ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI ANEKA TERHADAP PELAYANAN PEMINJAMAN AULA SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib menerapkan nilai ANEKA demi terciptanya pelayanan prima dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Pelayanan Publik merupakan kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pelayanan peminjaman aula merupakan salah satu contoh pelayanan publik dalam dunia pendidikan. Untuk mengoptimalkan layanan peminjaman aula di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, penulis membuat inovasi berupa website untuk memudahkan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas sebelum website dijalankan. Hasil penelitian diperoleh nilai sebesar dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar yang berarti website layak digunakan. Berdasarkan hasil kuisioner, 72.7% pengguna merasa puas dengan adanya website layanan peminjaman aula.
Value of ANEKA is needed by every state civil apparatus in order to create an excellent service in carrying out its duties and functions. Public Service is an activity in the context of fulfilling service needs in accordance with statutory regulations. The hall loan service is one example of public services in the world of education. To optimize hall services at Sultan Maulana Hasanuddin State Islamic University Banten, we made an innovation in the form of a website to make it easier for users. This study uses quantitative methods to test the validity and reliability before the website is run. The results of the study obtained that the Vcount value was 0.899351 and the Cronbach's Alpha value was 0.824, which means the website is feasible to use. Based on the results of the questionnaire, 72.7% of users are satisfied with the Hall loan service website.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Sinambela, Lijan Poltak [et al]. 2014. Reformasi pelayanan publik : Teori, kebijakan, dan implementasi . Jakarta . Bumi Aksara.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Jurnal
Alexandri, M. B. Dan Basudani, W. A. (2020). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPENSASI, KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA PADA PRODUKTIVITAS KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. PANAIRSAN PRATAMA). Jurnal Responsive, 3(1), 43-67. https://dx.doi.org/10.24198/responsive.v3i1.28919
Gafar, F. A. (2018). ANALISIS IMPLEMENTASI WHOLE OF GOVERNMENT (WoG) PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JAWA TIMUR. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 151–158. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21706
Herawan, F. Candradewini, dan Dai, R. N. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PEMBUATAN KTP EL DI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Responsive, 4(1), 23-28. https://dx.doi.org/10.24198/responsive.v4i1.33278
Perundang-Undangan
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Akuntabilitas.Jakarta: LAN-RI.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Nasionalisme.Jakarta: LAN-RI.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Etika Publik.Jakarta: LAN-RI.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Komitmen Mutu.Jakarta: LAN-RI.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Anti Korupsi.Jakarta: LAN-RI.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Manajemen ASN.Jakarta: LAN-RI.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Pelayanan Publik. Jakarta: LAN-RI.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2021). Modul Pelatihan Dasar PNS: Whole of Goverment.Jakarta: LAN-RI.
Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v5i1.38843
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.