PENGGUNAAN GREEN PACKAGING ANTAR GENERASI

Yosini Deliana, Lucyana Trimo, Sri Fatimah, Eti Suminartika

Abstrak


Indonesia adalah salah satu negara terkemuka dalam inisiatif lingkungan meskipun mayoritas sampah yang dihasilkan Indonesia adalah sampah plastik. Hal tersebut menandakan bahwa penerapan inisiatif lingkungan masih belum menyeluruh yang menyebabkan Negara Indonesia menempati urutan ketiga sebagai pencemar terbesar dunia. Ironi penggunaan plastik yang sudah sangat mengkhawatirkan menjadi motivasi terkait munculnya inovasi-inovasi eco-friendly di masyarakat, salah satunya adalah green packaging. Generasi Z (Gen Z) merupakan generasi transisi setelah generasi Y dengan teknologi yang mulai berkembang. Generasi ini selalu up-to-date terhadap isu-isu yang tersebar di media massa atau internet. Kehidupan Gen Z tidak terlepas dari internet karena mereka lahir dan besar dalam perkembangan teknologi informasi (internet). Mereka juga dikenal sebagai generasi yang terdidik, adaptif, dan cepat tanggap terhadap permasalahan atau isu-isu yang sedang tren. Tujuan penelitian untuk menganalisis penggunaan green packaging antar generasi,  alasan dan preferensi dalam menggunakan green packaging.  Penelitian dilakukan secara online pada Agustus 2022, dan yang mengisi kuesioner hanya 133 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan dalam penggunaan green packaging antar generasi, dengan alasan dan preferensi yang berbeda. 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.