PENGUATAN KEMAMPUAN KEBAHASAAN FASILITATOR KAMPUNG INGGRIS DALAM MENDUKUNG REVITALISASI PARIWISATA DI KABUPATEN AGAM

Imas Wahyu Agustina, Ilza Mayuni, Tara Mustikaning Palupi, Alvin Harya Putra

Abstrak


Dengan membaiknya industri pariwisata di Sumatera Barat seiring dengan membaiknya kondisi setelah pandemi, Pemerintah Kabupaten Agam berusaha untuk menghidupkan kembali Kampung Inggris guna memperkuat kualitas sumber daya manusia wilayah tersebut. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Agam bekerja sama dengan tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris UNJ mengadakan pelatihan "Training of Trainers" kepada 21 fasilitator Kampung Inggri dari lima nagari (desa) percontohan di Kabupaten Agam. Materi terkait pengajaran berbasis genre disampaikan dengan metode demo, diskusi, praktik di kelas, dan praktik memandu wisata dalam Bahasa Inggris. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris terkait topik wisata dan kearifan lokal, serta peningkatan kesadaran akan pengajaran yang menyenangkan. Setelah kegiatan, para peserta diharapkan dapat menjadi penggerak kegiatan Kampung Inggris di nagari mereka dan menarik minat kaum muda dan warga sekitar untuk belajar Bahasa Inggris.

Kata Kunci


Bahasa Inggris untuk Pariwisata; Kampung Inggris; Pelatihan Fasilitator Bahasa Inggris.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahsanu, M., Februansyah, R., & Handoyo, R. P. (2014). English Basecamp: An Alternative Learning Method for Enhancing Speaking Skill (A Case Study in Kampung Inggris, Pare, Kediri, East Java). Proceeding. International Integration for Regional Public Management. Atlantis Press. pp. 383-386.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam. (retrieved 2023). https://agamkab.bps.go.id/

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam. (retrieved 2023). https://disparpora.agamkab.go.id

Goad, T. W. (1982). Delivering Effective Training. San Diago, California: University Associate.

Heningtyas, M. A., Sjamsuddin, S., & Hadi, M. (2014). Peran Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal (Studi Kasus: Eksistensi "Kampung Inggris" Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, Vol. 2, No. 2, pp. 264-268.

Mualifah, N., & Roekminiati, S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Inggris Sebagai Destinasi Wisata Edukasi di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, Vol. 2, No. 1, pp. 168-182. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v2i1.1069

Muslimin, A. I. (2020). Pemberdayaan masyarakat untuk merintis kampung Inggris di Desa Kalipakem Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 16, No. 1, pp. 27–42. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2144

Nofyansyah, H., Rahardjo, E. T., & Munandar, A. (2018). Penyerapan Tenaga Kerja di Kampung Inggris Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Proceeding. Seminar Nasional Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala, pp. 89-96.

P21. (2019). Framework For the 21st-Century Learning. Partnership for 21st Century Learning.

Palupi, T. M. et al. (2023). Pengembangan Program ‘Kampung Inggris’: Upaya Mendukung Pariwisata di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 5, No. 2, pp. 178-191.

Putera, A. S. (2019). Komunikasi Lintas Budaya Dalam Proses Belajar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Pare Kediri. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 1, pp. 1 - 31. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.14.01

Ruhamak, M. D. & Sya’idah, E. H. (2018). Pengaruh Word of Mouth, Minat Konsumen dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi pada Pelajar Lembaga Kursus di Area Kampung Inggris Pare, Kediri). Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, Vol. 3, No. 2, pp. 118-135.

Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 17, No. 1, pp. 79-94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629

Zahedpisheh, N, Bakar, Z. B. A., & Saffari, N. (2017). English for Tourism and Hospitality Purposes (ETP). English Language Teaching, Vol. 10, No. 9. pp. 86-94.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v5i2.50845

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)