PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN, KOMITMEN EFEKTIF DAN KOMITMEN NORMATIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN PT. BANK BUKOPIN, TBK KANTOR PUSAT)
Abstrak
Dalam data Key Performance Indicator (KPI) yang dimiliki oleh Bank Bukopin data kinerja Bank Bukopin Periode 2014-2016, terdapat informasi pencapaian kinerja dalam rentang waktu 2014 – 2016 yang tidak maksimal. Dari hasil survei yang telah dilakukan perusahaan tiga tahun Data Responden Employee Engagement Survey (2014-2016), masih terdapat Divisi yang pengisian surveinya dibawah 80%. Sehingga berpengaruh kepada penilaian Engagement Karyawan. Penelitian ini tentang pengaruh budaya perusahaan, komitmen efektif dan komitmen normatif terhadap kinerja karyawan PT. Bank Bukopin. Dimana budaya perusahaan sebagai variabel X1, Komitmen Afektif variabel X2, Komitmen Normatif variabel X3 dan kinerja karyawan merupakan variabel Y. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh antara budaya perusahaan dengan kinerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,116 >0,05, berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara promosi dengan minat kuliah. Pengaruh antara komitmen afektif terhadap kinerja karyawan telah terbukti. Hal ini terbukti melalui penelitian dengan hasil signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 yang menunjukan bahwa komitmen afektif memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengaruh antara budaya perusahaan, komitmen afektif dan komitmen normatif terhadap kinerja karyawan dengan uji F maka diperoleh nilai F hitung > F tabel, 77,353 tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. berarti secara bersama-sama budaya perusahaan, komitmen afektif, komitmen normatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
In the Key Performance Indicator (KPI) data held by Bank Bukopin, Bank Bukopin's performance data for the 2014-2016 period, there was information on performance achievements in the 2014-2016 period which were not optimal. From the results of a survey conducted by a three-year company Data on Respondents of the Employee Engagement Survey (2014-2016), there are still Divisions that fill the survey below 80%. So that affects the assessment of Employee Engagement. This research is about the influence of corporate culture, effective commitment and normative commitment to the performance of employees of PT. Bank Bukopin. Where corporate culture as variable X1, Affective Commitment variable X2, Normative Commitment variable X3 and employee performance is variable Y. The method used in this study is quantitative research using associative methods carried out using a survey approach. The results showed the influence between corporate culture and employee performance with a significance level of 0.116> 0.05, meaning there was no significant influence between promotions and college interests. The effect of affective commitment on employee performance has been proven. This is evident through research with a significance value of 0,000 which is smaller than 0.05 which indicates that affective commitment has a positive and significant relationship to employee performance. Influence between corporate culture, affective commitment and normative commitment to employee performance with F test, obtained F count> F table, 77.353 significance level 0.00 <0.05. means that together corporate culture, affective commitment, normative commitment has a positive and significant effect on employee performance.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Algifari. 2012. Statistika Deskriptif untuk Ekonomi dan Bisnis. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Anonimous. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. edisi keempat. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Hasan, Ali. 2011. Marketing. Media Utama. Yogyakarta.
http://search.proquest.com/docview/1448004718?accountid=38628
http://belajarpsikologi.com/metode-pengumpulan-data/
Kotler, Philip. 2012. Marketing Management. Upper Sadle River.
Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat Belas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Sangadji, Etta M. dan Sopiah. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi 1. CV. Andy Offset. Yogyakarta.
Sinaga Ferdinan. 2014. Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Nilai Penjualan Produk Kursi Pijat Advance Di PT. SSB Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta Bandung
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep Strategi dan Kasus). CAPS (Center of Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Sunyoto, Danang. 2013 Teori, Kuisioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Yogyakarta.
Hariandja, M.T.E., 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hasibuan, M.S.P., 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Heidjrachman Dan Husnan S., 2008. Manajemen Personalia. Edisi 4. Cetakan Kesebelas. Yogyakarta : BPFE.
Kreitner R. And Kinicki A., 2003. Perilaku Organisasi. Penerjemah : Erly Suandy. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Luthans F., 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, Penerjemah : Vivin Andhika Yuwono, dkk., Yogyakarta : ANDI.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2002 Manajemen Sumber Daya Manusia Perusaahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
___________ , 2009. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nawawi, Hadari, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Cetakan Keenam. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Ndraha, T., 1999. Pengantar Teori. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
___________ , 2005. Teori Budaya Organisasi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Rivai, Veithzal. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori Ke Praktik. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
___________ , 2008. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Robbins, S.P., 2006. Perilaku Organisasi. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Robbins, S.P. and Judge, T.A. 2008. Perilaku Organisasi. Organizational Behavior. Buku 1. Edisi 12. Penerjemah : Diana Angelica. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Silalahi, Benneth, 2004. Corporate Culture & Performance Appraisal. Budaya Perusahaan dan Penilaian Unjuk Kerja. Cetakan Kesatu. Jakarta : Yayasan Pendidikan Al Hambra.
Siswanto H.B., 2008. Pengantar Manajemen. Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Supriyanto, E.B., 2006. Budaya Kerja Perbankan, Jalan Lurus Menuju Integritas. Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia.
Tampubolon, Manahan P. 2008. Perilaku Keorganisasian dalam Perspektif Organisasi Bisnis. Bogor : Ghalia Indonesia.
Terry, George R., 2006. Asas-Asas Manajemen, Edisi Kedelapan, Cetakan Kelima, Alih Bahasa : Winardi. Bandung : PT. Alumni.
Tika, Pabundu, Moh. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara.
Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Winardi J., 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Edisi Pertama, Cetakan Kedua. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi (Teori Aplikasi dan Penelitian). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v2i1.23019
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.