Implementasi Kegiatan Corporate Communication oleh Divisi Corporate Secretary PT. Bio Farma (Persero)
Abstract
Perkembangan komunikasi perusahaan juga melibatkan perluasan orientasi komunikasi dari yang berfokus pada pengembangan merek (brand), menjadi kombinasi dari image, profil, dan karakteristik perusahaan termasuk produk dan jasa yang dihasilkan. Wilayah komunikasi merupakan pertemuan dari pengembangan karakter merek perusahaan, pengembangan pemahaman publik, dan terkomunikasikannya nilai dan komitmen perusahaan.
Beberapa transformasi komunikasi perusahaan yang berkembang adalah brand perusahaan sebagai konsekuensi dari manajemen CSR, komunikasi perusahaan sebagai perspektif dan fungsi manajemen, pengembangan dialog, keterlibatan dan partisipasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan, dan memperkuat nilai dari proses bisnis perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program CSR Mizumi Koi Sukabumi.
Full Text:
PDFReferences
Argenti, Paul A. (2010). Komunikasi Korporasi,Edisi 5 (Putri Laila Idris, Penerjemah). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
Bowdin,Glenn A.J., Johnny Allen, William O’Toole, Robert Harris, Ian McDonnell. (2006). Events Management. Great Britain: Elsevier
Chandler,David & William B. Werther Jr. (2011). Strategic Corporate Social Responsibility: Stakeholders in a global environtment. USA: SAGE Publications Inc.
Cutlip, Scott M., Allen H. Center, Glen M. Broom. (2000). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Effendy, Onong Uchajana. (1992). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Egan, John. (2007). Marketing Communications. UK: South Western Cengage Learning
Jefkins,F. (2004). Public Relations. Editor Daniel Yadin 5th edition. Jakarta: Erlangga
Nindita, Maria. (2014). Sustainable Business dan Corporate Social Responsibility (CSR). Jakarta : CECT Trisakti University
Riyanto S. Agus. (2011). PKBL Ragam Derma Sosial BUMN. Jakarta Selatan : Banana Publisher
Rudito. Bambang dan Melia Famiola. (2013). CSR Corporate Social Responsibility. Bandung : Penerbit Rekayasa Sains
Ruslan, Rosady. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Devisi Buku Perguruan Tinggi PT raja Grafindo Persada.
Sakinna,Citra Putri. (2014). Kognisi Karyawan Terhadap Kegiatan CSR Studi Kasus: Konservasi Penyu Pangumbahan PT. Bio Farma. Jakarta: Universitas Bakrie
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. (2007). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya
Sullivan, Ruth & Randy Bobbitt. (2009). Developing The Public Relations Campaign. USA : PEARSON Education Inc.
Wilmshurt. John, Adrian Mackay. (2004). The Fundamentals of Advertising. Great Britain: Biddles Ltd.
Yasin, Mahmudin dan Agus Suherman. (2013). Perusahaan Bertanggung Jawab CSR vs PKBL. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
http://radarsukabumi.com/?p=31746
http://www.pikiran-rakyat.com/node/150656
http://radarsukabumi.com/?p=65206
http://www.antaranews.com/berita/275724/koi-dalam-asuhan-resep-bio-farma
http://www.antarajawabarat.com/lihat/berita/40100/kelompok-petani-mizumi-koi-raih-breeder-terbaik
http://www.biofarma.co.id/
http://www.biofarma.co.id/?p=16709
http://www.economist.com
Annual Report PT. Bio Farma 2011
Annual Report PT. Bio Farma 2013
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i1.9485
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Raesita Rakhmawati, Anwar Sani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats