IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2020

Rusnadiah Rusnadiah, Widya Setiabudi Sumadinata, Deasy Sylvia Sari

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keberjalanan implementasi kebijakan pelayanan terpadu satu pintu yang dilakukan di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung yang mulai berjalan sejak di keluarkannya Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang menjadi fokus dan diringi dengan interpretasi yang akurat melalui wawancara yang mendalam. Model Implementasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Edward III (1980). Model ini menggambarkan implementasi kebijakan pelayanan terpadu satu pintu dengan faktor-faktor yang terdiri dari komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pelayanan terpadu satu pintu di Kabupaten Bandung sudah terlaksana dengan cukup baik, namun DPMPTSP Kabupaten Bandung belum secara rutin dan langsung melakukan komunikasi dengan kelompok sasaran perijinan juga dengan dinas terkait tentang kejelasan SOP. Ada pula jenis pelayanan pada aplikasi perijinan yang belum sesuai dengan kebutuhan sehingga tujuan pelayanan terpadu, yaitu cepat dan tepat belum dapat tercapai secara maksimal.  

 

The main purpose of this research is to describe the implementation of the one-stop integrated service policy going at the Investment and One Stop Service (DPMPTSP) in Bandung Regency which has been running since the enactment of Regional Regulation Number 15 of 2018 concerning Amendments to Regional Regulation Number 12 of 2016 Concerning the Formation and Composition of Regional Apparatus. This research is based on a qualitative descriptive method, which describe the facts about the main problem and is accompanied by an accurate interpretation. The implementation model used in this research is the Edward III Model (1980). This model describes the implementation with factors consist of communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. The results of this research indicate that the implementation of the one-stop integrated service policy in Bandung Regency has been well implemented. But DPMPTSP in Bandung Regency has not routinely and directly communicated for the licensing target group, also with the related agencies regarding the clarity of the standard operational. Moreover, there are also types of services in licensing application that are not in accordance with the needs, so that the purpose of integrated services, which are fast and precise, cannot be achieved optimally yet.


Kata Kunci


implementasi, kebijakan, perizinan, pelayanan terpadu satu pintu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. (2014). Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bromley, Daniel W. 1989. Economic Interest and Institutions : The Conceptual Foundations of Public Policy. New York : Basil Blackwell Ltd.

Fatah Hidayat, S. B. (2018). Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) : Pendelegasian Kewenangan Setengah Hati. Jurnal Politico Vo; 18 No 1, 144-163.

Islamy, M. I. (2016). Kebijakan Publik. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Moleong, L. J. (2019). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ndraha, T. (2005). Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalimun. (2016). Implementasi Kebijakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Badan Promosi dan Perijinan Penanaman Modal Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Nugroho, R. (2017). Pblic Policy. Jakarta: PR Elex Media Komputindo.

Rosna. (2015). Implementasi Kebijakan Pelayanan Perizinan Penanaman Modal pada Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu Kota Palu. E-Journal Katalogis Volume 3 Nomor 7, 137-145.

Sinaga, K. (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Pelayanan Terpadu Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. Jurnal Publik Reform UNDHAR Medan Edisi IV No. 4, 23-33.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhady, I. (2000). Kebijaksanaan Pendayagunaan Aparatur Negara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Winarmo, B. (2014). Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. Jakarta: Buku Seru.

Dye, Thomas R. (1978). Understanding Public Policy, Prentice Hall, N.J: Englewood Cliffs

Edward III, George C. (1980). Implementing Public Policy. Washington DC: Congressional Quarterly Press.




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v4i2.34735

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.