SOSIALISASI APLIKASI AGEN PEGADAIAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT NASABAH UNTUK BERTRANSAKSI
Abstrak
PT Pegadaian mendirikan aplikasi agen pegadaian sebagai perpanjangan tangan mereka guna menjawab pertumbuhan aplikasi digital saat ini dan untuk meningkatkan jangkauan Pegadaian kepada nasabah. Melalui ide pembagian biaya, pegadaian bekerjasama dengan masyarakat sebagai agen untuk menangani transaksi produk gadai dan menawarkan aplikasi agen pegadaian. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan agen dalam menggunakan aplikasi agen pegadaian dan meningkatkan pengetahuan agen mengenai fungsi fitur yang terdapat dalam aplikasi untuk menumbuhkan minat nasabah bertansaksi. Metode kegiatan yang digunakan adalah observasi, wawancara, sosialisasi, dan evaluasi. Unit Pegadaian Cabang Pedungan dapat merasakan manfaat dari hasil kegiatan. Hal ini dibuktikan dengan seluruh peserta mengalami peningkatkan kemampuan dalam menggunakan aplikasi agen pegadaian dan peningkatan pengetahuan mengenai fungsi fitur yang terdapat dalam aplikasi agen pegadaian. Saran bagi pihak Pegadaian Unit Pembantu Cabang Pedungan agar mengadakan sosialisasi secara rutin terkait aplikasi agen pegadaian.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 268–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Aufa, A., & Surur, A. M. (2020). Efektifitas Sosialisasi Sebagai Penarik Minat nasabah Perbankan Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi PROGRESSIO, 1(2), 82–88.
Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339.
Buchari, Rd. A., & Darmawan, I. (2020). Peningkatan Potensi Kewirausahaan Produk Lokal Melalui Pemasaran Digital Desa Cikeruh Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26592
Cendikia, F., Qolby, W., Larasinta, D., Lesmana, A. C., &, & Nugraha, A. M. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Digitalisasi Informasi dan Branding Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Bayum. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.24198/sawala.v4i1.44514
Chesanti, P. C., & Setyorini, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan sebagai Pengguna Aplikasi PLN Mobile. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 10–17. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11064
Dewi, N. K. I. M., Sariani, N. L. P., & Sukarnasih, D. M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Kegiatan Pemasaran PT Sacco Indonesia atau Massimo Restaurant Sanur dalam PPKM di Wilayah Bali. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 6(1), 35–42. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i1.1968
Fallahnda, B. (2020). Cara, Syarat dan Prosedur Menjadi Agen Pegadaian. Tirto.Id. https://tirto.id/cara-syarat-dan-prosedur-menjadi-agen-pegadaian-fPaV
Fitriani, A. (2018). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-Commerce C2C Shopee). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Mala, I. K. (2021). E-Government: Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Syariah Di Pegadaian Cabang Malang. Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 154–166. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1459
Pane, S.F., Zamzam, M., & Fadillah, M. D. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Pegadaian.co.id. (2023). Sejarah Pegadaian. https://www.pegadaian.co.id/profile/sejarah-pegadaian
Putri P, P. S., & Supriadi, Y. (2022). Penerapan Sistem Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Pagelaran. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.37641/jikes.v2i1.1378
Republika. (2018). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Bisnis Ritel. https://republika.co.id/berita/phh2ve216/pemanfaatan-teknologi-digital-dalam-bisnis-ritel
Sahabat.pegadaian.co.id. (2022). Sahabat Pegadaian. https://sahabat.pegadaian.co.id/agen-pegadaian
Sriyani, F. (2019). Mekanisme Aplikasi Agen Pegadaian Syariah Pada Cabang Pegadaian Syariah Banda Aceh. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15643/
Sukmawati, M. D., & Negara, G. N. J. A. (2023). Analisis Pengaruh Aplikasi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5, 267–272.
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v5i2.49512
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di: