EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DENGAN LOGIC MODEL DI DESA KADUDAMPIT, KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT
Abstrak
Dalam hal pengurangan angka kemiskinan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemerintah meluncurkan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2007. Pada pelaksanaannya, terdapat kendala yang terjadi seperti kegiatan pertemuan bulanan dan pemutakhiran data yang belum berjalan sesuai dengan buku pedoman PKH. Hal ini yang mendasari perlunya evaluasi program. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Keluarga Harapan di Desa Kadudampit dengan pendekatan evaluasi logic model meliputi indikator inputs, outputs, dan outcomes-impact. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian evaluatif melalui pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan sumber data meliputi wawancara serta observasi. Ditinjau dari indikator inputs dapat disimpulkan bahwa kurangnya koordinasi antara pendamping PKH dengan ketua kelompok PKH. Teknologi yang digunakan adalah SIKS-NG dan e-PKH. Adapun mitra PKH di Desa Kadudampit, meliputi bank penyalur BNI, e-warong, sekolah, dan posyandu. Ditinjau dari indikator outputs dapat disimpulkan bahwa pertemuan peningkatan kemampuan keluarga dan pertemuan kelompok belum berjalan kembali semenjak Covid-19. Adapun pada pemberian bantuan dana berupa dana telah tersalurkan dengan cukup baik walaupun seringkali tidak sesuai jadwal. Ditinjau dari indikator outcomes-impact disimpulkan bahwa bantuan PKH dapat mengurangi beban pengeluaran KPM. Namun, hal ini menyebabkan ketergantungan dimana banyak penerima yang belum melakukan graduasi mandiri dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
In reducing poverty and improving human quality, the Family Hope Program (PKH) was published in 2007. In implementation, there were obstacles such as monthly meeting and data updating that had not been carried out in accordance with PKH guidebook. This underlies the need for program evaluation. This study aims to evaluate PKH implementation in Kadudampit Village with a logic model evaluation including inputs, outputs, and outcomes-impact indicators. The research method used is evaluative research through a qualitative approach and descriptive method with data sources including interviews and observations. The result from inputs indicators shows that the is the lack of coordination between PKH facilitators and PKH group leaders. The technology used is SIKS-NG and e-PKH. The PKH partners in Kadudampit Village include BNI banks, e-warongs, schools, and posyandu. The outputs indicators shows that family capacity building and group meetings have not resumed since Covid-19. As for the provision of financial assistance was done in the form of funds, the funds have been distributed quite well, although often not according to schedule. In terms of outcomes-impact indicators, it can be concluded that PKH assistance can reduce the burden of KPM spending. However, this causes dependence where many recipients prefer used it for daily needs rather than for self-graduation.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ansori, S. (2018). Evaluasi Program Keluarga Harapan (Perbandingan di Desa Sumber Ketempa Kecamatan Kalisat dan Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun 2009). https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23959%0Ahttps://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/23959/0 %2879%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Asniar, D. A., & Sarwoprasodjo, S. (2019). Hubungan Fenomena Groupthink Dengan Gaya Kepemimpinan Ketua Rt Di Desa Cikarawang. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 28–37. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.17.1.28-37
Badan Pusat Statistik. (2022). Persentase Penduduk Miskin Maret 2022 turun menjadi 9,54 persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/07/15/1930/persentase-penduduk-miskin-maret-2022-turun-menjadi-9-54-persen.html#:~:text=Garis Kemiskinan pada Maret 2022,(25%2C92 persen)
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2019). THE IMPACT OF BULLYING ON THE CONFIDENCE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENT. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157.
Devanantyo, N. U. (2021). ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK, PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDIDIKAN, DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TIMUR (TAHUN 2015-2019). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2022). Dukcapil Kemendagri Rilis Data Penduduk Semester I Tahun 2022, Naik 0,54% Dalam Waktu 6 Bulan. Dukcapil Kemendagri. https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1396/dukcapil-kemendagri-rilis-data-penduduk-semester-i-tahun-2022-naik-054-dalam-waktu-6-bulan
Erfain, Harianto, E., Tito, H., Haerudin, Jawiah, S., Haeriyah, Lebang, N. S., Togala, R. (2021). Efektifitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kecamatan Batuatas Kabupaten Buton Selatan. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 1, 108–117.
Fitriani, N. M. N. (2012). Evaluasi Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang (Studi Kasus Tahap III Tahun 2010). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Fitrianingrum, D. dan T. S. (2014). Peran Pendamping Dan Ketua Kelompok Dalam Pemanfaatan Dana Pendidikan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Talok. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 03(02), 753–768.
Gobel, U. T., Katili, M. R., & Polin, M. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 2(1), 143–149. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/view/13423
Hendri. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Pada Bidang Pendidikan di Kelurahan Tegal Sari Mandala II Kecamatan Medan Denai. Jurnal Administrasi Publik.
Kantun, S. (n.d.). Penelitian Evaluatif Sebagai Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Kementerian Sosial. (2013). Buku Kerja Pendamping PKH. Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI.
Kementerian Sosial RI. (2013). Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH). 7–8.
Kementerian Sosial RI. (2019). Program Keluarga Harapan (PKH). Kementerian Sosial Republik Indonesia. https://kemensos.go.id/program-keluarga-harapan-pkh
Kementerian Sosial RI. (2020). Kemensos Fokuskan Empat Kebijakan PKH. Kementerian Sosial Republik Indonesia. https://kemensos.go.id/kemensos-fokuskan-empat-kebijakan-pkh
Kementerian Sosial RI. (2021). Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Tahun 2021.
La Ode Muhammad Elwan. (2018). Implementasi program keluarga harapan (pkh) di kecamatan binongko kabupaten wakatobi. Journal Publicuho, 1(2), 1–17.
Majid, A. (2015). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Remaja Rosdakarya.
Nasution, A. R. (2016). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 201–212. https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5167
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan, (2018).
Pramono, J. (2020). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. UNISRI Press.
Purwandia, I., & Mardliyah, S. (2022). Family Development Session Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Hidup Keluarga Penerima Manfaat Di Kelurahan Lidah Wetan. 11(1), 95–104.
Restianti, A. (2018). Evaluasi Pelayanan Kesehatan Dan Pendidikan Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(2), 423. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.012-10
Sesmiarni, Z. (2013). Model Evaluasi Program Pembelajaran. Aura Printing & Publishing.
Setyawardani, D. T. R., Paat, C. J., & Lesawengen, L. (2020). Dampak Bantuan PKH terhadap Masyarakat Miskin di Kelurahan Bumi Nyiur Kecamatan Wanea Kota Manado. Kebiijakan Publik, 13(2), 1–14.
Sukabumi, P. D. K. (2021). Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2020.
Taylor-Powell, E., Jones, L., & Henert, E. (2003). Enhancing Program Performance with Logic Models. University of Wisconsin-Extension.
Toriqul Arif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. Addabana : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–75. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/addabana/article/download/122/132
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, (2009).
Utama, R. (2021). Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi Verifikasi Ulang Warga Penerima Bantuan Sosial.
W.K. Kellogg Foundation. (2004). Logic Model Development Guide.
Wholey, J. S., Hatry, H. P., & Newcomer, K. E. (2010). Handbook Of Practical Program Evaluation Third Edition. In Jossey Bass.
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v6i1.42757
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.