Model Kemitraan PT. Holcim Indonesia Tbk.

Efrin Umma Nassaluka, Hanny Hafiar, Centurion Chandratama Priyatna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk tahap perumusan kebutuhan bersama, pembentukan landasan bersama dan vis misi, penyusunan agenda kegiatan, penyampaian rencana aksi dan evaluasi kemitraan, dan penyusunan strategi penghentian kemitraan. Metode yang digunakan adalah deskiptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data.

Berdasarkan penelitian, proses awal adalah dengan merumuskan kebutuhan bersama melalui social mapping, mengatasi perbedaan latar belakang kedua pihak dan mengadakan pelatihan. Tahap kedua adalah mengadakan pertemuan tertutup membahas landasan bersama, visi misi, kemudian menyatukan informasi tentang kebutuhan dengan visi misi untuk merencanakan agenda kegiatan. Selanjutnya, kedua pihak menyusun agenda kegiatan lewat road map dan Balanced BussinesPlan, serta merencanakan struktur kerja formal. Tahap selanjutnya adalah penyampaian rencana aksi berupa pemberian layanan atau jasa pada implentasi program CSR, menjaga keterlibatan pihak bermitra, serta evaluasi kemitraan. Tahap penyusunan exit strategy dilakukan dengan langkah perencanaan dan persiapan, perencanaan tindakan lanjut, serta persiapan generasi selanjutnya.

Saran pada penelitian ini adalah agar pihak perusahaan banyak mengadakan pelatihan khususnya mengenai pengelolaan CSR. Perusahaan sebaiknya menggunakan metode audit komunikasi sebagai salah saru cara mengevaluasi kemitraan ini. PKM sebaiknya mengkuantifikasikan ukuran tindakan yang mereka usulkan untuk di lakukan dengan tabel kuantifikasi kebutuha. PKM sebaiknya lebih ulet merencanakan program CSR walau sederhana. Pemerintah sebaiknya mendukung praktik comdev seperti ini dengan memberikan kemudahan birokrasi saat pelaksanaan CSR


Keywords


Kemitraan, Model, Pengembangan Model Kemitraan, Pengembangan Masyarakat, Hubungan Komunitas

Full Text:

PDF

References


Bisnis UKM. 2013. Exit Stretegy Untuk Mengembangkan Bisnis Anda. Bisnis UKM.com. Diakses pada 4 Januari 2015 pukul:19.20. http://bisnisukm.com/exit-strategy-untuk-mengembangkan-bisnis-anda.html

Cooke, Bill & Kothari, Uma. 2001. Participation: The New Tyranny?. London: Zed Books

Ife, Jim & Tesoriero, Frank. 2008. Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iriantara, Yosal. 2010. Community Relations. Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Mardikanto, Totok & Soebiato, Poerwoko. 2012. Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alfabeta

Rogovsky, Nikolai. 2000. Corporate Community Involvement Programmes : Partnerships for Jobs and Development. http://www.ilo.org/inst

Subiyantoro, Agus. (6/12/2013). Phase down, Phase Over atau Phase Out sebagai Exit Strategy?. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Program Peningkatan Kualitas Pemukiman. Diakses pada 18 Desember 2015, pukul : 19.14. http://p2kp.org/wartadetil.asp?mid=6225&catid=2&

Tunggal, Amin Widjadja. 2007. Corporate Social Responsibility (CSR). Jakarta : Harvarindo




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i1.9468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Efrin Umma Nassaluka, Hanny Hafiar, Centurion Chandratama Priyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats