Kreativitas musik film Sang Pencerah

Ardy Aprilian Anwar, Arief Budiman, Zaini Ramdhan

Abstract


Kualitas musik film layar lebar dan layar kaca di Indonesia telah memperdengarkan peningkatan baik walaupun masih banyak ditemukan penggunaan musik OST yang dominan sebagai musik filmnya. Dari fenomena tersebut, peneliti melakukan penelitian pada musik film Sang Pencerah yang digarap oleh Tya Subiakto pada tahun 2010 untuk melihat sudut pandang berpikir kreatifnya. Musik film ini juga mendapatkan penghargaan pada Festival Film Bandung 2011. Berangkat dari dorongan tersebut, kemudian peneliti merumuskan pertanyaan penelitian tentang bagaimana kreativitas musik film Sang Pencerah hingga bagaimana masa lalu Tya Subiakto (komposer) mempengaruhi kreativitas musik film Sang Pencerah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dengan metode kualitatif interpretatif, melihat unsur-unsur nilai budaya dalam wujud musikal untuk dijabarkan secara tekstual dan ditemukan makna-makna objektif berupa hubungan musik dengan konten cerita dalam adegan-adegan film Sang Pencerah. Metode tersebut dilakukan dengan pemetaan sktruktur hubungan antara musik film Sang Pencerah dengan jalan cerita lalu membedahnya dengan literatur atau teori komposisi musik dan teori afektif musik. Setelah itu, untuk memperkuat hasil penafsiran interpretatif maka dilakukan wawancara dengan Tya Subiakto sebagai komposer utama musik film Sang Pencerah serta narasumber primer terkait untuk diolah dan dijadikan landasan interpretasi atau data pendukung. Setelah menemukan struktur musik dari aspek komposisi dan unsur afektif dan diperkuat dengan data wawancara, maka peneliti merumuskan hasil penelitian berupa hubungan cerita dengan kreativitas musik film pada film Sang Pencerah. Untuk memperkuat jawaban penelitian, peneliti membuat analisis perbandingan pada karya lain yang dibuat Tya Subiakto, sehingga menemukan karakteristik dan dasar-dasar berpikir dari bentuk musik pada proses merancang musik film Sang Pencerah.


Keywords


Musik film; proses; kreativitas; Tya Subiakto; film Sang Pencerah

Full Text:

PDF

References


Anggana, Y. (2018). Wawancara dengan Yuga Anggana. Bandung-Lombok.

Beveridge, S., & Knox, D. (2018). Popular music and the role of vocal melody in perceived emotion. Psychology of Music, 46(3), 411–423. https://doi.org/10.1177/0305735617713834

C. Noer, E. (2018). Wawancara VIA Whatsapp. Bandung-Jakarta.

Freud, S. (2005). A general introduction to psychoanalysis. In A general introduction to psychoanalysis. https://doi.org/10.1037/10667-000

Green, G., & Jones, G. T. (1974). Music Theory. Notes. https://doi.org/10.2307/897141

Hevner, K. (1935). The Affective Character of the Major and Minor Modes in Music. The American Journal of Psychology. https://doi.org/10.2307/1416710

Hidayat, D., Rosidah, Z., Retnasary, M., & Suhadi, M. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal pada unsur naratif dan sinematik film Jelita Sejuba. ProTVF. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.21264

Indri, D. (2012). Musik film di indonesia belum dianggap penting. Retrieved July 21, 2017, from http://deeanindric.blogspot.com/2012/11/musik-film-di-indonesia-belum-dianggap.html

Juslin, Barradas, & Eerola. (2015). From Sound to Significance: Exploring the Mechanisms Underlying Emotional Reactions to Music. The American Journal of Psychology, 128(3), 281. https://doi.org/10.5406/amerjpsyc.128.3.0281

Kim, J., Strohbach, C. A., & Wedell, D. H. (2019). Effects of manipulating the tempo of popular songs on behavioral and physiological responses. Psychology of Music, 47(3). https://doi.org/10.1177/0305735618754688

Kurniawati, L. (2019). Implikasi standar program siaran pada tayangan edukasi dan artistik TVRI Jawa Barat. ProTVF. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.23008

Liu, Y., Zhao, Y., & Hua, K. A. (2015). What Strikes the Strings of Your Heart? - Feature Mining for Music Emotion Analysis. IEEE Transactions on Affective Computing. https://doi.org/10.1109/TAFFC.2015.2396151

Matthews, J. B. (1879). The Theatres of Paris. The Art Journal (1875-1887). https://doi.org/10.2307/20569403

Palmer, S., & Yorke, E. (2012). “The Technique of Film Music” (Roger Manvell and John Huntley; 1957) [Books Reviewed]. Journal of the SMPTE. https://doi.org/10.5594/j14473

Pratista, H. (2017). Memahami film (2nd ed.). Retrieved from https://montasefilm.com/buku-memahami-film-edisi-2-telah-terbit/

Setiawan, E. (2017). Musik Film: Antara Emosi, Teknologi, dan Kreativitasnya. Retrieved March 15, 2017, from https://compusiciannews.com/Musik-Film-Antara-Emosi-Teknologi-dan-Kreativitasnya/

Subiakto, T. (2018). Wawancara Tya Subiakto. Bandung-Jakarta.

Swaminathan, S., & Schellenberg, E. G. (2015). Current Emotion Research in Music Psychology. Emotion Review, 7(2), 189–197. https://doi.org/10.1177/1754073914558282

Symphonic Library, V. (2017). Harps Sound Characteristics. Retrieved September 9, 2017, from https://www.vsl.co.at/en/Harp/Sound_Characteristics

Wikagoe, B. (2018). Wawancara dengan Bucky Wikagoe. Retrieved from https://drive.google.com/open?id=1LGNh-TD2PpzRk0zDVSP9qhJvBmS2bJeD

Zulkarnain. (2013). Kreativitas Dalam Perspektif Teori Kepribadian Sigmund Freud Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. 146–162.




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.25445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Ardy Aprilian Anwar, Arief Budiman, Zaini Ramdhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats