PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PRODUK MAKANAN BERBASIS POTENSI LOKAL DI DESA CILEMBU SUMEDANG
Abstrak
Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang semakin pesat di Indonesia menjadikan usaha untuk membantu pengembangan UMKM perlu untuk dilakukan. UMKM merupakan suatu usaha kecil yang membantu perekonomian negara atau suatu daerah. Perkembangan perekonomian masyarakat pada suatu daerah dapat sangat tergantung pada potensi lokal yang dimiliki pada daerah tersebut. Salah satu UMKM yang sedang menjadi tren adalah UMKM di bidang pangan yang memproduksi berbagai olahan makanan dan minuman. Dalam pengembangan UMKM masih terdapat beberapa kendala seperti kecelakaan kerja yang dapat menurunkan kualitas produk, pasar penjualan terbatas dan tidak adanya kepemilikan izin edar. Program Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan secara hybrid dengan melakukan pendampingan dan penyuluhan kewirausahaan pada UMKM di Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang mengenai penguatan pada aspek Digital Marketig, Penerapan K3 dan Pengajuan OSS-PIRT dan BPOM RI MD sebagai strategi perluasan pasar yang berguna untuk keberlangsungan pemasaran produk UMKM. Hasilnya diharapkan para pelaku UMKM dapat memahami dan meningkatnya pengetahuan dalam memaksimalkan pemasaran.
Kata kunci: Kewirausahaan, UMKM, Potensi Lokal
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurohim BS, S.Sos., M.M., M.S, D. (2021). PENGEMBANGAN UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing, dan Model Bisnis UMKM). (Rachmi, Penyunt.) PT Refika Aditama
BPOM RI. (2018). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.
BPOM RI. (2021). Peraturan BPOM RI No. 10 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Obat dan Makanan.
Cicik Harini dan SB Handayani. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Derivatif Jurnal Manajemen, 3(2252), 58–66.
Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, (Vol.15 No. 4, pp. 18-33).
Kemendesa. (2015). 15.000 Desa Sasaran Prioritas (berdasarkan data indeks desa membangun. Jakarta. Kemendesa.
Muljono, Ryan Kristo. (2009).Digital Marketing Concept. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sriyana, J., & Sari, C. P. (2018). Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Produsen Makanan Berbahan Baku Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 65-71.
Sugianto, Jimmy. “Analisis Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi.” Jurnal Manajemen 2, no. 1 (2016): 1–9.
Abdurohim BS, S.Sos., M.M., M.S, D. (2021). PENGEMBANGAN UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing, dan Model Bisnis UMKM). (Rachmi, Penyunt.) PT Refika Aditama
BPOM RI. (2018). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.
BPOM RI. (2021). Peraturan BPOM RI No. 10 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Obat dan Makanan.
Cicik Harini dan SB Handayani. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Derivatif Jurnal Manajemen, 3(2252), 58–66.
Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, (Vol.15 No. 4, pp. 18-33).
Kemendesa. (2015). 15.000 Desa Sasaran Prioritas (berdasarkan data indeks desa membangun. Jakarta. Kemendesa.
Muljono, Ryan Kristo. (2009).Digital Marketing Concept. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sriyana, J., & Sari, C. P. (2018). Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Produsen Makanan Berbahan Baku Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 65-71.
Sugianto, Jimmy. “Analisis Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi.” Jurnal Manajemen 2, no. 1 (2016): 1–9.
Abdurohim BS, S.Sos., M.M., M.S, D. (2021). PENGEMBANGAN UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing, dan Model Bisnis UMKM). (Rachmi, Penyunt.) PT Refika Aditama
BPOM RI. (2018). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.
BPOM RI. (2021). Peraturan BPOM RI No. 10 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Obat dan Makanan.
Cicik Harini dan SB Handayani. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Derivatif Jurnal Manajemen, 3(2252), 58–66.
Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, (Vol.15 No. 4, pp. 18-33).
Kemendesa. (2015). 15.000 Desa Sasaran Prioritas (berdasarkan data indeks desa membangun. Jakarta. Kemendesa.
Muljono, Ryan Kristo. (2009).Digital Marketing Concept. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sriyana, J., & Sari, C. P. (2018). Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Produsen Makanan Berbahan Baku Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 65-71.
Sugianto, Jimmy. “Analisis Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi.” Jurnal Manajemen 2, no. 1 (2016): 1–9.
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v3i2.38537
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di: