Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV

Ahmad Fahruddin, Nur Aini Shofiya Asy'ari

Abstract


Televisi memiliki kelebihan dalam memengaruhi khalayak karena keunggulannya sebagai media audio visual. Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan televisi sebagai sarana hiburan dan sumber informasi utama. Sebagai media yang jangkauannya luas, dakwah islam akan sangat efektif dilakukan dengan media televisi. Euforia pertumbuhan stasiun lokal sejak diberlakukannya UU No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran rupanya menyisakan beberapa permasalahan. Popularitas televisi lokal masih rendah daripada televisi nasional yang pada akhirnya memaksa stasiun televisi lokal lebih kreatif dalam pengelolannya. Tujuan penyiaran televisi adalah memengaruhi khalayak, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana selera dan kemauan khalayak. Terkait dengan hal tersebut, Sydney W Head mengemukakan lima elemen penting dalam strategi programming, yaitu compatibility, habit formation, control audience flow, conservation of program resource dan breadth appeal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teori strategi programming Sydney W. Head diterapkan pada program acara dakwah ADiTV. Dengan menggunakan metode kualitatif penelitian ini melakukan analisa terhadap data-data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi programming ADiTV sejalan dengan teori lima elemen strategi programming Sidney W. Head. Namun yang perlu diperhatikan ADiTV adalah perlunya dilakukan riset terhadap perilaku khalayak yang cenderung berubah pola akses informasinya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap praktik pengelolaan program siaran televisi khusunya program acara dakwah.


Keywords


Strategi programming Sydney W. Head; ADi TV; program dakwah; televisi; penyiaran

References


Atabik, A. (2013). Prospek dakwah melalui media televisi. at-tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 191–209.

Dewi, I. T. (2014). Strategi programming mnc tv dalam mempertahankan program dakwah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Eastman, S. T., & Ferguson, D. A. (1996). Broadcast/cable programming: strategies and practices (5th ed.). California: Wadsworth Publishing Company.

Eastman, S. T., & Ferguson, D. A. (2009). Media programming: strategies and practices (9th ed.). Boston: Cengage Learning.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Gulo, W. (2008). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Grasindo.

Kuswita, H. (2014). Perencanaan dan produksi program televisi pendidikan di televisi edukasi. Jurnal Komunikologi, 11(2).

Morissan. (2013). Teori komunikasi massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Morissan. (2015). Manajemen media penyiaran: strategi mengelola radio dan televisi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Naratama. (2006). Menjadi sutradara televisi. Jakarta: Grasindo.

Novianti, W. (2013). Televisi lokal dan konsentrasi kepemilikan media. Observasi BPPKI Bandung, 11(1).

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2018). Manajemen sumber daya manusia di stasiun televisi lokal radar Tasikmalaya tv. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19878

Putra, R. E., Nuraeni, R., & Prasetio, A. (2016). Strategi programming auto radio 88.9 fm Bandung dalam menyiarkan program otomotif. in eproceedings of management. Bandung: Telkom University. Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3443

Ramdan, A. T. M., Setianti, Y., & Nugraha, A. R. (2017). “Jatidiri pasundan” sebagai branding Bandung tv dalam menghadapi tantangan isi siaran di era digitalisasi. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 1(1), 31–46. https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.13332

Republik Indonesia. Undang-undang Penyiaran Tahun 2002 Pasal 1 Ayat 4 (2002).

Satria, A. (2018). Wawancara. Yogyakarta.

Zaini, A. (2015). Dakwah melalui televisi. at-tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1), 1–20.




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Ahmad Fahruddin, Nur Aini Shofiya Asy'ari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats