Representasi ideologi supremasi kulit putih dalam iklan televisi
Abstract
Penelitian ini dimulai dari penemuan karakter blackface di iklan Bukalapak Pengakuan: Pengakuan: Awalnya Coba-Coba, Jadi Untung Terus. Iklan ini ditayangkan pada tahun 2018 dan dianggap rasis dan menyerang komunitas kulit hitam karena menggunakan wajah hitam dalam ceritanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana blackface terwakili dalam iklan serta untuk membongkar ideologi yang terdapat dibalik mitos-mitos mengenai ras kulit hitam. Konsep ideologi dalam iklan mengacu pada konsep yang diajukan oleh Storey, bahwa ideologi merupakan suatu bentuk gambaran ideal yang bertujuan untuk menarik perhatian melalui cara-cara seperti digunakan dalam teks termasuk iklan televisi sebagai produk media massa untuk mempresentasikan citra tertentu tentang dunia. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks kualitatif dengan metode Semiotika. Iklan dianalisis melalui analisis semiotik Roland Barthes, yang dikenal melalui denotatif, konotatif, dan mitosnya. Tanda-tanda dalam iklan dikaji secara bertahap untuk mendapatkan makna pesan dan juga membongkar mitos yang bersembunyi di balik ideologi yang terkandung dalam iklan. Hasil analisis semiotik menemukan bahwa iklan Bukalapak menunjukkan unsur rasisme yang terlihat dari penggunaan blackface sebagai wahana untuk menyampaikan komedi. Lelucon yang menjadikan ras hitam sebagai objek telah menjadi mitos. Praktek merendahkan ras kulit hitam menjadi hal yang biasa karena kepercayaan pada ideologi supremasi kulit putih yang tanpa disadari dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Di mana gagasan bahwa kulit putih lebih unggul daripada kulit hitam adalah keyakinan yang tidak berdasar untuk merendahkan ras kulit berwarna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baines, P., Crawford, I., O’Shaughnessy, N., Worcester, R., & Mortimore, R. (2014). Positioning in political marketing: How semiotic analysis adds value to traditional survey approaches. Journal of Marketing Management, 30(1–2), 172–200.
Bianchi, C. (2011). Semiotic approaches to advertising texts and strategies: Narrative, passion, marketing. Semiotica, 2011(183), 243–271.
Bonds, A., & Inwood, J. (2016). Beyond white privilege: Geographies of white supremacy and settler colonialism. Progress in Human Geography, 40(6), 715–733.
Briandana, R. (2019). Representation of political ideology in advertising: semiotics analysis in Indonesia television. International Journal of English Literature and Social Sciences, 4(3), 764–775.
Briandana, R., & Dwityas, N. A. (2018). Comedy films as social representation in the society: An analysis of Indonesian comedy films. International Journal of Humanities and Social Science Studies (IJHSSS), 6959(107), 107–118.
Briandana, R., Dwityas, N. A., Priyono, B. J., & Audinna, S. (2020). Film transformations from analog to digital: A case study of film restoration in Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 8(1), 78–84.
Cole, G. (2018). Beyond labelling: Rethinking the role and value of the refugee “label” through semiotics. Journal of Refugee Studies, 31(1), 1–21.
Costanza-Chock, S. (2018). Design Justice: Towards an intersectional feminist framework for design theory and practice. In C. Storni, K. Leahy, M. McMahon, P. Lloyd, & E. Bohemia (Eds.), Proceedings of the Design Research Society. Design Research Soiciety. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3189696
Doughty, R. J. (2017). The Buppie and authentic blackness: Middle-class cultural producers in Spike Lee’s Bamboozled and HBO’s treme. Film International, 3(14), 1–31.
Dwita, D. (2018). Gender equality in media television (semiotics analysis of fair and lovely advertisement issue of marriage or master degree). Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 37–43.
Fanani, F. (2016). Mitologi dalam video game: Pesan-pesan politik dalam video games Amerika Serikat. Jurnal The Messenger, 3(1), 1–11.
German, L. (2015). Contrasting debates and perspectives from second and third wave feminists in Britain: Class, work and activism. University of Hertfordshire.
Gillborn, D. (2005). Education policy as an act of white supremacy: Whiteness, critical race theory and education reform. Journal of Education Policy, 20(4), 485–505.
Gilmore, G. E. (2019). Gender and Jim Crow: Women and the politics of white supremacy in North Carolina, 1896-1920. Capel Hill: UNC Press Books.
Hage, G. (2012). White nation: Fantasies of white supremacy in a multicultural society. London: Routledge.
Holland, K., Warwick Blood, R., & Thomas, S. (2015). Viewing the biggest loser: Modes of reception and reflexivity among obese people. Social Semiotics, 25(1), 16–32.
Hoopes, J. (2014). Peirce on signs: Writings on semiotic by Charles Sanders Peirce. Capel Hill: UNC Press Books.
Howard, P. S. S. (2018). A laugh for the national project: Contemporary Canadian blackface humour and its constitution through Canadian anti-blackness. Ethnicities, 18(6), 843–868.
Indriani, S. S., Puspitasari, L., & Rosfiantika, E. (2019). Analisis Interaksi Simbolik pada Konten Ofensif Iklan Grab #pilihaman. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 3(1), 81–100. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21245
Kantrowitz, S. (2015). Ben Tillman and the reconstruction of white supremacy. Capel Hill: UNC Press Books.
Kauppinen-Räisänen, H., & Jauffret, M.-N. (2018). Using colour semiotics to explore colour meanings. Qualitative Market Research: An International Journal, 21(1), 101–117. https://doi.org/https://doi.org/10.1108
Knapp, M. L., Hall, J. A., & Horgan, T. G. (2013). Nonverbal communication in human interaction. Boston: Cengage Learning.
Najafian, M., & Ketabi, S. (2011). Advertising social semiotic representation: a critical approach. International Journal of Industrial Marketing, 1(1), 63–78. https://doi.org/10.5296/ijim.v1i1.775
Nuraryo, I. (2019). Kultur pop dan diskursus ideologi kecantikan pada iklan di televisi. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.21488
Piliang, Y. A. (1998). Sebuah dunia yang dilipat: Realitas kebudayaan menjelang milenium ketiga dan matinya posmodernisme. Bandung: Mizan Publisher.
Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.
Rossolatos, G. (2018a). A sociosemiotic approach to consumer engagement in user-generated advertising. Social Semiotics, 28(4), 555–589.
Rossolatos, G. (2018b). Brand image re-revisited: A semiotic note on brand iconicity and brand symbols. Social Semiotics, 28(3), 412–428.
Smith, A. (2016). Heteropatriarchy and the three pillars of white supremacy: Rethinking women of color organizing. In INCITE! Women of Color Against Violence (Ed.), Color of Violence: The INCITE! Anthology (Vol. 264). Duke University Press.
Solík, M. (2014). Semiotic approach to analysis of advertising. European Journal of Science and Theology, 10(1), 207–217.
Stevens, L., & Maurantonio, N. (2018). Black Twitter asks Rachel: Racial identity theft in “post-racial” America. Howard Journal of Communications, 29(2), 179–195.
Storey, J. (2018). Cultural theory and popular culture: An introduction. London: Routledge.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.25172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Farid Hamid Umarela, Nindyta Aisyah Dwityas, Devi Rosfina Zahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ProTVF Indexed by:
Editorial Office of ProTVF:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com
ProTVF Supervised by:
View My Stats