Strukturasi proses produksi film horor Pengabdi Setan: Perspektif ekonomi politik

Umaimah Wahid, Shena Agustina

Abstract


Film tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan. Film juga berperan dalam menyampaikan pesan-pesan ideologi yang secara sadar atau tidak sadar menjadi bagian nilai yang diyakini oleh penonton. Di samping itu, alasan produksi film horor meningkat karena nilai ekonomi dan politik yang menjadi bagian dari struktur dan agen-agen sosial. Salah satu film horor fenomenal pada tahun 2017 adalah film Pengabdi Setan karya Joko Anwar yang meraih jumlah penonton 4,2 juta orang. Penelitian menggunakan teori strukturasi Anthony Gidden dan perspektif ekonomi politik Vincent Mosco. Objek penelitian adalah struktur sosial dan agen dalam proses pembuatan film. Subjek penelitian adalah para pihak yang terlibat dalam proses pembuatan film. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Data dihasilkan melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses produksi film terdiri dari pra produksi, produksi dan pasca produksi. Semua proses melibatkan agen-agen sosial yang terikat dengan struktur sosial dan produksi film sangat tergantung pada nilai ideologi dan ekonomi politik. Nilai ekonomi menjadi tujuan utama film Pengabdi Setan diproduksi ulang dengan berbagai prubahan menyesuaikan struktur sosial penonton saat ini. Proses produksi terkooptasi oleh niai-nilai yang mengikat struktur perfilman Indonesia, khususnya dalam pembuatan film. Film Pengabdi Setan telah mampu menciptakan ketidaksadaran masyarakat terhadap realitas isi film sebagai representasi langsung masyarakat yang terikat oleh struktur dimana film diproduksi.


Keywords


Produksi; strukturasi; ekonomi politik; media; film horor

Full Text:

PDF

References


Adila, I. (2011). SPASIALISASI DALAM EKONOMI POLITIK KOMUNIKASI ( Studi Kasus MRA Media ). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Alfani, H. (2014). Perspektif Kritis Ekonomi Politik Media (Konglomerasi, Regulasi dan Ideologi). Avant Garde, Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 10–26.

Bekraf. (2019). Pemandangan Umum Industri Film Indonesia. BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif).

Budiman, C., Abdullah, I., & Simatupang, G. R. L. (2013). Retorik dan Makna Ideologis Karya Instalasi dalam Film Opera Jawa Garin Nugroho. 14(1), 1–8.

Cheng, T. (2014). Public Relations and Promotion in Film : How It ’ s Done and Why It ’ s Important.

Craig, G. (2004). The media, politics, public life, Allen & Unwin. Crows Nest NSW.

Creswell, W. J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Databoks.com. (2017). Pengabdi Setan Film Terlaris 2017.

Debby, Y., Hartiana, T. I. P., & Krisdinanto, N. (2020). Desakralisasi film horor Indonesia dalam kajian reception analysis. ProTVF, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.24171

Dwita, D. (2016). Jurnal ipteks terapan. 4, 252–261.

Fathurizki, A., & Mei, R. (2018). PORNOGRAFI DALAM FILM : ANALISIS RESEPSI FILM “ MEN , WOMEN & CHILDREN ” Film Men , Women FILM “ MEN , WOMEN & CHILDREN ” tidak masuk ke Indonesia . Penonton di Indonesia hanya bisa menikmati film ini dengan menonton secara online di website streaming fil. 2(44).

Giddens, A. (2011). The Constitution of Society. Pedati.

Haryanto, D. (2018). BIOPIC FILM AND POLITICAL IDENTITY : CONTESTATION OF DIVERSITY OF IDEOLOGY IN INDONESIAN MOVIES TEXT POST-SOEHARTO REGIME. Jurnal Seni Media Rekam, 10(1). https://doi.org/10.33153/capture.v10i1.2196

Heryanto, G. G. (2017). Ekonomi Politik Media Penyiaran: Rivalitas Idealisme Nilai Islami dan Mekanisme Pasar. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 85–98. https://doi.org/10.15575/cjik.v1i1.1212

Inayah, S. S. (2015). ASPEK EKONOMI, POLITIK, DAN KULTURAL MEDIA MASSA. Lentera, IX(2), 119–127.

Incekara, A., Sener, S., & Hobikoglu, E. H. (2013). Economic evaluation of the film industry in terms of strategic management within the scope of the creative innovative industries : The case of Turkey. 99, 636–647. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.534

Javandalasta, P. (2011). 5 hari mahir bikin film. Mumtaz Media.

Karnanta, K. Y. (2012). Ekonomi Politik Film Dokumenter Indonesia. 1(1), 1–11.

Khoiri, A. (2018). Penampakan “Pengabdi Setan” di 42 Negara. CNN Indonesia.

