OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM BAKSO CILOK DESA CIKEUSAL

Aan Ansori, Mukhlisotul Jannah, Herlina Pratiwi, Farrah Mulya Hany, - Nurrunajmi, lughoh Khofifah

Abstrak


Pemanfaatan media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran dapat juga membantu upaya pemasaran Baso Cilik di Desa Cikeusal melalui pemanfaatan media sosial, yang dikenal sebagai strategi pemasaran efektif untuk berbagai jenis bisnis. Dengan pemanfaatan media sosial, pemasaran menjadi lebih menarik dan praktis, memungkinkan masyarakat untuk mengakses dan memasarkan produk mereka secara lebih luas serta segmentasi target pengguna yang lebih potensial. Pengabdian ini menggunakan pendekatan metode pendampingan dan konsultasi dilakukan dengan memberikan bimbingan dan konsultasi serta arahan langsung kepada masyarakat terkait strategi pemasaran UMKM Bakso Cilok di Desa Cikeusal melalui pemanfaatan media sosial. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya perubahan positif pada beberapa indikator, termasuk pembentukan komunitas online yang kuat, pengaruh dari pengguna, dan kemampuan bisnis untuk cepat beradaptasi dengan perubahan selera dan keinginan konsumen. Kesimpulannya, pemasaran melalui media sosial tidak hanya menjadi alat promosi, tetapi juga berperan penting dalam adaptasi dan pengembangan UMKM di era digital


Kata Kunci


Pemasaran; UMKM; Media Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, D. A., & Moorman, C. (2023). Strategic market management. John Wiley & Sons.

Ali Hasan, S. E. (2010). Marketing dari mulut ke mulut. Media Pressindo.

Anasrulloh, M., & Nurjanah, S. (2023). Pendampingan Optimalisasi Penjualan Produk Pada Persatuan Cacat Tubuh (Percatu) Tulungagung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3904–3910.

Ansori, A. (2016). Digitalisasi Ekonomi Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Ansori, A. (2024). Sosialisasi Penggunaan Metode Pembayaran Elektronik/Digital di Kecamatan Petir Serang-Banten. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 151–165.

Ansori, A., Rokhmah, S., Masykuroh, N., Ferieka, H., & Suganda, A. D. (2022). Strategi Pemilikian Jaringan Bisnis yang Luas di Masa Muda pada Kegiatan Pendampingan UMKM melalui Bank Mini FEBI UIN SMH BANTEN. Banque Syar’i: Jurnal Llmiah Perbankan Syariah, 8(1).

Batra, R., & Keller, K. L. (2016). Integrating marketing communications: New findings, new lessons, and new ideas. Journal of Marketing, 80(6), 122–145.

Chuang, S.-H. (2020). Co-creating social media agility to build strong customer-firm relationships. Industrial Marketing Management, 84, 202–211.

Evans, D., Bratton, S., & McKee, J. (2021). Social media marketing. AG Printing & Publishing.

Gavilanes, J. M., Flatten, T. C., & Brettel, M. (2018). Content strategies for digital consumer engagement in social networks: Why advertising is an antecedent of engagement. Journal of Advertising, 47(1), 4–23.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). Qualitative research methods. Sage.

Heryana, N., Kom, M., Muhammad Fuad, S. E., Titi Nugraheni, S. E., MM, Ms., Darnilawati, S. E., Meida Rachmawati, S. E., MM, M. H., Triansyah, F. A., & Susano, A. (2023). UMKM dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri.

Kano, K., Choi, L. K., subhan Riza, B., & Octavyra, R. D. (2022). Implications of digital marketing strategy the competitive advantages of small businesses in indonesia. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(1), 44–62.

Killian, G., & McManus, K. (2015). A marketing communications approach for the digital era: Managerial guidelines for social media integration. Business Horizons, 58(5), 539–549.

Kusuma, R. D., Sutjipto, S. S. U., Sujana, S., & Maretha, H. A. (2020). Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 233–240.

Lamberti, L., & Noci, G. (2010). Marketing strategy and marketing performance measurement system: Exploring the relationship. European Management Journal, 28(2), 139–152.

Nisar, T. M., & Whitehead, C. (2016). Brand interactions and social media: Enhancing user loyalty through social networking sites. Computers in Human Behavior, 62, 743–753.

Odden, L. (2012). Optimize: How to attract and engage more customers by integrating SEO, social media, and content marketing. John Wiley & Sons.

Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. Edulitera (Anggota IKAPI–No. 211/JTI/2019).

Saputro, A., & Shovmayanti, N. A. (2024). Perspektif sebagai Pengembangan Literasi Media Digital Mahasiswa. ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 18–30.

Setiawan, Z., Erwin, E., Purwoko, P., Riswanto, A., Amaral, M. A. L., Sari, A., Parawansa, D. A. S., Widawati, E., Yuliawan, Y., & Hidayat, D. R. (2023). BUKU AJAR MANAJEMEN PEMASARAN. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Setiawan, Z., Zebua, R. S. Y., Suprayitno, D., Hamid, R. S., Islami, V., & Marsyaf, A. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sugandini, D., Effendi, M., Istanto, Y., Arundati, R., & Rahmawati, E. (2019). Pemasaran Digital: Adopsi Media Sosial Pada UKM. Zahir Publishing.

Supardi, Juhji, Azkiyah, I., Muqdamien, B., Ansori, A., Kurniawan, I., & Sari, A. F. (2021). The ICT basic skills: Contribution to student social media utilization activities. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10.

Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.

Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence & Planning, 32(3), 328–344.

Wardani, S. (2023). Transformasi Interaksi Bisnis dan Konsumen dalam Era Komunikasi Digital. Jurnal Tadbir Peradaban, 3(2), 26–35.

Wijaya, R., & Kusmayadi, A. (2024). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Perilaku Kewarganegaraan Pelanggan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 1136–1152.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i2.56491

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)