IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU NON-PERIZINAN DI UKUR DARI KEPUASAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

Lia Melanie Ginting, Elisa Susanti, Asep Sumaryana

Abstrak


Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai salah satu wujud dari keinginan pemerintah untuk merubah kinerja pelayanan yang selama ini tidak memberikan layanan yang prima. Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Unit Layanan Terpadu Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan merupakan pelayanan terpadu satu pintu yang memberikan layanan non-perizinan. Penelitian ini menggunakan metode SMS (System Mapping Study) dan SLR (System Literatur Review) untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan pada Peraturan Kemenpan R&B No 25 Tahun 2004, tentang  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

 

 

One Stop Integrated Service as a form of the government's desire to change the service performance that has not provided excellent service. One Stop Integrated Service in the Integrated Service Unit of the Ministry of Education and Culture is a one-stop integrated service that provides non-licensing services. This research uses the method of SMS (System Mapping Study) and SLR (System Literature Review) to know Satisfaction of Society by using Satisfaction Index of Community based on Regulation of Kemenpan R & B No. 25 Year 2004, about Satisfaction Index (IKM). 


Kata Kunci


Implementasi, Kebijakan Publik, Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Nur Haida, C. S. (2013). Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Perizinan (Studi Pada Kantor Pelayanan Perizinan Kota Kediri). Jurnal Administrasi Publik, Vol 1, No 2, Publisher: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, 132-138. Daraba, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Rangka Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik Di Kabupaten Takalar. Ilmu Administrasi Publik, Vol 5, No.1, Publisher: Program PascaSarjana Universitas Negeri Makassar, 1-8. Dimitri Gouscos, M. K. (October 2007). A General Model Of Performance And Quality For OneStop e-Government Service Offerings. Government Information Quaterly, Volume 24, Issue 4, Publisher: Elsevier, 860-885. Ernalita, U. (2014). Efektivitas Organisasi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Di Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjung Pura, Vol 4, No.0004. Hastuti, L. A. (November, 2013). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kantor Kota Administrasi Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, Vol 2, No. 01, Publisher: Universitas Bakrie. I Putu Agus Indra Febriyana, C. I. (Juli, 2013). Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kertha Negara Vol.01, No.05, Publisher: Kertha Negara. Krisilvana, A. A. (2017). Evaluasi Proses Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dalam Rangka Perwujudan Good Governance (Studi Penelitian: UPT PTSP Provinsi Jawa Timur). Journal Of Politic and Government Studies, Vol 6, No 01, Publisher: Journal Of Politic and Government Studies, 11-20. Meray, I. M. (2014). Implementasi One Stop Service (OSS) Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, Vol 1, No.1, Publisher: Sam Ratulangi University.

Mitha Ananda Putri, P. A., & Yusa, I. G. (Juni, 2016). Peranan Pegawai Negeri Sipil Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kertha Negara Vol. 04, No.04, Publisher: Kertha Negara. Nopiyanti, W. H. (2015). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Perijinan Di Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPPTSP) Kabupaten Semarang. Journal Of Public Policy and Management Riview Vol 4, No 3, Publisher: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, 1-11. Priyani Dini Pramita, S. R. (2014). The Implementation Of Integrated One-Stop Service at Licensing Service To Society (Case Study On Business License Service At Investment And Integrated Licensing Service Agency (IILSA) Of Pasuruan City). WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol 17, No 3, 149-158. Putri Widayanti, P. A. (2014). Studi Evaluasi Proses Pelayanan Prima Perijinan Terpadu Satu Pintu Di BPPT Kota Semarang. Journal Of Politic and Government Studies, Volume 3, Nomor 2, 176-185. Setiawan, B. (2014). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol.1, No. 1. Sri Hartati, N. H. (2013). Kinerja Organisasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjung Pura, Vol 1, No.0001; ILMU ADMINISTRASI NEGARA. Yuli Tirtariandi El Anshori, E. A. (2014). Implementasi Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), Vol. 12, No.4.




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v1i2.20674

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.