Edukasi Pemasaran Daring untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Guesin Pacs Desa Cibodas Jawa Barat

Hery Wibowo, Ziani Marni, Rahmadianty Anastya Suryaningrum, Shafira Salsabila Agustami, Gusti Ayu Dewi Pamungkas, Nurhikmah Komala Sa'bani

Abstrak


Sektor UMKM merupakan unit usaha berbasis masyarakat yang rentan dengan kerasnya persaingan usaha dan pemasaran. Maka, seluruh upaya ataupun investasi untuk membantu UMKM untuk meningkatkan kemampuan usahanya, adalah sesuatu yang layak diperjuangkan.

Hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean dan Revolusi Industri 4.0, telah mengubah perilaku manusia dalam dunia bisnis, kewirausahaan dan secara lebih khusus aktivitas pemasaran. Maka, diperlukan kiranya sebuah tindakan khusus bagi pelaku UMKM, khususnya di pedesaan, untuk dapat bersaing secara kompetitif dalam era digital ini. Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan keterampilan pelaku pribadi maupun kapasitas usahanya. Salah satu UMKM yang secara konsisten mempertahankan dan mengembangkan usaha berbasis potensi lokal adalah usaha kewirausahaan berbasis masyarakat yang menghasilakan produk Guesin Pacs. Adapun bahan dasar dari usaha ini adalah produk makanan berbasis telur asin. Maka, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas pelaku usaha untuk memasarkan produknya secara daring atau berbasis internet tim melakukan sejumlah kegiatan. Proses pengabdian dimulai dari pengumpulan data awal melalui wawancara dan observasi untuk mengetahui lebih dalam kondisi usaha, lalu dilanjutkan dengan melakukan pelatihan dan pendampingan usaha dalam rangka meningkatkan kemampuan pelaku usaha melakukan pemasaran secara daring.


Kata Kunci


pemasaran, daring, e-commerce, Guesin Pacs, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bukit, F. R. A., Geby, G., Irvan, & Fahmi. (2019). Pembuatan Website katalog Produk UMKM untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat VOL. 3 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019 JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat)

.

Gassman, O., Frankenberger, K., & Csik, M. (2016). Business Model Navigator: 55 Model Bisnis Unggulan yang Akan Mengubah Bisnis Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Munir, R. (2011). Manajemen Apresiatif: Melejitkan Potensi Diri dalam Karier dan Bisnis Melalui Sikap Menghargai. Bandung: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka.

Wibowo, H., & Nulhaqim, S. A. (2015).

Kewirausahaan Sosial: Merevolusi Pola Pikir dan Menginisiasi Mitra Pembangunan Kontemporer. Bandung: Unpad Press.

Haqqi, Halifa & Wiyanti, Hasna. 2019. Revolusi Industri 4.0 ditengah Society 5.0. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Penerbit Quadrant.

Noor, Deiki L; Wibowo, Hery & Zainuddin, Muhamad. 2016. Pemberdayaan UMKM. Jatinangor-Sumedang. Penerbit Unpad Press.

Kasali, Renald. 2017. Disrupsi. Cetakan Pertama. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Kasali, Renald. 2012. Cracking Entreprenuers. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Phlips; Kartajaya Hermawan & Setiawan Iwan. 2010. Marketing 3.0: Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit. Jakarta. Penerbit Erlangga

Nasution, Arman Hakim & Kartajaya Hermawan. 2018. Inovasi. Yogyakarta. Penerbit Andi

Mussry, Iwan; Setiawan, Iwan; Darwin, Waizly & Alfisyahr, Rizal. Konsep Pemikiran Herwamawan Kartajaya: Dari Indonesia untuk Dunia: Redefinisi, Simplifikasi dan Futurisasi. Jakarta. Penerbit Erlangga

Kartajaya, Hermawan. 2015. Indonesia Wow, Markplus Wow, We Are Wow. Cetakan pertama.Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Renald. 2018. The Great Shifting. Cetakan ketiga. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Zainal, Veitzal Rivai; Djaelani, Firdaus; Basalamah, Salim; Yusran, Husna Laila; Veithzal, Andria Permata. 2017. Islamic Marketing Management. Cetakan Pertama. Jakarta. Penerbit Bumi Aksara.

Yaumi, Muhammad & Damopoli, Muljono. 2014. Action Research: Teori, Model dan Aplikasi. Penerbit Kencana Prenada Media Group.

Kusdiyati, Sulisworo & Fahmi, Irfan. 2019. Observasi Psikologi. Cetakan Keempat. Bandung. Penerbit PT Rosdakarya

Lall, Mahdurima & Sharma, Sheetal. 2009. Personal Growth & Training & Development. New Delhi. Excel Books.

Indrawan, Rully & Yaniawati, Poppy. 2017. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Cetakan ketiga. Bandung. Penerbit Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26593

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)