Aktivitas Riset CNN Indonesia dalam Penyelenggaraan Special Event Meet Up “Positive Generation”

Ayu Puspa Yurita, Hanny Hafiar, Heru Ryanto Budiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan riset dalam kegiatan special event yang dilakukan oleh CNN Indonesia dalam menyelenggarakan Meet Up “Positive Generation” untuk menghasilkan revenue perusahaan, serta untuk meningkatkan kesadaran generasi milenials terhadap CNN Indonesia. Penelitian ini menggunakan tahapan riset pada Event Management Process Joe Goldblatt sebagai landasan konsep. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan pasif, dan studi kepustakaan, dengan teknik pengumpulan key informan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa proses riset yang dilakukan CNN Indonesia diperoleh berdasarkan data lapangan yang didapat melalui observasi langsung saat event berlangsung, maupun wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang terlibat langsung dalam proses riset event Meet Up “Positive Generation” yang diselenggarakan oleh CNN Indonesia. Sebagai penyelenggara Meet Up “Positive Generation”, CNN Indonesia melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan target sasaran. Bentuk riset yang dilakukan penyelanggara Meet Up “Positive Generation” adalah menentukan pembicara-pembicara yang akan mengisi event Meet Up “Positive Generation” berdasarkan online riset melalui akun Instagram ataupun You Tube. Selain itu juga menentukan kampus-kampus mana saja yang dapat dijadikan tempat pelaksanaan untuk diadakannya event Meet Up “Positive Generation”.


Keywords


Special event; proses riset; generasi milenials; CNN Indonesia; meet up

Full Text:

PDF

References


Alatas, A. (2019, March 15). Wawancara Pra-Survei. (A. P. Yurita, Interviewer) Jakarta.

Ardianto, E. (2011). Metode penelitian untuk public relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cutlip, S., Center, A., & Broom, G. (2005). Effective public relations. New Jersey: Prentice Hall.

Fajrin, N., Bakti, I dan Novianti, E. (2018). City Branding Sawahlunto Kota Wisata Tambang yang Berbudaya Melalui Event Sawahluto International Songket Carnival (Sisca) 2016. PRofesi Humas, 2(2), 169-185.

Farah. (2019, Maret 15). Wawancara Pra-Survei. (A. P. Yurita, Interviewer) Jakarta.

Ferdiansyah, D. (2019, February 15). Wawancara Pra-Survei. (A. P. Yurita, Interviewer) Jakarta.

Goldblatt, J. (2013). Special event: creating and sustaining a new world for celebration. Canada: John WIley & Sons Inc.

Jebada, F. (2019, February 15). Wawancara Pra-Survey. (A. P. Yurita, Interviewer) Jakarta.

Moleong, M. P. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. In M. Prof. Dr. Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 5). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, A. (2013). Manajemen event. Bandung: Alfabeta.

Pakaradena, A., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2018). Proses Public Relations dalam Program Layar Tancap Untuk Semua oleh SCTV. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 2(2), 127-143.

Pudjiastuti, W. (2010). Special event: alternatif jitu membidik pasar. Jakarta: Gramedia.

Rakhmat, J. (2005). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salim, A. (2006). Teori dan paradigma: penelitian sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sholihat, Y., Perbawasari, S., & Lukman, S. (2018). Proses corporate rebranding pjtv Bandung menjadi sktv. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 2(2), 173-190.

Sugiyono. (2009). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tobing, C. M., Perbawasari, S., & Erdinaya, L. K. (2017). Manajemen special event ajb bumiputera 1912 Bandung melalui customer gathering. PRofesi Humas, 2(1), 13-22.




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Ayu Puspa Yurita, Hanny Hafiar, Heru Ryanto Budiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats