Representasi nilai entrepreneurship dalam film Terbang Menembus Langit

Tituk Utari

Abstract


Indonesia mempunyai misi untuk menjadi negara maju pada tahun 2025. Meningkatkan jumlah entrepreneur di Indonesia adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan misi tersebut. Pendidikan entrepreneurship di Indonesia masih kurang dan jauh tertinggal dari negara-negara lain, sehingga diperlukan pengenalan tentang pendidikan kewirausahaan dengan cara yang menyenangkan agar tercipta pola pikir generasi muda di Indonesia untuk berwirausaha. Film terutama yang diambil dari kisah nyata seperti film Terbang Menembus Langit dapat menumbuhkan sikap kewirausahaan yang positif dan memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda untuk berwirausaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana representasi pesan inspiratif pada film Terbang Menembus Langit dalam menumbuhkan nilai entrepreneurship. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui representasi pesan inspiratif film Terbang Menembus Langit dalam menumbuhkan  nilai entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes yang dengan cara memilih tanda, adegan dan dialog pada film yang sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan. Hasil analisis pada penelitian diperoleh bahwa representasi pesan inspiratif bagi generasi muda di Indonesia dari makna denotatif dalam film Terbang Menembus Langit adalah nilai entrepreneurship berupa nilai (1) percaya diri, (2) kreatif dan inovatif, (3) ketahanan fisik dan mental, (4) berani mengambil resiko, (5) kepemimpinan, (6) orisinalitas dan (7) orientasi tugas dan hasil.


Keywords


Representasi; film; nilai entrepreneurship; semiotika; Roland Barthes

References


Aidha, Z. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. JUMANTIK: Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan, 1(1), 42–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/jumantik.v1i1.1015

Akbar, K. M., Hanief, L., & Alif, M. (2018). Semangat Nasionalisme Dalam Film (Analisis Isi Kuantitatif Dalam Film Merah Putih). ProTVF, 1(2), 125. https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i2.19872

Bungin, B. (2012). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Cobley, P., & Jansz, L. (1999). Introducing Semiotics. Icon Books.

Firmansyah, R. A., & Wrastari, A. T. (2014). Pengaruh Penggunaan Film sebagai Media Belajar terhadap Pencapaian Higher Order Thinking Skill pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNAIR. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 03(1), 40–47.

Hafied, C. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Hennink, M. M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). Qualitative research methods. Sage Publication.

Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnal Informatika Upgris, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.26877/jiu.v2i1.1067

Indrayani, L. (2020). Tantangan Dalam Mengembangkan Jiwa Entrepreneur Di Kalangan Generasi Muda Wirausaha Buleleng Bali. Manajemen & Bisnis Jurnal, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.37303/embeji.v6i1.108

Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.

Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakat. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(2), 50–57.

McQuail, D. (1987). Mass communication theory: An introduction. Sage Publications, Inc.

Nagel, P. J. F. N. (2016). Pengembangan Jiwa Dan Kecerdasan Wirausaha Untuk Kemandirian Bangsa. Seminar Nasional IENACO, 2337–4349, 576–582.

Prianto, A. (2015). Urgensi Penguatan Budaya Wirausaha Untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia Di Era Mea. Jurnal Economia, 11(1), 89. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7760

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik. dan Kasus-kasus. Salemba Empat.

Snelson, C. L. (2016). Qualitative and mixed methods social media research: A review of the literature. International Journal of Qualitative Methods, 15(1), 1–15. https://doi.org/10.1177/1609406915624574

Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Subroto, W. T. (2015). Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship Melalui Pendidikan Ekonomi Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Economia, 11(1), 16. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7751

Suhardi, D. (2011). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. LaksBang Pressindo.

Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318

Suryana. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.

Undang-Undang No.33 Tahun 2009 Tentang Perfilman., (2009).

Yekini, K. C., Omoteso, K., & Adegbite, E. (2021). CSR Communication Research: A Theoretical-cum-Methodological Perspective From Semiotics. Business and Society, 60(4), 876–908. https://doi.org/10.1177/0007650319843623




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i1.31348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Tituk Utari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats