PENGEMBANGAN CONTENT MARKETING PADA INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT (SOSIAL MEDIA INSTAGRAM BRAND FASHION NAMATERRA)

Adisty Putri Syahwanda, Ria Arifianti, Cecep Safa’atul Barkah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi content marketing guna meningkatkan brand engagement pada Instagram Namaterra. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Proyek ini dilakukan selama tiga bulan dengan mengacu pada teori Kotler yang mencakup delapan tahap utama. Tahap awal adalah goal setting, yaitu menetapkan tujuan untuk meningkatkan engagement melalui strategi yang efektif. Selanjutnya, dilakukan audience mapping untuk memahami profil target konsumen dengan menyusun buyer persona. Pada tahap content ideation & planning, konten dikembangkan dalam tiga pilar utama: edukasional (informasi terkait fashion dan gaya hidup), emosional (membangun keterikatan dengan audience melalui giveaway), dan fungsional (informasi produk). Proses dilanjutkan dengan content creation, di mana konten dirancang secara visual dan naratif sesuai dengan pedoman brand. Konten kemudian didistribusikan melalui Instagram dengan frekuensi unggahan tiga kali seminggu. Dalam rangka memperluas jangkauan, dilakukan content amplification melalui giveaway dan kolaborasi dengan influencer. Evaluasi dilakukan dengan mengukur KPI seperti jumlah likes, comments, dan shares. Hasilnya menunjukkan bahwa giveaway meningkatkan engagement secara signifikan. Kesimpulannya, pengembangan content marketing yang terstruktur berperan penting dalam meningkatkan brand engagement di Instagram.

 

This research aims to develop a content marketing strategy to increase brand engagement on Instagram Namaterra. The method used is qualitative with data collection through interviews, literature study and documentation. This project was carried out over three months referring to Kotler's theory which includes eight main stages. The initial stage is goal setting, namely setting goals to increase engagement through effective strategies. Next, audience mapping is carried out to understand the target consumer profile by compiling a buyer persona. At the content ideation & planning stage, content is developed in three main pillars: educational (information related to fashion and lifestyle), emotional (building engagement with the audience through giveaways), and functional (product information). The process continues with content creation, where content is designed visually and narratively in accordance with brand guidelines. The content is then distributed via Instagram with an upload frequency of three times a week. To expand reach, content amplification is carried out through giveaways and collaboration with influencers. Evaluation is carried out by measuring KPIs such as the number of likes, comments and shares. The results show that giveaways increase engagement significantly. In conclusion, developing structured content marketing plays an important role in increasing brand engagement on Instagram. 


Kata Kunci


Content Marketing; Brand Engagement; Instagram

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusalim, N. P. (2021). Fashion Business Sustainability for Fashion Designers in the Indonesian Fashion Industry. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(2), 144-152.

Albrightron, Tom. (2013). The ABC of Copywriting. Norwich: ABC Business Communications Ltd

Ariyadi, Widya. (2017). 101 Amazing Copywriting Ideas. Yogyakarta: Quadrant.

Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1), 38-46.

Andi.link (2023, April 18) Hootsuite (We are Social): Indonesia Digital Report 2023. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Antara (2021, Desember 6) Survei Ipsos Produk Lokal dominasi pilihan Konsumen Indonesia. Diakses pada 31 Juli 2024 dari https://www.antaranews.com/berita/2568069/survei-ipsos-produk-lokal-dominasi-pilihan-konsumen-indonesia

Antara (2024, Maret 28) Instagram Paling Populer di Kalangan Gen Z Menurut Invinyx dan Jakpat. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://www.antaranews.com/berita/4032291/Instagram-paling-populer-di-kalangan-gen-z-menurut-invinyx-dan-jakpat

Brodie, R. J., Hollebeek, L. D., Jurić, B., & Ilić, A. (2011). Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Journal of service research, 14(3), 252-271.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. Routledge.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital marketing. Pearson uk.

CNBC Indonesia TV (2019, 14 juli) Gairah Industri Fashion Indonesia. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190712155341-384555/gairah-industri-fashion-indonesia

Dartiningsih, B. E. (2016). Gambaran Umum Lokasi, Subjek, Dan Objek Penelitian. Buku Pendamping Bimbingan Skripsi, 129.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media.

Fimela (2018, 29 Maret) Berkembang Industri Fashion Indonesia Menyumbang Konttribusi PDM Nasional. Diakses pada 15 Mei 2024 darihttps://www.fimela.com/fashion/read/3779465/berkembang-industri fashion-indonesia-menyumbang-kontribusi-pdb-nasional

Genelius, S. (30). Minute Social Media Marketing. United States: Mc Graw Hill

Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup

Hollebeek, L. D. (2011). Demystifying customer brand engagement: Exploring the loyalty nexus. Journal of marketing management, 27(7-8), 785-807.

Hollebeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). Consumer brand engagement in social media: Conceptualization, scale development and validation. Journal of interactive marketing, 28(2), 149-165.

Hussein, A. S. (2016). The effect of trust and brand engagement on mobile telecommunication customer loyalty: the mediating effect of brand engagement. In Conference Paper. doi (Vol. 10).

Ivanka, C. N., Ardhanari, M., & Kristyanto, V. S. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Equity, Brand Engagement, Dan Customer Bonding Sebagai Mediator Pada Sosial mediaInstagram Somethinc. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 12(1), 68 87.

Jason McDonald. (2022). Social Media Marketing Workbook. JM Internet Group.

Kemenpren (2019, 6 November) Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi. Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://kemenperin.go.id/artikel/21191/Industri-Tekstil-dan-Pakaian-Tumbuh-Paling-Tinggi

Komalasari, D., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 1-83.

Kotler, Philip, Armstrong, Gary, Opresnik, Marc Oliver. (2018). Principles of marketing 17th ed. (17th ed., Global Ed.). Harlow: Pearson.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 - Moving from Traditional to Digital. y John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27-34.

Musnaini, S.E., M. M., Dr. Suherman, S.Kom., M. M., Hadion Wijoyo, S.E., S.H., S.Sos., S.Pd., M.H., M.M., Ak., C., QWP, & Dr (C). Irjus Indrawan, S.Pd.I., M. P. . (2020). digital marketing. Penerbit Pena Persada Redaksi

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13.

Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif.Harfa Creative

Ningsih, R. N., Wahyuni, S., Zulianto, M., & Prasetyo, H. (2023). Implementation of the content marketing strategy by SMJ by Mbok Judes Banyuwangi to increase customer engagement. Soedirman Economics Education Journal, 5(1), 66-74.

Neti, S. (2011). Socıal Medıa And Its Role In Marketıng. International Journal of Enterprise Computing and B International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, 1(2).

Oktavian, R. B., & Majid, N. (2022). Implementasi Digital Content Marketing dalam Membangun Brand Awareness Gardiano pada UD Al Athyyah. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 166-174.

Parmenter, D. (2015). Key performance indicators: developing, implementing, and using winning KPIs. John Wiley & Son

Pratamanti, E. D., Daryono, D., & Ulami, M. D. (2021). Implikatur pada Meme Islam di Instagram Sebagai Wujud Digitalisasi Media Dakwah: Kajian Pragmatik. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 22-37.

Rohadian, S., & Amir, M. T. (2019). Upaya membangun customer engagement melalui media sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry(JEMI), 2(4), 179-186.

Setiawan, Rukmana&Ariasih. Buku Ajar Digital Marketing. (2023). (n.p.): PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Setiawan, M. R., & Rachamawti, I. (2019). Strategi Digital Content Marketing Eiger Melalui Media Sosial Instagram. Prosiding Manajemen Komunikasi, 625-632.

Shinta, A., & Putri, K. Y. S. (2021). Efektivitas Sosial mediaInstagram Terhadap Personal Branding Bintang Emon Pada Pengguna Instagram. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 98-122.

Sya'idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement pada TESTOEFL. ID. Jurnal Ecoment Global, 7(2).

Syahputra, D. M., & Widhiandono, D. (2023). Content Marketing Sebagai Strategi Meraih Engagement Tinggi Melalui Media Sosial:(Studi kasus pada Instagram@ harian. disway Surabaya). RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 3(04), 7-15.

Syty, S. Q. (2023). A Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Pembuatan Content Marketing Di SMK YPUI Parung. Abdi Jurnal Publikasi, 1(6), 594-599.

Warnaen, A., Solichah, J. M., & Prasetyo, H. (2023). Content Marketing Instagram untuk Membangun Brand awareness Produk Susu. Agritech: Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 25(1), 17-27.




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v8i2.61937

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.