KAPASITAS DINAS SOSIAL KOTA CIREBON DALAM PELAYANAN LANSIA TELANTAR DI LUAR PANTI SOSIAL

Faridah Aprianti, Asep Sumaryana

Abstrak


Dinas Sosial Kota Cirebon memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan pelayanan kepada lansia telantar di luar panti sosial. Namun, pelayanan bagi lansia telantar belum mampu diberikan secara merata dan berkelanjutan. Dalam menyelenggarakan pelayanan bagi lansia telantar di luar panti sosial, dibutuhkan kapasitas organisasi yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kapasitas Dinas Sosial Kota Cirebon dalam pelayanan lansia telantar di luar panti sosial. Penelitian ini menggunakan teori kapasitas organisasi yang dikemukakan oleh Hall et al., (2003). Metode penelitian yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas Dinas Sosial Kota Cirebon dalam pelayanan lanjut usia telantar masih terbatas dan belum memadai. Hal ini dikarenakan jumlah sumber daya manusia masih terbatas dan belum terampil dalam penggunaan teknologi informasi, sumber keuangan hanya berasal dari APBD sehingga anggaran masih terbatas, infrastruktur dan proses yang belum memadai, serta kapasitas perencanaan dan pengembangan yang masih perlu untuk ditingkatkan. Sedangkan kapasitas hubungan dan jaringan sudah cukup memadai dan mampu meminimalisir dampak keterbatasan dari komponen kapasitas lainnya. Dapat disimpulkan bahwa belum memadainya kapasitas organisasi dalam pelaksanaan pelayanan lanjut usia telantar dikarenakan keterbatasan pada beberapa komponen, terutama kompetensi sumber daya manusia dan ketersediaan keuangan yang memberikan pengaruh terhadap komponen kapasitas lainnya. Saran dalam penelitian ini adalah Dinas Sosial Kota Cirebon perlu menyediakan program pendidikan dan pelatihan, membangun relasi kerja sama yang lebih luas, menyediakan fasilitas pelayanan yang lebih memadai, serta proses rekrutmen relawan sosial agar lebih memperhatikan keseimbangan usia muda dan dewasa.

 

The Cirebon City Social Service has the task and function to provide services to neglected elderly outside of social institutions. However, services for neglected elderly have not been able to be provided evenly and sustainably. In providing services for neglected elderly outside of social institutions, adequate organizational capacity is needed. The purpose of this study is to explain the capacity of the Cirebon City Social Service in providing services to neglected elderly outside of social institutions. This study uses the theory of organizational capacity proposed by Hall et al., (2003). The research method is qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation studies. The results of the study indicate that the capacity of the Cirebon City Social Service in providing services to neglected elderly is still limited and inadequate. This is because the number of human resources is still limited and not yet skilled in the use of information technology, financial sources only come from the APBD so that the budget is still limited, infrastructure and processes are inadequate, and planning and development capacity still needs to be improved. Meanwhile, the capacity of relationships and networks is sufficient and is able to minimize the impact of limitations from other capacity components. It can be concluded that the inadequate capacity of the organization in implementing services for the neglected elderly is due to limitations in several components, especially human resource competency and financial availability that affect other capacity components. The suggestion in this study is that the Cirebon City Social Service needs to provide education and training programs, build broader cooperation relations, provide more adequate service facilities, and the recruitment process for social volunteers to pay more attention to the balance between young and adult ages.


Kata Kunci


Kapasitas Organisasi; Dinas Sosial; Pelayanan Sosial; Lanjut Usia Telantar;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2023. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/29/5d308763ac29278dd5860fad/statistik-penduduk-lanjut-usia-2023.html

Bryan, T. K. (2011). Exploring the Dimensions of Organizational Capacity for Local Social Service Delivery Organizations Using a Multi-Method Approach.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon. (2024). Jumlah Penduduk di Kota Cirebon . https://opendata.cirebonkota.go.id/dataset/jumlah-penduduk-di-kota-cirebon

Dinas Sosial Kota Cirebon. (2024, March 26). Jumlah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Berdasarkan Penduduk. https://doi.org/https://opendata.cirebonkota.go.id/dataset/jumlah-pemerlu-pelayanan-kesejahteraan-sosial-ppks-berdasarkan-penduduk

Erviana, P. D. (2020). Tahap Negosiasi dan Memorandum of Understanding (MOU) dalam Penyusunan Kontrak. Acta Comitas, 5(1), 123. https://doi.org/10.24843/ac.2020.v05.i01.p11

Hall, M. H., Brock, K., & Embuldeniya, D. (2003). The Capacity to Serve: A Qualitative Study of the Challenges Facing Canada’s Nonprofit and Voluntary Organizations. Canadian Centre for Philanthropy. https://www.researchgate.net/publication/237235529

Kementerian Sosial Republik Indonesia. (2021). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial 2020-2024 (Revisi 2021).

Lusthaus, C., Adrien, M. H., Anderson, G., Carden, F., & Montalvan, G. P. (2002). Organizational Assessment : A Framework for Improving Performance. International Development Research Centre.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendataan Dan Pengelolaan Data Penyandang Masalah Kesejahteran Sosial Dan Potensi Dan Sumber Kesejahteraan Sosial, Pub. L. No. 8. Retrieved January 14, 2025, from https://peraturan.bpk.go.id/Details/130231/permensos-no-8-tahun-2012

Peraturan Menteri Sosial Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Sosial Di Daerah Provinsi Dan Di Daerah Kabupaten/Kota, Pub. L. No. 9. Retrieved January 14, 2025, from https://peraturan.bpk.go.id/Details/129957/permensos-no-9-tahun-2018

Peraturan Walikota (Perwali) Kota Cirebon Nomor 89 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Cirebon Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Sosial Kota Cirebon, Pub. L. No. 89. Retrieved January 14, 2025, from https://peraturan.bpk.go.id/Details/221004/perwali-kota-cirebon-no-89-tahun-2021

Rizaty, M. A. (2024, January 2). Data Persentase Penduduk Lanjut Usia di Indonesia pada 2023. https://doi.org/https://dataindonesia.id/varia/detail/data-persentase-penduduk-lanjut-usia-di-indonesia-pada-2023

Siswanto, Yuliani, F., & Meilani, N. L. (2024). Implementasi Program Bantuan Sosial Asistensi Rehabilitasi Sosial Penyandang Lanjut Usia Terlantar di Kuantan Singingi. Jurnal Of Social Science Research, 4, 5326–5334.

Sulastri, S., & Humaedi, S. (2017). Pelayanan Lanjut Usia Terlantar Dalam Panti. Riset & PKM, 4, 1–140.

Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, Pub. L. No. 11. Retrieved January 14, 2025, from https://peraturan.bpk.go.id/Details/38601/uu-no-11-tahun-2009

Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, Pub. L. No. 13. Retrieved January 14, 2025, from https://peraturan.bpk.go.id/Details/45509/uu-no-13-tahun-1998




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v8i1.61427

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.