PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TREN PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL DI MEDIA SOSIAL: ANALISIS RESPONS DI INDONESIA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat yang diwakili oleh pengguna Twitter terkait industri halal setelah pandemi COVID-19. Metoda yang digunakan adalah Analisis Jaringan Sosial (SNA) dengan menggunakan Drone Emprit. Data diambil dari arsip atau dokumen tertulis, gambar, atau rekaman video yang diproduksi, didistribusikan, dan diterima oleh pengguna media sosial Twitter pada periode Maret 2022 hingga Agustus 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi yang berkembang di masyarakat memiliki sentimen positif terkait industri halal setelah pandemi. Narasi tersebut mencakup kebangkitan industri halal dan ajakan untuk menggunakan produk halal yang memiliki sertifikat halal dari MUI yang berasal dari akun-akun pemerintah dan influencer. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa akun yang mengekspresikan keprihatinan mereka terhadap perkembangan industri halal yang kurang pesat di Indonesia, meskipun mayoritas penduduknya adalah Muslim.
This study aims to look at public sentiment represented by Twitter users related to the halal industry after the Covid 19 pandemic. halal industry after the covid 19 pandemic. Data was collected using Drone Emprit Academic, which is in the form of archives or written documents, images, or video recordings produced, distributed, and responded to by Twitter social media users from March 2022 to August 2022. The results showed that the narratives that developed in the community had positive sentiments. The developing narrative related to the topic of the halal industry in the post-pandemic period is the stretching of the halal industry as well as appeals and invitations to use halal products that have certificates from MUI from government accounts and other influencers. In addition, there are still accounts that are concerned about the slow development of the halal industry in Indonesia, where the majority of the population is Muslim.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Fauziyyah, A. K. (2020). Analisis Sentimen Pandemi Covid19 Pada Streaming Twitter Dengan Text Mining Python. Jurnal Ilmiah SINUS, 18(2), 31. https://doi.org/10.30646/sinus.v18i2.491
Habibi, R., Setyohadi, D. B., & Wati, E. (2016). Analisis Sentimen Pada Twitter Mahasiswa Menggunakan Metode Backpropagation. Jurnal Informatika, 12(1). https://doi.org/10.21460/inf.2016.121.462
Hakim, B. A. H., Mujahidah, A. S., & Rusydiana, A. S. (2022). Sentiment Analysis On Halal Certification. Harmoni, 21(1), 78–93. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i1.609
Hasibuan, F., Priatna, W., & Lestari, T. S. (2022). Analisis Sentimen Terhadap Kementrian Perdagangan Pada Sosial Media Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes. Techno.com, 21(4), 741–752. https://doi.org/10.33633/tc.v21i4.6565
Herindar, E. (2022). Maqoshid Sharia And The Importance Of Consuming Halal Food Products For Z Muslim Generation. Halal Research Journal, 2(2), 77–95. https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i2.236
Juanita, S. (2020). Analisis Sentimen Persepsi Masyarakat Terhadap Pemilu 2019 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naive Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(3), 552. https://doi.org/10.30865/mib.v4i3.2140
Lahuri, S. B., & Pranoto, M. R. (2022). Halal Cosmetics Products Used in Islamic Boarding School Analysis of the Halal Product Standard of Fatwa (MUI). AL-FALAH: Journal of Islamic Economics, 7(1), 1. https://doi.org/10.29240/alfalah.v7i1.3631
Rahmanti, A. R., Ningrum, D. N. A., Lazuardi, L., Yang, H.-C., & Li, Y.-C. (2021). Social Media Data Analytics for Outbreak Risk Communication: Public Attention on the “New Normal” During the COVID-19 Pandemic in Indonesia. Computer Methods and Programs in Biomedicine, 205, 106083. https://doi.org/10.1016/j.cmpb.2021.106083
Ratnawati, F. (2018). Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 3(1), 50. https://doi.org/10.35314/isi.v3i1.335
Setyobudi, W., Alwi, A., & Astuti, I. P. (2018). Sentimen Analisis Twitter Terhadap Penyelenggaraan Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia. Komputek, 2(1), 56. https://doi.org/10.24269/jkt.v2i1.68
Suharsa, H., Jam’an Soleh, D., & Miftahuddin, A. (2022). Persepsi Publik tentang Pembelajaran Daring dari Jejak Digital Twitter: Analisis Sentiment Positif, Netral, dan Negatif dari Drone Emprit. JURNAL APARATUR, 6(1), 33–43. https://doi.org/10.52596/ja.v6i1.152
Taufan, R. (2021). Sentimen Analisis Twitter Terhadap Isolasi Diri Masyarakat Indonesia Akibat Dampak Covid-19. MATICS, 12(2), 99–103. https://doi.org/10.18860/mat.v12i2.9329
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v5i4.44555
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.