Proses review film-film Indonesia oleh komunitas film Cine Crib
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai proses Cine Crib dalam me-review film-film Indonesia. Cine Crib adalah komunitas film dengan jumlah subscribers YouTube tertinggi (216.000), yang digawangi Aria Gardhadipura, atau yang biasa dipanggil Aria. Kepopuleran Cine Crib saat ini tidak berbanding lurus dengan pemahaman khalayak terkait apa itu review, essay dan kritik film. Melalui penelitian ini, khalayak diharapkan mampu mendapatkan sebuah rujukan yang komprehensif dalam konteks review film. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan empat aspek proses review film-film Indonesia oleh Cine Crib, yaitu: (1) Bagaimana proses Cine Crib sebagai komunitas menentukan film yang akan di-review; (2) Bagaimana menentukan reviewer film; (3) Kaidah apa yang dipakai dalam me-review; dan (4) Bagaimana proses kurasi material video review yang memenuhi standar Cine Crib. Metode deskriptif kualitatif menjadi dipilih untuk memberikan pondasi dari semua tahapan yang dirancang berurut mengenai apa itu review film. Secara teoretis, penulis menggunakan pendekatan Planning, Organizing, Actuating dan Controlling (POAC) yang dicangkokkan dalam penelitian ini untuk melihat apakah Cine Crib bekerja secara terstruktur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, wawancara dan observasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Tidak ada tema khusus dalam me-review film, karena reviewer film diberikan kebebasan sesuai dengan ketertarikan masing-masing; (2) Aria selaku editor dan bisa dikatakan “kurator” tidak menentukan reviewer film; (3) Cine Crib memodifikasi teori umum dalam mengkaji atau mengkritik film sesuai kebutuhan dan kenyamanan reviewer film; dan (4) Aria menentukan proses editing dan kurasi material video review.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alaidrus, F. (2020). Penolakan Kritik Film Termasuk Hal Konyol dan Kekanak-kanakan - Tirto.ID. Tirto.Id. https://tirto.id/penolakan-kritik-film-termasuk-hal-konyol-dan-kekanak-kanakan-eq9s
Antelope, S. (2021). Adrian Jonathan Membahas Kritik Film | Blog | Studio Antelope. Studioantelope.Com. https://studioantelope.com/membahas-kritik-film/
Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. In Simbiosa Rekatama Media (Revisi). Simbiosa Rekatama Media.
Crib, C. (2021). Deskripsi Channel YouTube Cine Crib. Cine Crib. https://www.YouTube.com/c/CineCrib/about
Ernesto, A. (2011). Memetakan Kompleksitas Kajian dan Teori Film, Bagian 1. Cinemapoetica.Com. https://cinemapoetica.com/memetakan-kompleksitas-kajian-dan-teori-film-bagian-1/
Feldman, E. B., & Berleant, A. (1975). Varieties of Visual Experience: Art as Image and Idea. Leonardo, 8(1), 94. https://doi.org/10.2307/1573229
Flinn Sr, J. C. (1941). Film Review: Citizen Kaney. Variety.Com. https://variety.com/1941/film/reviews/citizen-kane-1200413671/
Gardhadipura, A. (2021). Personal Interview.
Hakim, N. (2021, March 29). View of Film dan Arah Kebudayaan. Jurnal Imaji. https://doi.org/https://doi.org/10.52290/i.v12i1.17
Hootsuite. (2021). Social Media Marketing & Management Dashboard - Hootsuite. Data Internet Indonesia Dan Dunia. https://www.hootsuite.com/
Insani, T. (2020). IWF 2020: Rasyid “Cine Crib” Bocorkan 5 Hal Ini untuk Reviewer! Idntimes.Com. https://www.idntimes.com/life/career/tika-insani/rasyid-cine-crib-bocorkan-5-hal-ini-untuk-reviewer-c1c2/5
Irwansyah, A. (2009). Seandainya Saya Kritikus Filme (All Editio). Homerian Pustaka.
Irwansyah, A. (2018). Sekilas Sejarah Kritik Film di Indonesia. Watyutink.Com. https://www.watyutink.com/topik/pikiran-bebas/Sekilas-Sejarah-Kritik-Film-di-Indonesia
Knapp, J. (2013). “Throw That Junk!” The Art of the Movie in Citizen Kane. Representations, 122(1), 110–142. https://doi.org/10.1525/REP.2013.122.1.110
Luthfi, A. (2017). Pendidikan Seni Film dan Televisi Menjadi Penggerak Industri Ekonomi Kreatif. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 13(2), 99–106. https://doi.org/10.24821/rekam.V13I2.1933
Macdowell, J., & Mcculloch, R. (2019). Continuum Journal of Media & Cultural Studies Introduction: “So bad it’s good”: aesthetics, reception, and beyond. https://doi.org/10.1080/10304312.2019.1677978
Maras, S. (2020). Revisiting the distinction between criticism and reviewing: practices, functions, rhetorics, and containers. Https://Doi.Org/10.1080/10304312.2019.1703902, 34(1), 32–43. https://doi.org/10.1080/10304312.2019.1703902
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (37th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. In Bandung: Remaja Rosda Karya (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
NINGSIH, W. S. R. I. P. (2019). Analisis tahapan mereview film oleh divisi review film komunitas film montase [isi surakarta]. http://repository.isi-ska.ac.id/4652/1/wahyu sri palupi ningsih.pdf
Pasaribu, A. J. (2011). Francois Truffaut: Mimpi Seorang Kritikus Film, Bagian 1. Cinemapoetica.Com. https://cinemapoetica.com/francois-truffaut-mimpi-seorang-kritikus-film-bagian-1/
Permana, R. S. M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2019). Industri film Indonesia dalam perspektif sineas Komunitas Film Sumatera Utara. ProTVF, 3(2), 185. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.23667
Purwoko, H. (2021). View of Humor sebagai Kritik Sosial dalam Zootopia (2016). Jurnal Imaji, 11(Sinema, Ideologi dan Kritik Sosial), 20–26. https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/10/8
Ragin, C. C., & Amoroso, L. M. (2011). Constructing social research: The unity and diversity of method (Third Edit). Pine Forge Press. https://us.sagepub.com/en-us/nam/constructing-social-research/book239212#preview
Rahayu, S. D. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Kepercayaan dan dampaknya terhadap Minat Beli film bioskop pada subscribers Channel YouTube Review Film Cine Crib. Tel-U Collection, 20.04.4044, 1–17. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/164598/pengaruh-online-customer-review-ocr-terhadap-kepercayaan-dan-dampaknya-terhadap-minat-beli-film-bioskop-pada-subscribers-channel-YouTube-review-film-cine-crib.html
Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2017). Metode penelitian komunikasi (R. K. Soenendar (ed.); Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.
Saputra, S. J. (2017). Ruang keseharian sebagai representasi identitas. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.24198/JKK.V5I1.8706
Selechan, A. T., Oktavia, I., & Pratiwi, J. (2021). View of Peran Masyarakat Film Indonesia (MFI) Dalam Mendukung Demokratisasi Indonesia (2007-2009). Jurnal Imaji. https://doi.org/https://doi.org/10.52290/i.v12i1.44
Terry, G. R. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen ( j Smith; D.F.M. (ed.); Cet. ke-11). 228.
Wahid, U., & Agustina, S. (2021). Strukturasi proses produksi film horor Pengabdi Setan: Perspektif ekonomi politik. ProTVF, 5(1), 80. https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i1.25601
DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i2.34687
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sandi Jaya Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ProTVF Indexed by:
Editorial Office of ProTVF:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com
ProTVF Supervised by:
View My Stats