Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia

Fitria Adianti Putri, Suwandi Sumartias, Diah Fatma Sjoraida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching Grand Indonesia oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di Grand Indonesia yang terletak di Menara BCA Lantai 37, Jalan MH. Thamrin No. 1 Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grand Indonesia dalam melakukan proses rebranding melalui empat tahap. Pertama, repositioning dengan perubahan target market dan konsep mal. Kedua, renaming perusahaan yang semula Grand Indonesia Shopping Town menjadi Grand Indonesia. Ketiga, redesigning elemen tangible dan visual lainnya, seperti logo, iklan, alat tulis kantor, merchandise, dan interior serta eksterior mal. Keempat, relaunching konsep dan brand baru berupa publikasi secara implisit kepada publik. Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap repositioning, perubahan target market yang menjadi fokus rebranding direncanakan dengan matang dengan upaya pergantian tenant dan konsep mal. Pada tahap renaming dan redesigning yang berupa perubahan nama dan logo disesuaikan dengan baik berdasarkan konsep baru mal. Namun, tahap relaunching yang menjadi akhir dari proses rebranding belum optimal, dikarenakan masih banyak publik yang belum mengetahui proses rebranding Grand Indonesia tersebut. Saran pada penelitian ini adalah agar manajemen segera merampungkan pergantian tenant yang sesuai dengan target market baru, membenahi persepsi publik mengenai nama dan logo baru Grand Indonesia yang kerap masih salah, dan mengadakan tahap relaunching secara resmi agar publik mengetahui secara pasti mengenai proses rebranding yang dilakukan, serta dibutuhkan publikasi yang menarik dan konsisten agar mampu meningkatkan awareness publik terhadap perusahaan.


Keywords


Komunikasi; proses rebranding; komunikasi pemasaran; public relations; mal grand indonesia

Full Text:

PDF

References


Irawan, D. H. (2007). Smarter marketing moves. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Murphy, M. J. (1988). How to design trademarks and logos. Universitas Michigan: North Light Books.

Noveline, K. (2009). Pembentukan citra perusahaan melalui ekuitas merek. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 7 No. 2, 153-161.

Nugraha, A. R. (2015). Implementasi kegiatan corporate social responsibility “go green economic” berbasiskan kearifan lokal. Jurnal Komunikasi. Vol. 7 No.2, 118-128.

Nugraha, A. R. (2016). Representasi corporate identity dalam logo baru pdam kota bandung. Communication. Vol.7 No.2, 29-50.

Nugraha, R. A. & Damayanti, T. (2015). Personal branding kandidat politik. Jurnal Komunikasi Acta Diurna. Vol. 11, No. 1, 1-14.

Safitri, D. I. B. (2017). Strategi rebranding zora radio. Jurnal PRofesi Humas.Vol. 2, No. 1, Agustus 2017, 1-12.

Sari, I. P. & Toni. (2013). Brand awereness audience terhadap daya tarik humor dalam televisi iklan axis versi kembalian lima ratus. Jurnal Komunikasi. Vol. 5 No.1, 115-128.

Simonson, A. (1997). Marketing aesthetics: the strategic management of brands, identity and image. NY: Free Press.

Wibowo, A. (2012). Strategi komunikasi masyarakat samin dalam membangun ketahanan pangan lokal. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 10 No. 3, 262-271.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.9063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fitria Adianti Putri, Suwandi Sumartias, Diah Fatma Sjoraida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats