PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGELOLA TERHADAP KEPUASAN PENGHUNI RUSUNAWA DI RUSUNAWA CIGUGUR KOTA CIMAHI

Yudi Darsono, Betty Wargadinata, Yuyun Mulyati

Abstrak


Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Cigugur Kota Cimahi merupakan Rumah Susun  diperuntukkan bagi warga yang berpenghasilan rendah. Rusunawa  dikelola oleh Unit Pelaksanaan Teknik Dinas (UPTD) berada di bawah  Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR). Salah satu tugas utama dari Unit Pelaksana Teknik Dinas  adalah   memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang akan maupun yang sudah menempati   rumah susun sederhana sewa ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan pengelola terhadap Kepuasan Penghuni Rusunawa Cigugur Kota Cimahi. Fokus penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana kualitas pelayanan yang dikelola oleh Unit Pelaksanaan Teknik Dinas terhadap kepuasan penghuni Rusunawa. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik survey dengan pendekatan kuantitatif  menggunakan Simple Random Sampling,  kuesioner, observasi, dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Analisis data  menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan  bahwa adanya pengaruh  yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penyewa yaitu sebesar 53,7%,  sedangkan sisanya sebesar 46,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan masih perlu ditingkatkan, yaitu dengan  membenahi sarana dan prasarana, ketanggapan petugas serta  keamanan pada lingkungan Rusunawa.

Cigugur City of Cimahi's Simple Rental Flats (Rusunawa) is a condominium intended for low-income residents. Rusunawa is managed by the Technical Implementation Unit of the Public Works and People's Housing Department (UPTD DPUPR). One of the main tasks of the Technical Implementation Unit is to provide the best service to both prospective and current occupants of these simple rental flats. The aim of this research is to determine the extent of the influence of the management's service quality on the satisfaction of the residents of Rusunawa Cigugur Cimahi. The focus of this research is to understand the quality of service provided by the Technical Implementation Unit and its impact on the satisfaction of Rusunawa's occupants. The research method employed is a survey technique with a quantitative approach, using Simple Random Sampling, questionnaires, and observations with a total of 40 respondents. Data analysis is conducted using Simple Linear Regression. The results of this research indicate a significant influence of Service Quality on Tenant Satisfaction, amount  for 53.7%, while the remaining 46.3% is influenced by other factors. This suggests that service quality still needs improvement, particularly in terms of improving facilities, the responsiveness of staff, and security within the Rusunawa environment..

 


Kata Kunci


Rusunawa, Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buku – buku

Agustino, L. (2017). Dasar Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Berkoz, L. T. (2009). Environmental Quality and User Satisfaction in Mass Housing Areas: The case Istanbul. In European Planning Studies. @EBSCO.

David Jiboye, A. (2012). Frontier of Architectural Research. In Post - Occupacy Evaluation of Residential Satisfaction in Lagos, Nigeria: Feedback for Residential Improvement.

Maksudi, B. I. (2017). Dasar Dasar Administrasi Publik Dari Klasik ke Kontemporer. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Varady, D. P. (2000). Toward a Better Way to Measure Customer Satisfaction Levels in Public Housing. Housing Studies: @EBSCO.

Journal

A Parasuraman, V. A. (1985). Journal of Marketing. A Conceptual Model Of Service Quality and

Its Implication for Future.

Campbell, C. a. (1976). HABITAT Journal International. Assesment and Determinants of Residential Satisfaction With Public Housing in Hangzhou, China.

Gubbay, J. (1999). International Journal of Social Research Methodology. Research to Order: Dilemmas in the Design and Control of Tenant Satisfaction Survey .

Indrasari, M. N. (2015). The Influence of Academic Climate and Individual Creativity on Lecture Competence in Private University at Surabaya Indonesia. INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS AND MANAGEMENT.

Kellecki, O. L. (2006). European Journal of Housing Policy. Mass Housing: User Satisfaction in Housing and Its Environment in Istanbul.

Onibokun, A. G. (1974). Journal of Anercan Institute Planners. Evaluating Consumer's Satisfaction With Housing: An Application Of System Approach.

Website/internet

basri, s. (2012, 04 14). Diambil kembali dari Metode Analisis Kualitas Pelayanan Parasuraman Zeithaml Berry: https://www.setabasri.com/2011/04/service-quality-akronimnya-servqual.html

Hayati, R. (2019, 05 31). Pengertian Variabel Terikat, ciri, cara membuat, dan contohnya. Diambil kembali dari https://penelitianilmiah.com/variabel-terikat/#:~:text=Variabel%20terikat%20atau%20dependen%20adalah,variabel%20dependen%20tanpa%20variabel%20independen

Umum, D. P. (2006, 03). Bulletin Cipta Karya. Diambil kembali dari http://ciptakarya.pu.go.id/dok/bulletin/bulletinCK_mar06.pdf

Peraturan perundang – undangan

Undang – undang No. 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun

Perda Kota Cimahi No. 12 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Rumah Susun

Peraturan Wali Kota Cimahi No. 47 Tahun 2019 Tentang Perubahan Tarif Retribusi Rumah Susun Sederhana Sewa.




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v5i4.48071

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.