PEMBELAJARAN HIBRIDA PENGUATAN KAPASITAS PENGASUHAN ORANG TUA BAGI PENINGKATAN KETAHANAN KELUARGA SISWA BIMBINGAN BELAJAR DI DAYEUH KOLOT KABUPATEN BANDUNG
Abstrak
Tantangan untuk menjadi orang tua yang baik, dalam rangka menumbuhkembangkan generasi cerdas berakhlak mulia kian hari kian berat. Oleh sebab itu, setiap upaya yang bertujuan pada penguatan ketahanan keluarga, khususnya peningkatan kapasitas pengasuhan adalah penting. Program pengabdian pada masyarakat ini berbentuk pemberian pembelajaran hibrida penguatan kapasitas pengasuhan orang tua bagi peningkatan ketahanan keluarga siswa Bimbingan Belajar di Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung. Pola pembelajaran hibrida dipilih dengan tujuan untuk menjaga kesinambungan proses belajar dan memastikan peningkatan kapasitas orang tua dari waktu ke waktu. Metode yang diberikan melalui pembelajaran hybrid dengan memberikan materi baik secara luring maupun daring melalui media youtube. Adapun materinya adalah tentang penyadaran akan kewajiban menuntut ilmu bagi umat Islam, maksud dan tugas penciptaan manusia di muka bumi serta pemahaman dasar pengasuhan. Hasil kegiatan ini menemukan bahwa orang tua menjadi lebih memahami bagaimana melakukan pengasuhan bagi keluarganya. Selain itu juga ditemukan bahwa terjadi peningkatan interaksi antara orang tua dan anak dalam proses belajar yang diberikan selama kegiatan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai-Karakter. Depok: Rajagrafindo Persada.
Afiatin, T. (2018). Perkawinan dan Keluarga. i T. Afiatin, Psikologi Perkawinan dan KeluargaL Penguatan Keluarga di Era Digital Berbasis Kearifan Lokal (s. 17). Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Ahmadi, A. (2007). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Ayun, Q. (Januari 2017). OLA ASUH ORANG TUA DAN METODE PENGASUHAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. Jurnal IAIN Kudus - IAIN Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia, 7, 103.
Cahyaningtyas, A. (2016). Pembangunan Ketahanan Keluarga. Jakarta: Anak, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan; Statistik, Badan Pusat;.
Crone, J. (2007). How can We Solve our Social Problem? London - New Dehli: Pine Forges Press.
Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Goldenberg, H.,& Goldenberg, I.(2008). Family therapy: An overview(7th ed.). Thomson Brooks/Cole.
Hidayah, S. N. (2019). Hybrid Model-Based Learning Learning In Welcome Era Industrial Revolution 4.0. The Innovation Of Social Studies Journal, 1(1), 46-54.
Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean By Blended Learning?. Techtrends, 63(5), 564-569. (2009)
Ismail, A. U. (2006). Perspektif Al Qur'an tentang Perlindungan terhadap Anak dan Fakir Miskin dalam Pengembangan Masyarakat. i Kusmana, Bunga Rampai Islam dan Kesejahteraan Sosial (s. 119). Jakarta: PIC UIN.
Jawas, Y. b. (2020). Birrul Walidain: Berbakti Kepada Kedua Orang Tua. Jakarta: Pustaka Iman Syafii.
Lisetskyi, K. A. (2015). Blended Learning Model In The System Of Higher Education. Advanced Education, (4), 32-35.
Mawan, D. F. (2018). Optimalisasi Fungsi Keluarga pada Keluarga dengan Anak Remaja Melalui Kearifan lokal budaya Minangkabau. i T. Aviatin, Psikologi Perkawinan dan Keluarga (s. 316). Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Mourovic, I., Leibenberg, L., & Feric, M. (2020). A Review of Family Resilience: Understanding the Concept and Operationalization Challenges to inform Research and Practice. Child Care ini Practice, 2-21.
Musfiroh, M., Mulyani, S., C., E. B., Nugraheni, A., & Sumiyarsi, I. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KETAHANAN KELUARGA DI KAMPUNG KB RW 18 KELURAHAN KADIPURO KOTA SURAKARTA. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya uppl., Vol. 7 . Surakarta, Jawa Tengah , Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Nata, Abbudin, (2018). Pendidikan Islam di Era Milenial. Conciencia, 18(1), 10-28. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436
Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, V. (Desember 2021). ANALISIS METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI. Jurnal Pendidikan Sejarah Budaya Sosial, 11-19.
Pardede, P. (2012). Blended Learning For ELT. Online Submission, 2(3), 165-178.
Rojak, S. A., Widianingsih, I., & Sukarno, D. (2021). EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH DOMESTIK PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI CITARUM KECAMATAN DAYEUHKOLOT. Jurnal Administrasi Negara, 13, 16-24.
Ryanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, Umar, S., & Hakim, U. (2022). Afif Rahman Riyanda1, Tia Agnesa2. basicedu, 6, 4461 - 4469.
Soedarsono, S. (2012). Nation Character Building di Bumi Indonesia. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.
Soekanto, S. (2003). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar (Vol. 44). Jakarta: Rajawali Press.
Sonia, G., & Apsari, N. C. (April 2020). POLA ASUH YANG BERBEDA-BEDA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK. Prosiding Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat, 128-135.
Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid Learning On Problem-Solving Abiities In Physics Learning: A Literature Review. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1796, No. 1, P. 012021). IOP Publishing.
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v5i1.52606
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:









