PUBLISITAS DAN PROMOSI FILM ADA APA DENGAN CINTA? 2
Lilis Puspitasari, Jimi Narotama Mahameruaji, Sri Seti Indriani
Abstract
Publisitas bagi sebuah film merupakan suatu alat untuk menyebarkan pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran lewat media tertentu untuk kepentingan dari sebuah production house tanpa pembayaran tertentu pada media. Dalam film orang yang bergerak untuk mempublikasikan film dikenal dengan istilah publisis. Kegiatan publisitas dalam bidang pemasaran direncanakan dalam rangka mendukung tujuan pemasaran suatu produk atau jasa perusahaan. Salah satu area bidang publisitas ini adalah entertainment publicity, dimana salah satu produknya adalah film. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan publisitas dan promosi sebagai alat komunikasi pemasaran pada film Ada Apa Dengan Cinta 2. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 tahapan yang diterapkan dalam mengembangkan strategi publisitas film AADC 2. Tahap Pertama adalah Menentukan tujuan publisitas; Tahap kedua, Mengidentifikasi Target Sasaran; Tahap Ketiga, Mendefinisikan Pesan dari Film; Tahap keempat Menentukan strategi publisitas, dan Tahap Terakhir adalah Monitoring dan evaluasi.