STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS CAKE MANGGA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS
Abstrak
Cake mangga merupakan pioneer industri pengolahan mangga di Cirebon. Cake Mangga dibangun oleh pemilik untuk memberikan nilai tambah mangga, karena Cirebon dikenal sebagai salah satu sentra produksi mangga gedong gincu di Jawa Barat. Industri pengolahan mangga akan menguntungkan bagi pemilik jika model bisnis yang diterapkan sesuai dengan tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi melalui strategi pengembangan bisnis menggunakan (BMC) Business Model Canvas yang didapat dari hasil tes pasar. Penelitian dilakukan dengan desain deskriptif kualitatif dan teknik penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, forum group discussion dan studi literatur. Dalam menentukan strategi pengembangan bisnis, diperlukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis tersebut menghasilkan strategi pengembangan bisnis yang dapat memaksimalkan keuntungan. Penambahan “promo member” dalam elemen hubungan pelanggan bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Elemen aktivitas kunci diperkuat dengan menambahkan brand cake manga gedong gincu sebagai produk unggulannya. Di elemen kemitraan, dengan menambahkan “UMKM pengolah produk pertanian”, “dinas pariwisata”, dan “influencer media sosial” untuk mendukung aktivitas promosi. Meningkatkan penggunaan teknologi informasi harus dilakukan secara berkelanjutan guna memperluas pasar.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.