2016). Metode penelitian komunikasi kualitatif. Kelompok Instrans Publishing.

Ristanto, T. (2014). Peran Humas Pemerintah Kota Balikpapan Dalam Mengimplementasikan Konsep Smart City Di Kota Balikpapan. Commonline Departemen Komunikasi, 4(1), 387–399. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-comm35b76ba2bdfull.pdf

Sabrina, A. R. (2018). Literasi digital sebagai upaya preventif menaggulangi Hoax. Jurnal Communicare, 5(2), 31–46. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/101005220183

Sahlan, M., Septiani, E., & Khadiq. (2016). Studi analisis indeks kepuasaan stakeholders terhadap pelayanan publik pada bagian humas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Profetik, 9(2), 15–24. http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/092-02/1098

Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. PRofesi Humas, 4(2), 215. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23528

Sarosa, S. (2017). Penelitian kualitatif dasar-dasar. Jakarta: Indeks.

Setiaman, A., Sugiana, D., & M, J. N. (2013). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 196–205. https://doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6044

Siddiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (A. Mujahidin (ed.)). CV. Nata Karya.

Siswanto, B. D. L., & Abraham, F. Z. (2016). Peran Humas Pemerintah Sebagai Fasilitator Komunikasi Pada Biro Humas Pemprov Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi, 19(1), 55–68. https://doi.org/10.20422/jpk.v19i1.64

Sugiyanto, D. R., Sumartias, S., Yulianita, N., & Komala, L. (2016). Professional government public relations in indonesia: a review. Journal of Education and Social Sciences, 3(February), 53–60.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Suharyanti, Widiastuti, T., & Kania, D. (2012). Reformasi birokrasi pemerintah dan penerapan Excellence Theory. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 53–68. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jik.v10i1.86

Suherman, U. D. (2018). Analisis strategi pengembangan potensi wisata halal pada hotel syariah di Jawa Barat. CV. Sadari.

Theaker, A. (2004). Public relations handbook. Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.1080/00022470.1962.10468057

Yazid, T. P. (2015). Implementasi Cyber Public Relations Melalui Pengelolaan Website Pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 160–173. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/3345




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v6i2.37095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aat Ruchiat Nugraha, Diah Fatma Sjoraida, Evi Novianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats