ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE MENGENAI REALITAS BIAS GENDER PADA IKLAN KISAH RAMADHAN LINE VERSI ADZAN AYAH

Della Fauziah Ratna Puspita, Iis Kurnia Nurhayati

Abstract


Pemahaman antara jenis kelamin dan gender pada masyarakat Indonesia, membuat sebuah perbedaan yang merujuk kepada fenomena bias gender. Fenomena bias gender yang masih kental di Indonesia turut di konstruk melalui media, salah satunya melalui iklan televisi. Bias gender ini tampak pada iklan Ramadhan Line versi Adzan Ayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna bias gender pada iklan Ramadhan Line versi Adzan Ayah melalui level realitas. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan paradigma kritis, dengan pendekatan kualitatif dan analisis semiotika John Fiske berdasarkan level realitas dengan kode tampilan, kostum, ekspresi, gesture, percakapan, suara, dan teks. Hasil penelitian menunjukkan bias gender diperlihatkan dengan menampilkan laki-laki dan perempuan secara bersamaan. Dalam aspek tempat diperlihatkan dari pekerjaan yang dilakukan perempuan di wilayah domestik dan laki – laki berada pada wilayah publik.

Keywords


Bias Gender; Iklan; Realitas



DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Della Fauziah Ratna Puspita, Iis Kurnia Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats