MANAJEMEN SPECIAL EVENT AJB BUMIPUTERA 1912 BANDUNG MELALUI CUSTOMER GATHERING

Chintia Melva Cahaya L. Tobing, Susie Perbawasari, Lukiati Komala Erdinaya

Abstract


Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 merupakan salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang sudah berdiri lebih dari seratus tahun. Di tengah goncangan ekonomi, AJB Bumiputera 1912 tetap berjalan stabil. Hal ini tidak lepas dari kepercayaan pelanggan yang tetap loyal menjadi mitra AJB Bumiputera, serta upaya dari perusahaan dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan, karena bagi perusahaan pelanggan merupakan hal utama. Untuk mempertahankan hubungan baik tersebut, AJB Bumiputera 1912 Bandung memutuskan untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya dengan mengadakan special event customer gathering di Kantor Wilayah Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen special event customer gathering AJB Bumiputera 1912 Bandung di Soreang dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penyajian data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan aktif, dan studi kepustakaan, dengan teknik pengumpulan key informant purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen special event AJB Bumiputera 1912 Bandung melalui customer gathering di Soreang dilakukan dengan riset informal melalui focus group discussion (FGD). Hasil riset menyatakan bahwa calon peserta yang akan diundang adalah para pejabat sesuai kriteria produk menjadi indikator loyalitas dan konsep acara semiformal. Desain acara dilakukan dengan pemilihan tema elegan, mewah, dan semiformal. 


Keywords


Special event; loyalitas pelanggan; gathering; pelanggan; focus group discussion

Full Text:

PDF

References


Anisa, R. (2016). Manajemen kerelasian pelanggan dalam menciptakan kepercayaan pelanggan pada. Jurnal Kajian Komunikasi, 4/1, 44–51

Barnes, J. G. (2003). Secrets of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi

Cutlip, S. M. , & Glen, M. B. (2005). Effective public relations. New Jersey: Prentince Hall

Data Otoritas Jasa Keuangan. (2015). OJK sebut industri perasuransian berperan penting dalam pembangunan nasional. Diakses dari http://www.ojk.go.id/ojk-sebut-industri-perasuransian-berperan-penting-dalam-proses-pembangunan-nasional pada 12 Desember 2015

Goldblatt, J. (2014). Special events: creating and sustaining a new world for celebration. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Griffin, J. (2003). Customer loyalty: menumbuhkan dan mempertahankan pelanggan. Jakarta: Airlangga

Hartono, N. A., Dida, S., & Hafiar, H. (2015). Pelaksanaan kegiatan special event jakarta goes pink oleh lovepink indonesia. Jurnal Komunikasi, 10/2, 161–172

Moleong, (2007). Metodologi penelitian kualitatif. edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1992). Metode research. Bandung: Jemmars

Pudjiastuti, W. (2010). Special event: alternatif jitu membidik pasar. Jakarta: Elex Media Komputindo

Rakhmat, J. (2009). Metode penelitian komuinkasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ramadhan, R. F., Hafiar, H., & Komariah, K. (2016). Manajemen special event culture for peace oleh cioff indonesia. Jurnal Riset Komunikasi

Ruslan, R. (2007). Manajemen public relations dan media komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta

________. (2012). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta

Wasesa, S. A. (2006). Strategi public relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i1.9881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Chintia Melva Cahaya L. Tobing, Susie Perbawasari, Lukiati Komala Erdinaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats