FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAGING AYAM BROILER PADA KONSUMEN RUMAH TANGGA

Ridia Julieta, Enok Sumarsih, Nurul Risti Mutiarasari

Abstrak


Daging ayam broiler merupakan salah satu bahan pangan yang paling diminati dari berbagai jenis ayam lainnya karena mampu menghasilkan sumber protein yang dibutuhkan masyarakat. Permintaan daging ayam broiler mengalami fluktuasi dan tidak selalu mengalami penurunan. Salah satunya bersumber dari kosumen rumah tangga dimana peran ibu biasanya bertindak sebagai pengambil keputusan. Sehingga terjadinya fluktuasai permintaan daging ayam broiler bersumber dari konsumen rumah tangga yang tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan daging ayam broiler pada konsumen rumah tangga di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan pada bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Agustus 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Pengambilan sampel secara accidental sampling dan penentuan responden menggunakan Proportionate Random sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara langsung dengan responden. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 responden dari 3.099 konsumen ibu rumah tangga di Kelurahan Linggajaya. Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dan variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah harga daging ayam broiler, harga telur ayam ras, pendapatan rumah tangga, jumlah anggota keluarga dan pendidikan ibu rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor permintaan daging ayam broiler pada konsumen rumah tangga di Kelurahan Linggajaya secara simultan berpengaruh terhadap permintaan daging ayam broiler. Secara parsial hanya jumlah anggota keluarga dan pendapatan yang berpengaruh positif serta signifikan terhadap permintaan daging ayam broiler pada konnsumen rumah tangga di Keluraha Linggajaya.

Kata kunci: Daging Ayam Broiler, Konsumen Ibu Rumah Tangga, Permintaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Ridha. (2017). Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Broiler Pada Rumah Tangga Di Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. 24: 23–31.

Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Jakarta: Graha Ilmu.

Badan Pusat Stasistik. (2014). Upah Minimum Regional Provinsi (UMR/UMP) per Bulan. BPS: Jakarta.

Badan Pusat Stasistik. (2022). Survei Sosial Ekonomi Nasional, Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. BPS: Jakarta.

Badan Pusat Stasistik Kota Tasikmalaya. (2022). Kota Tasikmalaya Dalam Angka Tahun 2021. BPS: Kota Tasikmalaya.

Chaterine I. Mamuaja., B. Rorimpandey., E. Wantasen., dan S. Dalie. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Buras di Pasar Tradisional Kota Manado.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research. Statistical Strategies for Small Sample Research (January 1998): 295-336.

Darwis, Darmawan. (2017). Development of Traditional Market Location in Tasikmalaya City. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26(2): 110.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. (2022). Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2022. In Jakarta: Kementerian Pertanian, 1–240.

Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya. (2023). Harga Komoditas. Sistem Informasi Pengendalian Inflasi Daerah di Jawa Barat (SILINDA DI JABAR): https://silinda.jabarprov.go id/komoditas.

Febrianti, Rahmadani., Kustopo, Budiraharjo., dan Hery, Setiyawan. (2018). Analisis Faktor -faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Broiler Pada Rumah Tangga di Kabupaten Demak. Suparyanto dan Rosad (2015 2.

Firdaus, Muhammad. (2009). Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Helmi, Mawaddah., Satia, Negara Lubis, dan Emalisa. (2011). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Broiler Di Kota Medan. Agribisnis 2(8): 15108.

Hidayat. (2006). Mikrobiologi Industri. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Kastalani, Yemima, dan Hendri Sularso. (2017). Analisis Pendapatan, Pendidikan dan Jumlah Anggota Keluarga Terhadap Pola Konsumsi Daging Ayam Broiler di Desa Sei Asam Kabupaten Kapuas. Jurnal Ilmu Hewani Tropika 6(2): 48–51.

Lestari, Fifi., Eni, Karsiningsih., dan Muntoro. (2023). Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di Kota Sungailiat Kabupaten Bangka. Paradigma Agribisnis 5(2): 184–95..

Lipsey, Richard G., Paul N. Courant, Douglas D. Purvis, dan Peter O. Steiner. 1995. Ekonomi Mikro. Jakarta: Binarupa Aksara.

Luthfi, Ansyari., Darus Mozart B., dan Fauzia Lily. (2013). Analisis Permintaan Daging Ayam Ras Pedaging (Broiler) di Sumatera Utara.

Mankiw, N Gregory. (2006). Makro Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mountney, GJ, dan CR Parkhurst. (1955). Poultry Product Technology.

Nopirin. (1997). Ekonomi Makro. Yogyakarta: Cetakan Keempat. BPFE.

Nyoman, Shaka Gautama. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Jenis Pekerjaan Terhadap Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Miskin Kecamatan Negara Jembrana. E-Jurnal EP Unud 9: 2529–56.

Rahardja, Pratama., dan Mandala Manurung. (2008). Teori Ekonomi Makro. Edisi ke Empat. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

Rahman. (2001). Konsumsi Pangan dan Sumber Protein Hewani. Bogor: GMSK IPB.

Rasyaf. (2011). Panduan Beternak Ayam Pedaging. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rusli, Said. (2012). Pengantar Ilmu Kependudukan. Jakarta: LP3ES, anggota Ikapi.

Salvatore, Dominick. (2005). Managerial economics Managerial economics = ekonomi manajerial dalam perekonomian global buku 1.

Santoso, Hari, dan Titik Sundaryani. (2011). Pembesaran Ayam Pedaging Hari per Hari di Kandang Panggung Terbuka. Jakarta: Penebar Swadaya.

Santoso, Singgih. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, dan Danang. (2011). Pengantar ILmu Ekonomi. Yogyakarta: Caps.

Satria, Faris Maulana, et al. "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN INDUSTRI HILIR DOMESTIK TERHADAP BIJI KAKAO." Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad 5.2 (2020).

Sarwono, Jonthan. (2006). Motode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian. Jakarta: Kencana.

Setyono., Dwi Joko., dan Maria Ulfah. (2011). 7 Jurus Sukses Menjadi Peternak Ayam Ras Pedaging. ed. Desi Saraswati dan Sony Nugroho. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukirno, S. (2016). Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sunarno, Endang Siti Rahayu, dan Sutrisno Hadi Purnomo. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Ayam Broiler Di Kabupaten Wonogiri. : 455–66.

Supranto, J. (2000). Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Widjayanti., Fefi Nurdiana, dan Mohammad Rizal. (2016). Sistem Kemitraan Dalam Usahatani Peternakan Ayam Broiler di Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 152(3): 28.

Winda, Aprianda, Rochadi Tawa, dan Marina Sulistyati. (2016). Pola Konsumsi Daging Ayam Broiler Berdasarkan Tingkat Pengetahuan dan Pendapatan Kelompok Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Jurnal Universitas Padjadjaran 5(2): 1–16.

Yudha EP, Syamsiyah N, Pardian P, Dina RA. Rural areas are more resilient than urban areas to the COVID19 pandemic. Is it true? (Lessons from Indonesia). Human Geographies – Journal of Studies and Research in Human Geography. Vol. 17, No. 2, 2023, 171-192


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.