Komodifikasi agama dalam program religi Siraman Qalbu di MNC TV

Adrie Arief Wibisono, Nawiroh Vera

Abstract


Televisi yang telah menjadi sebuah industri media terus memacu pekerjanya untuk membuat sebuah program acara yang menarik minat audience untuk menonton demi mendapatkan jumlah rating and share yang tinggi sehingga berpengaruh pada jumlah pendapatan yang masuk. Program acara Siraman Qalbu Bersama Ustadz Dhanu Di MNC TV adalah sebuah program acara religi yang dikemas dengan menambahkan unsur-unsur pengobatan spiritual. Program acara ini yang ditayangkan secara langsung maupun tapping setiap hari pada pukul 06.00 sampai 07.00 WIB di MNC TV. Tujuan penelitian adalah untuk membongkar komodifikasi yang terjadi dalam tayangan program acara Siraman Qalbu Bersama Ustadz Dhanu di MNC TV dengan menggunakan paradigma kritis. Metode penelitian ini adalah analisis Marxis dan dipadukan dengan teori ekonomi politik media dari Vincent Mosco untuk mengolah data-data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi bentuk-bentuk komodifikasi konten, komodifikasi pekerja, komodifikasi audience, strukturasi dan spasialisasi dalam program acara ini, meliputi kandungan konten yang lebih menonjolkan nilai-nilai spiritual daripada nilai-nilai religi, upah lembur dan perbedaan jenis kontrak yang dialami oleh pekerja yang berdampak pada fasilitas yang mereka peroleh, serta pemilihan jam tayang untuk kepentingan rating and share. Strukturasi terjadi pada adanya jargon tertentu dan spasialisasi terjadi dengan memanfaatkan media sosial seperti youtube dan media streaming me tube. 


Keywords


industri televisi; ekonomi politik media; komodifikasi; Siraman Qalbu; MNC TV

References


Baran, S. J., & Davis, D. K. (2010). Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan (5th Ed). Salemba Humanika.

Barker, C., & Jane, E. A. (2016). Cultural Studies: Theory and Practice (5th Ed). SAGE Publication Ltd.

Fairclough, N. (2010). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language Longman applied linguistics (2nd ed.). Longman.

Halim, A. (2013). Analisis Investasi Dan Aplikasinya (R. Untung (ed.); 1 Edition). Salemba Empat.

Hasyim Ali, I. (2016). Penelitian Komunikasi Pendekatan Kualitatif Berbasis Teks. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 19(1), 129. https://doi.org/10.31445/jskm.2015.190109

Jhanattan, M. (2020). Komodifikasi Pekerja Lepas di Industri Media Online: Pemanfaatan Community Writers oleh Idntimes.com. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(2), 74. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.3219

Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. TASAMUH, 16(1), 119–138. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed). Pearson Education Inc.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi. Kencana Prenada.

Manggaga, I. P. (2018). Komodifikasi Konten Televisi dalam Perspektif Ekonomi Politik Media. Jurnal Tabligh, 19(2), 257 – 276.

Moleong, L. . (2013). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2018). Jurnalistik televisi mutakhir. Prenada Media Group.

Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication. In SAGE Publication Ltd (2nd Ed). SAGE Publication Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446279946.n5

Musthofa, A. (2012). Komodifikasi Kemiskinan Oleh Media Televisi. Jurnal Ilmiah Komunikasi MAKNA, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30659/jikm.3.1.1-14

Nuraeni, A., & Mentari, R. (2013). Komodifikasi Dai di Televisi: Kajian Ekonomi Politik Media. Jurnal Komunikator, 5(2), 70–82.

Nurliana. (2020). Televisi Sebagai Media Dakwah Islam Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia. Jurnal Peurawi, 3(1), 120–135. https://doi.org/10.22373/jp.v3i1.6768

Perdana, D. D. (2017). Komodifikasi dalam Tayangan Televisi (Kajian Terhadap Program Indonesian Idol 2014). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.446

Raharjo, S. (2012). Komodifikasi Budaya Lokal Dalam Televisi: Studi Wacana Kritis Komodifikasi Pangkur Jenggleng TVRI Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 5, 171–181.

Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018). Komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi dalam media baru di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon). National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 821–842.

Sucahya, M. (2013). Ruang Publik dan Ekonomi Politik Media. Jurnal Komunikasi, 2(3), 15–23.

Surahman, S., Annisarizki, & Rully. (2019). Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja pada Akun Instagram @salman_al_jugjawy. Nyimak Journal Of Communication, 3(1), 15–29.

Syahputra, I. (2013). Rezim Media: Pergulatan Demokrasi Jurnalisme dan Infotainment Dalam Industri Televisi. Gramedia Pustaka Utama.

Vera, N. (2016). Komunikasi Massa (1st ed.). Ghalia Indonesia.

Zulfebriges. (2003). Teori Media-Marxist : Sebuah Pengantar. MediaTor, 4(1), 79–90.




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i2.36553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Adrie Arief Wibisono, Nawiroh Vera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats