Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada UMKM di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Shopee)

Aspizain Caniago, Agung Edi Rustanto

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Online Shopee terhadap minat beli konsumen. Populasi dari penelitian ini jumlahnya tidak diketahui secara pasti karena ada beberapa UMKM yang kurang terjangkau oleh peneliti dan dalam menentukan sampel yaitu melalui rumus lemeshow, ditentukan bahwa jumlah sampel minimal sebanyak 96. Jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan pedekatan kuantitatif, dengan teknik pegumpulan data menggunakan kusioner. Dalam penelitian ini uji penelitian yang digunakan adalah validitas, reabilitas, analisis korelasi, analisis deskriptif, regresi linear sederhana, uji-t dan koefisien determinasi. Hasil koesioner telah di uji validitas dan reliabilitasnya juga telah di uji, berupa asumsi normalitas. Teknik analisis data menggunakan teknik uji normalitas,regresi sederhana. Dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang di ajukan di terima karena menujukkan hasil uji hipotesis positif dan signifikan. Ini berarti bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.

 

 

This study aims to determine the effect of Online Shopee service quality on consumer buying interest. The population of this study is not known with certainty because there are several MSMEs that are less affordable by researchers and in determining the sample, namely through the Lemeshow formula, it is determined that the minimum sample size is 96. This type of research used a quantitative approach, with data collection techniques using questionnaires. . In this study, the research tests used were validity, reliability, correlation analysis, descriptive analysis, simple linear regression, t-test and coefficient of determination. The results of the questionnaire have been tested for validity and reliability have also been tested, in the form of the assumption of normality. Data analysis technique using normality test technique, simple regression. By using the Statistical Product and Service Solution (SPSS) program. The results showed that the proposed hypothesis was accepted because it showed the positive and significant hypothesis test results. This means that service quality has a positive and significant effect on consumer buying interest.


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan, Minat Beli Konsumen, Shopee

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, T., dan F. Tantri. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja

Adi, Bangun Wibowo, 2015. Pengaruh Suasana Toko, Promosi, dan Lokasi Terhadap Minat Beli di Planet Distro Kota Banjarmasin. Yogyakarta: UNY

Ali Hasan (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesoan Indovisi Institute 1(3): 83-104

Anwar, Resa Nurlaela dan Wardani, Fiska Ananda. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadapminat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8(5) 1370-1379

Goetsch, D.L. & Davis, S. (2010). Quality Management For Organizational. Excellence: Introduction to Total Quality. NJ: Printice Hall International

Hasan, Ali. (2013). Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan, PT. Buku Seru, Jakarta

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Paul, Peter J dan Olson, Jerry, C. (2000), terj. Damos Sihombing. Consumer Behavior. PerilakuKonsumendanStrategiPemasaran, edisi 4, jilid 4. Jakarta: Erlangga.

Rustanto A. E. (2019). Kunci Sukses Pelayanan Bisnis., Cetakan ke-1. Yogyakarta: Bening Pustaka

Salsyabila, S. Ramadhanti dkk. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace shopee. Jurnal Manajemen 13(1): 37-46

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif., Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta

Surawiguna, Tri Juwari. (2010). e-commerce in information age. Jogjakarta: STMIK Amikom.

Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Wibisaputra, Aditzya. 2011. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang)”. Semarang: Universitas Diponegoro




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v5i1.39338

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.