PEMANFAATAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM PADA MASA PANDEMI

Silvia Eka Ramadhani, Dwiki Aditama Supangkat, Roziana Febrianita

Abstrak


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian Negara. Pandemi Covid-19 telah membuat mayoritas sektor ekonomi, terutama UMKM, mengalami stagnansi. Di sisi lain, pada era digital ini, dengan akses internet yang sangat mudah merupakan keuntungan tersendiri bagi para pelaku UMKM. Sebab melalui media online berbagai informasi mengenai produk dapat diberikan dengan mudah pada konsumen secara online. Di kecamatan Tenggilis Mejoyo terdapat UMKM Loka Rasa yang pemasaran produknya masih menggunakan cara konvensional namun belum mengoptimalkan peran media online, khususnya media sosial dalam interaksi bisnis. Sehingga fokus dari studi ini adalah memaparkan bagaimana media social digunakan sebagai sarana pemasaran produk dan berupaya untuk meningkatkan penjualan. Kajian ini membahas tentang bagaimana pemanfaatan instagram oleh UMKM Loka Rasa dalam memasarkan produk pada masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah untuk mengenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat luas agar mendapatkan potensi pasar yang lebih besar. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan pendampingan pada anggota dan pengurus UMKM. Hasil penelitian adalah, pemanfaatan sosial media memberikan prospek yang baik untuk menaikkan angka penjualan produk UMKM yang mengalami dampak secara signifikan pada masa pandemi. Hal itu disebabkan karena sistem pemasaran digital menyediakan platform jual beli secara daring, memudahkan proses pemesanan dan pembelian.


Kata Kunci


Pemasaran Digital, Media Sosial, Pandemi COVID-19, UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Akmaliyah, M. (2013). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Desa Boja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Asmaya, F. (2015). Pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku prososial remaja di kenagarian koto Bangun. Jom FISIP, hal 1-15.

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pemasaran Pariwisata (Tourims Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana.

Hilmiana, H., & Kirana, D. H. (2021). Peningkatan Kesejahteraan Umkm Melalui Strategi Digital Marketing. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388

Lestari, Gita Tri D. S. F. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata.LINIMASA, 3, 81–100. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.ph p/linimasa/article/view/2056

Maharani, B., Fendisty, A. L., Masjidin, U. L., Ardiyan, D., Rizky, N. D., & Hidayah, N. (2021). Pelatihan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Pelaku UMKM di Desa Srumbung Magelang. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 434–440. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i4.1926

Mira Veranita, Yuda Syahidin, Gunardi, & Eki Dudi Darmawan. (2021). Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 145–159. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.513

Murdjito. G. (2012), Metode Pengabdian Masyarakat. Disampaikan pada Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Rudjito. (April 2003). Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI

Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 68–73. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.3943

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4387

Zarella, D (2011). The Social Media Marketing Book. Sebastopol. Reilly Media Inc

Liputan 6.com, 2020. Sri Mulyani: Corona Beri 3 Dampak Besar ke Ekonomi Indonesia. Diakses pada Agustus 05, 2021 jam 14.00

Saputra, D. 2021. Survei BI : 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19. Diakses pada Agustus 06, 2021 jam 10.00

Gie. 2020. Strategi Distribusi: Pengertian, Jenis, Dan Contohnya Dalam Bisnis. Diakses pada Agustus 06, 2021 jam 10.30

Jurnal88. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Bagi UMKM Di Masa Pandemi. Diakses pada Agustus 06, 2021 jam 11.00




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v3i1.35094

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)