PRAKTIK PEMBANGUNAN SOSIAL MELALUI PELATIHAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA SISWA SMK YPGU SUMEDANG JAWA BARAT

Hery Wibowo, Aditya Candra Lesmana, Ardi Maulana Nugraha, Bintarsih Sekarningrum, Maulana Irfan

Abstrak


Pendidikan karakter merupakan isu penting dalam proses pembelajaran generasi muda Indonesia. Revolusi industri, telah menuntut setiap lulusan memiliki kompentensi yang jauh lebih tinggi daripada generasi selanjutnya. Salah satu diantara kapabilitas yang perlu dimiliki oleh lulusan adalah kepemimpinan. Pada program pengabdian pada masyarakat ini memfokuskan pada upaya peningkatkan kapabilitas kepemimpinan siswa. Program dilakukan selama dua hari dengan pemateri dari pihak Program Studi Sosiologi Universitas Padjajdaran, ditambah dengan Guru Sekolah dan juga Pengelola Yayasan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa siswa peserta pelatihan menjadi lebih memahami bagaimana karakter kepemimpinan di masa depan sehingga dapat mewujudkan karakter masyarakat Indonesia.


Kata Kunci


Kepemimpinan , Pendidikan Karakter, Siswa SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadjayadi, C., Subkhan, F., & Wiradinata, M. R. (2016). New Indonesia: Dari Smart City menuju Smart Nation (Vol. 1). Jakarta, Indonesia: Penerbit PT Elexmedia Komputindo.

Arbangi. (2020). Pendidikan Karakter: Suatu Pengantar (1 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit Nuansa Cendekia.

Asifuddin, A. F. (2012). Pendidikan Islam, Basis Pembangunan Umat (1 ed.). Solo, Jawa Tengah, Indonesia: Penerbit Naashirusunnah.

Ausop, A. Z. (2014). Islamic Character Building (1 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21 (1 ed.). Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia: Penerbi Gava Media.

Elfindri, Rumengan, J., Wello, M. B., Tobing, P., Yanti, F., Zein, . . . Indra, R. (2010). Softskill untuk Pendidik. Baduase Media, Pekanbaru, Riau: Indonesia.

Kasali, R. (2015). Self Driving (5 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit Mizan Media Utama.

Kasali, R. (2016). Change Leadership (3 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit Mizan Media Utama.

Midgley, J. (n.d.).

Midgley, J. (2020). Pembangunan Sosial: Teori dan Praktik (1 ed.). (M. A. Hadiwinata, & S. Abbas, Trans.) Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University Press.

Nata, A. (2018). Psikologi Pendidikan Islam (1 ed.). Depok, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit PT Raja Grafindo.

Nurhayati, T. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Vol. 1). Batu, Malang, Jawa Timur: Penerbit Literasi Nusantara.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran (7 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit Alfabeta.

Schwab, K. (2019). Revolusi Industri (1 ed.). (F. Diena, & A. Tarigan, Trans.) Jakarta, Daerah Khusus Ibukota, Indonesia: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Soeharso, S. Y., & Tripomo, T. (2021). Strategi Menyiapkan SDM Unggul di Era Disrupsi (Vol. 1). Yogyakarta, Daerah Istimwa Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Labuan Pustaka.

Sudarma, M. (2021). Merdeka Belajar (1 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan (1 ed.). Jakarta, Indonesia: Penerbit Rineka Cipta.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Vol. 9). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit Rosda.

Zuchdi, D. (2008). Humanisasi Pendidikan (1 ed.). Jakarta, Indonesia: Penerbit Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v4i1.45189

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)