Implementasi Kegiatan Corporate Communication oleh Divisi Corporate Secretary PT. Bio Farma (Persero)

Raesita Rakhmawati, Anwar Sani

Abstract


Perkembangan komunikasi perusahaan juga melibatkan perluasan orientasi komunikasi dari yang berfokus pada pengembangan merek (brand), menjadi kombinasi dari image, profil, dan karakteristik perusahaan termasuk produk dan jasa yang dihasilkan. Wilayah komunikasi merupakan pertemuan dari pengembangan karakter merek perusahaan, pengembangan pemahaman publik, dan terkomunikasikannya nilai dan komitmen perusahaan.

Beberapa transformasi komunikasi perusahaan yang berkembang adalah brand perusahaan sebagai konsekuensi dari manajemen CSR, komunikasi perusahaan sebagai perspektif dan fungsi manajemen, pengembangan dialog, keterlibatan dan partisipasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan, dan memperkuat nilai dari proses bisnis perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program CSR Mizumi Koi Sukabumi.


Full Text:

PDF

References


Argenti, Paul A. (2010). Komunikasi Korporasi,Edisi 5 (Putri Laila Idris, Penerjemah). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Bowdin,Glenn A.J., Johnny Allen, William O’Toole, Robert Harris, Ian McDonnell. (2006). Events Management. Great Britain: Elsevier

Chandler,David & William B. Werther Jr. (2011). Strategic Corporate Social Responsibility: Stakeholders in a global environtment. USA: SAGE Publications Inc.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center, Glen M. Broom. (2000). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Effendy, Onong Uchajana. (1992). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Egan, John. (2007). Marketing Communications. UK: South Western Cengage Learning

Jefkins,F. (2004). Public Relations. Editor Daniel Yadin 5th edition. Jakarta: Erlangga

Nindita, Maria. (2014). Sustainable Business dan Corporate Social Responsibility (CSR). Jakarta : CECT Trisakti University

Riyanto S. Agus. (2011). PKBL Ragam Derma Sosial BUMN. Jakarta Selatan : Banana Publisher

Rudito. Bambang dan Melia Famiola. (2013). CSR Corporate Social Responsibility. Bandung : Penerbit Rekayasa Sains

Ruslan, Rosady. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Devisi Buku Perguruan Tinggi PT raja Grafindo Persada.

Sakinna,Citra Putri. (2014). Kognisi Karyawan Terhadap Kegiatan CSR Studi Kasus: Konservasi Penyu Pangumbahan PT. Bio Farma. Jakarta: Universitas Bakrie

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. (2007). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya

Sullivan, Ruth & Randy Bobbitt. (2009). Developing The Public Relations Campaign. USA : PEARSON Education Inc.

Wilmshurt. John, Adrian Mackay. (2004). The Fundamentals of Advertising. Great Britain: Biddles Ltd.

Yasin, Mahmudin dan Agus Suherman. (2013). Perusahaan Bertanggung Jawab CSR vs PKBL. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

http://radarsukabumi.com/?p=31746

http://www.pikiran-rakyat.com/node/150656

http://radarsukabumi.com/?p=65206

http://www.antaranews.com/berita/275724/koi-dalam-asuhan-resep-bio-farma

http://www.antarajawabarat.com/lihat/berita/40100/kelompok-petani-mizumi-koi-raih-breeder-terbaik

http://www.biofarma.co.id/

http://www.biofarma.co.id/?p=16709

http://www.economist.com

Annual Report PT. Bio Farma 2011

Annual Report PT. Bio Farma 2013




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i1.9485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Raesita Rakhmawati, Anwar Sani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats