HUBUNGAN KAPITAL SOSIAL DENGAN PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH AL- IHSAN

Farah Putri Firsanty, Dyana Chusnullita Jatnika, Queena Azra Fitriana

Abstrak


Bank merupakan mitra yang memiliki peran vital dan penggerak dalam pembangunan sistem perekonomian dan keuangan di Indonesia. Penelitian ini melihat bagaimana hubungan kapital sosial dengan pencapaian tujuan perusahaan menggunakan teori kapital sosial dari James Coleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatori. Dalam mencapai tujuan perusahaan, diperlukan kapital sosial yang terdiri dari tiga hal yaitu kepercayaan, norma, dan jaringan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran kapital sosial dalam pencapaian tujuan perusahaan cukup krusial dan memiliki hubungan yang erat. Kapital sosial merupakan sebuah aset dalam kehidupan bermasyarakat agar sebuah aturan maupun tujuan dari sebuah usaha dapat terjalin dengan baik. Hasil penelitian menjelaskan terdapat hubungan yang erat antara kapital sosial dengan pencapaian tujuan perusahaan PT. Bank Predikat Rakyat Syariah Al-Ihsan. Berdasarkan hasil P-value, total X1 (Kepercayaan) dengan total Y (Tujuan Perusahaan) linear hubungannya dengan p- value 0.478 > 0.05. hasil P-value antara total X2 (Norma) dengan total Y (Tujuan Perusahaan) linear hubungannya dengan p- value 0.451 > 0.05. Hasil P-value antara total X3 (Jaringan Sosial) dengan total Y (Tujuan Perusahaan) dianggap linear hubungannya dengan p-value 0.569 > 0.05. Kapital sosial sebagaimana aspek yang menganut tiga nilai utamanya yaitu kepercayaan, norma, dan jaringan sosial, memiliki hubungan terhadap pencapaian tujuan perusahaan di PT. BPRS Al-Ihsan.

 

Banks are partners that have a vital role and driving force in the development of the economic and financial system in Indonesia. This study examines the relationship between social capital and the achievement of corporate goals using James Coleman's social capital theory. This study uses an explanatory quantitative research method. In achieving corporate goals, social capital is needed which consists of three things, namely trust, norms, and networks. The results of the study show that the role of social capital in achieving corporate goals is quite crucial and has a close relationship. Social capital is an asset in community life so that a rule or goal of a business can be established properly. The results of the study explain that there is a close relationship between social capital and the achievement of corporate goals of PT. Bank Predikat Rakyat Syariah Al-Ihsan. Based on the results of the P-value, the total X1 (Trust) with the total Y (Company Goals) is linearly related with a p-value of 0.478> 0.05. The results of the P-value between the total X2 (Norms) with the total Y (Company Goals) are linearly related with a p-value of 0.451> 0.05. The P-value result between the total X3 (Social Network) and the total Y (Company Objectives) is considered linearly related with a p-value of 0.569 > 0.05. Social capital as an aspect that adheres to its three main values, namely trust, norms, and social networks, has a relationship to the achievement of company objectives at PT. BPRS Al-Ihsan.


Kata Kunci


Kapital Sosial, Perbankan Syariah, Tujuan Perusahaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfatih, A. (2023). Buku panduan praktis: Penelitian deskriptif kuantitatif.

Andrighetto, G., & Vriens, E. (2022). A research agenda for the study of social norm change. Philosophical Transactions of the Royal Society A, 380(2227), 20200411.

-Blay, A. D., Gooden, E. S., Mellon, M. J., & Stevens, D. E. (2018). The usefulness of social norm theory in empirical business ethics research: A review and suggestions for future research. Journal of Business Ethics, 152, 191-206.

BPR Syariah Al Ihsan. (n.d.). Retrieved May 28, 2024, from https://bprsalihsan.com

Fajar M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta. Gtaha Ilmu

Field, J. (2010). Modal Sosial (Social Capital). Bantul: Kreasi Wacana.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis dengan program SPSS. Universitas Diponegoro.

Hechter, M., & Opp, K.-D. (Eds.). (2001). Social Norms. Russell Sage Foundation. http://www.jstor.org/stable/10.7758/978161044 2800

Hutasoit, A. H., Ginting, S. O., & Eric, E. (2020). Kualitas layanan, promosi, citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah PT Bank BTPN Tbk Cabang Medan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(4), 474-481.

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.152

Lita, R. (2009). Kepercayaan pada Komitmen Loyalitas Pelanggan. Trikonomika, 8(71–77).

Mona, N. (2020). Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meminimalisasi efek contagious (kasus penyebaran virus corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2),

Nayebyazdia, Arash. 2019. Social capital and banking system profitability: A surveyor european union countries. European Journal of Government and Economics

Nhung, Vu Cam, Phuong, Lai Cao Mai. 2020. External social capital banking and activities of commercial bank. Journal of Accounting

Phuong, Lai Cao, Mai, Nhung, Vu Cam. 2020. External social capital banking and activities of commercial bank. Journal of Accounting

Poespoprodjo, W. (1988). Filsafat moral: kesusilaan dalam teori dan praktek. Remadja Karya.

Priyatno, D. (2014). Analisis korelasi, regresi dan multivariete dengan SPSS. Andi Publisher.

Republik Indonesia. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992 Nomor 31. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/46599/uu-no-7-tahun-1992

Setini et. Al. 2021. The effects of knowledge sharing, social capital and innovation on marketing performance. International Journal of Data and Network Science

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wong, D. (2017). Pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust, serta implikasinya terhadap partisipasi pelanggan e- commerce: studi kasus pada pelanggan e- commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155-168.

Yacob, A. (2018). Kepercayaan Dalam Perspektif Komunikasi Umum Dan Perspektif Komunikasi Islam. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 9, 43-51.

Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2)




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v7i4.60665

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.