GERAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN MASSIVE ACTION DI INDONESIA

Titi Wahyuni, Faradilah Farid Karim

Abstrak


Tujuan kegiatan ini adalah melakukan suatu kontribusi kebermanfaatan pendidikan lingkungan secara masif, serentak, dan skala nasional. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Massive Action yang dilaksanakan secara serentak pada hari yang sama di 27 provinsi di Indonesia. Adapun data secara khusus berisi pembahasan real lapangan pada lokasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Cipaku, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan menggunakan metode Pengajaran kepada siswa-siswi dengan mengambil alih kelas di Sekolah Dasar. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 21-23 Februari 2019. Kegiatan ini dilakukan dengan mengusung topik meliputi: 1) Gaya hidup hemat dan sehat; 2) Gerakan anti sampah plastik (Tobat Plastik); dan 3) Pengenalan ragam profesi (Jika Aku Menjadi Presiden Challenge). Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan telah mengajarkan gaya hidup yang hemat dan sehat, menumbuhkan rasa kebersamaan, cinta lingkungan, serta mengajak para siswa-siswi untuk bercita-cita setinggi langit bahkan hingga menjadi seorang presiden. Kegiatan ini telah diselenggarakan secara kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka Pendidikan karakter unggul sejak dini pada siswa siswi di Sekolah Dasar.

Kata Kunci


pendidikan karakter, massive action, Sekolah Dasar, lingkungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainia, Dela Khoirul. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 3 Tahun 2020 ISSN: E-ISSN 2626-7982, P-ISSN: 2620-7990.

Annisa, M.N., Wiliah, Ade dan Nia R. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, Volume 2, Nomor 1; 35-48.

Annur, Cindy Mutia. (2024). Timbulan Sampah Plastik Indonesia Terus Meningkat Hampir Sedekade. Artikel diakses pada laman databoks.katadata.co.id. tanggal 3 Juli 2024.

Fatmawati, Ira. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Revorma, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, e-ISSN: 2808-4217, 20-37.

Handayani, Sri Lestari, Khairil, Kusmajid. (2021). Peningkatan Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Literasi Numerasi Pada Era Pandemi Covid-19. International Journal of Public Devotion, e-ISSN: 2614-6762 dan p-ISSN: 2614-6746, Volume 4, Number 1, Page 1-8.

Ismail, M. Jen. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 4, Nomor 1, hal. 59-68.

Khotimah, Desy Nurlaida. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 2 No. 1, Februari 2019 Hal. 28-31.

Mata Garuda. (2019). Petunjuk Umum Massive Action. PDF. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pribadi, R.A., Dzambiyah, A., dan Dwinatalia, E. (2023). Peran Guru dalam Pembelajaran Merdeka Belajar di SD. Rumah Jurnal UIN Alauddin, Volume XII, Nomor 2, Juli-Desember 2023, 566-582.

Putra, Ferdy, dkk. (2023). Pendampingan Mengajar Dalam Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di TK Raisyah Pekanbaru. Semanggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 2 Nomor 01, https://doi.org/10.38156/sipm.v2i01.177

Rofiah, Nurul H., dkk. (2024). Professional Development Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, Volume 5 Nomor 1 Januari 2024 Halaman 1-10.

Siregar, Zulham, dkk. (2021). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Mengajar Siswa Di SMK Al Maksum 2 Pulau Kampai. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (JPKM), Vol.2, No. 2. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm.

Tarigan, Mardinal, dkk. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.3- No. 1 Page 149-159, E-ISSN: 2721-7957.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i1.55956

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)