Resepsi khalayak pada program acara televisi di Trans 7 sebagai media edukasi
Abstract
Peminatan masyarakat pada program edukasi dalam televisi mengalami kemunduran, ini disebabkan karena jadwal tayang yang tidak sesuai dengan sasaran, pembukaan program dan beberapa diantaranya kurang menarik perhatian masyarakat. Meskipun demikian adapun salah satu acara televisi “Tau Gak Sih” yang mencoba mengambil kembali perhatian masyarakat dengan tema edukasinya. Komunitas Peduli Akademik dan Kemasyarakatan merupakan salah satu komunitas pemerhati masalah edukasi dalam masyarakat memiliki kesadaran akan adanya acara televisi “Tau Gak Sih”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembentukan kode teks atau enkoding nilai edukasi pada program acara televisi “Tau Gak Sih?” di Trans 7 dan untuk mengetahui posisi pembacaan anggota dalam Komunitas Peduli Akademik dan Kemasyarakatan (KOMPAK) terhadap nilai edukasi program acara televisi “Tau Gak Sih?” di Trans 7. Informan penelitian ini adalah guru-guru relawan yang berada di Komunitas Peduli Akademik dan Kemasyarakatan (KOMPAK). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi Stuart Hall dan teori enkoding – dekoding Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga indikator nilai edukasi yang membuat program acara televisi “Tau Gak Sih?” sebagai media edukasi yaitu memberikan wawasan, didukung oleh sumber terpercaya, dan pesan sampai kepada khalayak dan mudah dipahami. Posisi pembacaan Komunitas Peduli Akademik dan Kemasyarakatan untuk tiga indikator nilai edukasi, mayoritas berada pada posisi Hegemoni – Dominan. Maka dapat disimpulkan bahwa program acara televisi “Tau Gak Sih?” menjadi media edukasi untuk komunitas tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2015). Komunikasi massa: suatu pengantar (Edisi Revisi). Simbiosa Rekatama Media.
Badjuri, A. (2010). Jurnalistik televisi. Graha Ilmu.
Bungin, B. (2003). Metode penelitian kualitatif. Raja Grafindo Persada.
Burton, G. (2007). Membincangkan televisi: sebuah pengantar kepada kajian televisi. Jalasutra.
Darwanto. (2007). Televisi sebagai media pendidikan. Pustaka Pelajar Offset.
Asah, A.G. (2016). Pengaruh Program Acara “Tau Gak Sih?” di Trans7 Terhadap Tingkat Pengetahuan Umum Warga Semampir RW.01 – Sidoarjo. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian; penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Jejak Publisher.
Ida, R. (2014). Metode penelitian: studi media dan kajian budaya. Prenada Media Group.
Idayanti, M. (2017). Resepsi Khalayak Terhadap Tubuh Perempuan Dalam Serial Televisi Game of Thrones. Universitas Padjadjaran.
Komariah, A., & Satori, D. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. CV Alfabeta.
Kuswita, H. (2014). Strategi Penyajian Program Pendidikan Di Televisi Edukasi. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 11(1). https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/134.
Lahyanto, N. (2018). Media massa dan pasar modal: strategi komunikasi bagi perusahaan go public. Media Center.
McQuail, D. (2011). Teori komunikasi massa. Salemba Humanika.
Morissan. (2013). Teori komunikasi: individu hingga massa (Edisi Pertama). Kencana Prenamedia Group.
Muid, A. (2013). Islam vs Barat: merajut identitas yang terkoyak. Penerbit Nagamedia.
Naratama. (2004). Menjadi sutradara televisi. Grafindo.
Rakhmat, J. (2001). Psikologi komunikasi. PT. Remaja Rosda Karya.
Nasrullah, R. (2019). Teori dan riset khalayak media. Simbiosa Rekatama Media.
Rusmana, A. (2019). The future of organizational communication in the industrial era 4.0. Media Akselerasi.
Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150-162
Suhartini, S. (2014). Evaluasi Terhadap Program Planet Sains pada Siaran TV Edukasi untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(3), 198–209.
Trans 7. (n.d.-a). On The Spot.
Trans 7. (n.d.-b). Tau Gak Sih.
DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i1.36061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rizkia Nidha Amalia, Sri Seti Indriani, Jimi Narotama Mahameruaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ProTVF Indexed by:
Editorial Office of ProTVF:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com
ProTVF Supervised by:
View My Stats