Kristeva, N. S. S. (2015). Sejarah Ideologi Dunia. Lentera Kreasindo.

Lamsal, M. (2012). The Structuration Approach of Anthony Giddens. Himalayan Journal of Sociology and Anthropology, 5, 133. https://doi.org/10.3126/hjsa.v5i0.7043

Matos, C. (2017). Mass media and globalization. August.

Mayopu, R. G. (2017). Sebuah Analisis Framing terhadap Pemberitaan Program Berita Investigasi Televisi. 107–126.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi Buku Denis McQuail (2nd ed.). Salemba Humanika.

McQuail, D. (2012). Teori Komunikasi Masa Mcquail Buku 1 (1st ed.). Salemba Humanika.

MD Pictures Tbk. (2019). Diclamer.

Nickel, J. (2010). Horror and the Idea of Everyday Life: On Skeptical Threats in Psycho and The Birds (Fahy T (ed.)). The University Press of Kentucky.

Nugraeni, E. K. (2014). MITOS TEMBANG DURMA KUNTILANAK DALAM FILM HOROR KUNTILANAK.

Nugroho, C. (2018). RELASI KUASA MEDIA DAN ISU GENDER POWER RELATION AND GENDER ISSUE Media saat ini bukan lagi sebagai media penyampai pesan ( mediasi ) tetapi telah menjadi media yang mempengaruhi opini dan sikap masyarakat ( mediatisasi ). Hal ini lah dimana media yang se. 2(1).

Nwokedi, & Ekpereamaka, M. (2018). Film as a Mass Medium : Audience Perception of Home Video Films as Representation of Realities in Nigeria ( Study of Residents in Awka South ). 89256.

Oktavianus, H. (2015). Praktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring. E-Komunikasi, 3(2), 3.

Permana, R. S. M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2018). Strategi Promosi Pada Tahapan Pra-Produksi Film ‘Haji Asrama’ (Has). ProTVF, 2(2), 145. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20818

Priherdityo, E. (2018). Kuasai Hong Kong, “Pengabdi Setan” Siap ke New York. CNN Indonesia.

Samudro. (2019). Daftar 10 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak - Tirto. Tirto.Id.

Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (1996). Mediating The Message, Theories of Influences on Mass Media Content,NY. Longman.

Smith, A. (2007). The Wealth of Nation.

Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018). KOMODIFIKASI , SPASIALISASI , DAN STRUKTURASI DALAM MEDIA BARU DI INDONESIA ( Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon ). National COnference of Creative Industry, September, 5–6.

Sunnerbrink, T. and R., & Lisa. (2016). and/as Ethics. Projet Muse. University of Wisconsin Press., 45(3), 3–15. https://doi.org/10.3368/ss.45.3.3.

Surahman, S. (2015). Representasi Feminisme Dalam Film Indonesia, Analisis Semiotika Terkait Feminisme Pada Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita). JURNAL LISKI, 1(2).

Sutorini, M. P., Alif, M., & Sarwani. (2019). Semiotika Gender dalam Film Brave. 3(1), 101–112.

Tawaang, F., & Imran, H. A. (2017). ( Studi Ideologi Media Pemilik Akun Medsos ) ( The Media Ideology Study of Social Media Account Owner ). Jurnal Studi Komunikasi Dam Media, 21(1), 59–68.

Toni, A. (2016). Ideologi Film Garin Nugroho Kajian Semiotika Pada Film Daun Diatas Bantal. Communication, 7(2), 1–25.

Toni, A. (2017). Ideologi Film Garin Nugroho. Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 2(1), 11–30.

Triyono, A. (2012). Produksi teks dalam perspektif ekonomi politik media. KomuniTi, I(1), 18–29.

Vera, N. (2014). Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Vivanews.com. (2018). Bangga, Pengabdi Setan Kembali Diganjar Penghargaan Global. Vivanews,Com.

Wasitaatmadja, F. F. (2019). Pemikiran Islam Dalam Pembentukan Nasionalisme Indonesia: Sebuah Analisis Sejarah Hukum.

Whittington, R. (2015). Giddens , structuration theory and strategy as practice. December. https://doi.org/10.1017/CCO9781139681032.009

Wibowo, T. O. (2018). Fenomena Website Streaming Film di Era Media Baru : Godaan , Perselisihan , dan Kritik The Phenomena of Movie Streaming Websites in New Media Era : Temptation , Disputes , and Critique. 6(2), 191–203.

Wijiharjono, N. (2017). KAJIAN PERKEMBANGAN PENELITIAN PEMASARAN FILM. AGREGAT, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 247–271. https://doi.org/10.22236/agregat

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i1.25601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Umaimah Wahid, Shena Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats