EFEKTIVITAS APLIKASI E-OFFICE DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SUMEDANG
Abstrak
Administrasi kepegawaian yang efektif membutuhkan proses berkelanjutan dan penuh kesungguhan. Salah satu inovasi dalam E-Government dari pemerintah Sumedang yaitu menciptakan aplikasi E-Office Sumedang dalam meningkatkan efektifvitas dalam pelayanan administrasi kepegawaiannya, meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan ASN, mendukung pencapaian tujuan organisasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang stabil dan motivatif, yang konsisten mendukung visi dan misi organisasi. Namun, dalam pelaksanaannya belum optimal karena tidak adanya panduan aplikasi, sering mengalami bud dan error, dan fitur yang belum dimanfaatkan secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran DPMPTSP Kabupaten Sumedang dalam melakukan pelayanan administrasi kepegawaian ditinjau dari elemen Support masih memiliki kekurangan yang berkaitan dengan sosialisasi, pada elemen Capacity belum cukup optimal, karena bug dan error seringkali terjadi saat presensi jam masuk, pada elemen Value E-Office Sumedang dinilai menjadi suatu implementasi yang baik karena mampu mempercepat proses pelayanan administrasi dan pelaporan kinerja. Dengan kondisi tersebut, penulis menyimpulkan bahwa efektivitas E-Government dalam pelayanan administrasi kepegawaian melalui aplikasi E-Office Sumedang di DPMPTSP Kabupaten Sumedang belum mencapai pada tahapan perwujudan penerapan dan pengembangan E-Government yang sukses dan optimal. Penulis menyarankan agar DPMPTSP mengadakan pelatihan rutin dan workshop bagi seluruh ASN, meningkatkan kapasitas server maupun hosting, penerapan Server Redundancy, Failover mechanisms, pembentukan tim yang khusus menanggapi keluhan E-Office Sumedang.
Effective personnel administration requires a continuous and serious process. One of the innovations in E-Government from the Sumedang government is creating the Sumedang E-Office application to improve the effectiveness of its personnel administration services, increase the productivity and welfare of ASN, support the achievement of organizational goals, and create a stable and motivating work environment, which consistently supports the vision and mission of the organization. However, in its implementation, it has not been optimal because there is no application guide, it often experiences bugs and errors, and features that have not been optimally utilized. The research method used is a qualitative approach with a descriptive method. Interviews, observations, and documentation were carried out data collection. The results of the study indicate that the role of the Sumedang Regency DPMPTSP in carrying out personnel administration services in terms of the Support element still has shortcomings related to socialization, the Capacity element is not optimal enough, because bugs and errors often occur when clocking in, in the Value element Sumedang E-Office is considered to be a good implementation because it can accelerate the process of administrative services and performance reporting. With these conditions, the author concludes that the effectiveness of E-Government in personnel administration services through the E-Office Sumedang application at the DPMPTSP of Sumedang Regency has not reached the stage of realizing the implementation and development of successful and optimal E-Government. The author suggests that DPMPTSP hold routine training and workshops for all ASNs, increase server and hosting capacity, implement Server Redundancy and failover mechanisms, and form a team specifically to respond to complaints from E-Office Sumedang.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Indrajit, R. E. (2016). Electronic Government. Preinexus.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Jurnal
Alkadafi, M., Rahmadani, R., & Andry, H. (2018). Analisis Reformasi Kepegawaian (Studi Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Jpt) Berbasis Merit Sistem Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir). PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(1), 98-110. Retrieved at https://journal.uir.ac.id/index.php/JIAP/article/download/3586/1881/9221
Anisah, N. N., Halimah, M., & Bonti, B. (2023). Efektivitas E-Government Pada Aplikasi Elektronik Remunerasi Kinerja (E-RK) di Pemerintahan Kota Bandung. Jane-Jurnal Administrasi Negara, 14(2), 716-720.
Izzati, N., N. & Marsofiyati. (2019). Penerapan E-Office Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis Perusahaan. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2). 160 - 164. DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.1436
Khobiburrohma, E., N., Margareta, P. S., & Hasbullah, M.S.H. (2020). Penerapan Sistem Merit Dalam Birokrasi Indonesia Untuk Mewujudkan Good Governance. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(2), 139 – 148. Retrieved at https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi/article/download/900/625
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101-112. Retrieved at https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/download/2898/1285/11413
Nurhidayat, I. (2023). Prinsip-Prinsip Good Governance Di Indonesia. Journal E-Gov Wiyata: Education and Government 1 (1), 40-52. Retrieved at https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov
Sabani, A., Aulia, N., Mazaya, N. P., & Niken, S. M. (2024). Pentingnya Implementasi Sistem Meritokrasi Dalam Instansi Pemerintahan Indonesia. Aktivisme : Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia, 1(3), 144-152. DOI: https://doi.org/10.62383/aktivisme.v1i3.333
Septiani, I., & Isnawaty, N. W. (2025). Efektivitas Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Di Sekretariat Dprd Provinsi Jawa Barat. Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 7(4), 193-208. DOI. https://doi.org/10.24198/responsive.v7i4.60881
Skripsi
Aulia, A. (2023). Efektivitas E-Government Pada Aplikasi E-Office Desa Di Desa Mekargalih, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada Tahun 2022. Universitas Padjadjaran.
Peraturan
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E- Government
Peraturan Bupati Sumedang Nomor 50 Tahun 2021 tentang Manajemen Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Audit Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah
Peraturan Presiden Negara Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara
Website
Nurdian, A. (2018). Profil DPMPTSP Sumedang. Available at: https://ptsp.sumedangkab.go.id/ptsp/prof il (Accessed: 01 June 2024).
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v8i2.62681
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.