KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN PUBLIK PASCA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SINGKAWANG

Dea Varanida

Abstrak


Wabah penyakit corona virus (Covid-19) ditetapkan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang telah meresahkan dan telah menyebar ke hampir seluruh negara termasuk Indonesia. Sektor pariwisaa menjadi salah satu bagian yang terkena dampak signifikan akan pandemi ini. Berbagai kebijakan serta himbauan telah diupayakan oleh pemerintah baik pusat hingga daerah. Maka dari itu peneliti mengkaji penerapan komunikasi pariwisata terhadap kebijakan pemerintah untuk pencegahan virus COVID-19 di Kota Singkawang. Konsep teori dalam penelitian ini adalah terkait implementasi kebijakan yang di dalamnya terdapat komunikasi sebagai kunci dari proses kebijakan tersebut. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dianggap dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai upaya akan sektor pariwisata di Kota Singkawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi pariwisata terkait pengambilan keputusan kebijakan pasca pandemi Covid-19 di Kota Singkawang menerapkan strategi komunikasi publiknya yaitu mengedepankan pilar-pilar komunikasi dalam pariwisata, Upaya ini dibangun kesamaan pemahaman tentang berbagai hal yang berkaitan dengan berbagai bidang termasuk kesehatan. Berbagai penanganan telah diupayakan dalam bentuk macam-macam saluran komunikasi dalam pelaksanaan kebijakan publik. Persiapan komunikasi publik diikuti dengan penyampaian yang baik, secara langsung maupun melalui media sosial. Implementasi kegiatan pariwisata membutuhkan peran komunikasi dalam memnetukan kebijakan publik yaitu transmisi, konsistensi serta kejelasan agar menghasilkan komunikasi yang efektif.


Kata Kunci


Implementasi Kebijakan Publik, Komunikasi Pariwisata, Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjaman, K. & Umam, K. (2012).Komunikasi dan Public Relations. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Payangan, Otto R. 2018. Pemasaran Jasa Pariwisata. Bogor: IPB Press.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Artikel

Fotiadis, A. etc. (2021). The good, the bad and the ugly on COVID-19 tourism recovery. Annals of Tourism Research. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.annals.2020.103117

Internet

https://www.risetberbagi.com/baca/detil/426882/pariwisata/pengaruh-covid-19-pada-kunjungan-wisatawan-mancanegara




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v5i4.44441

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.