PELATIHAN OPTIMALISASI PEMASARAN MENGGUNAKAN TIKTOK UNTUK KEAHLIAN KULINER DI SMK NEGERI 6 SEMARANG
Abstrak
Dalam era digital saat ini, TikTok telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial yang efektif untuk promosi dan penjualan produk, termasuk produk kuliner. Pelatihan ini disusun untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kuliner SMK N 6 Semarang dalam menggunakan berbagai fitur TikTok guna memperluas jangkauan pemasaran serta meningkatkan daya saing produk yang mereka hasilkan. Metode pelatihan meliputi pemberian materi, demonstrasi praktis, serta simulasi pembuatan konten kreatif untuk promosi di TikTok. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang strategi pemasaran digital serta kemampuan mereka dalam mengaplikasikan teknologi modern untuk kebutuhan bisnis kuliner. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memperkuat soft skills siswa dalam bidang kewirausahaan, khususnya dalam pemanfaatan media sosial untuk komersial. Evaluasi keberhasilan program dilakukan melalui penilaian terhadap pemahaman siswa sebelum dan sesudah pelatihan serta melalui hasil kuesioner pretest dan posttest. Hasil menunjukkan bahwa 86% siswa memahami materi pelatihan yang diberikan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arda, M. (2019). Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis SWOT. PERWIRA: Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 61–69. https://doi.org/10.21632/perwira.2.1.61-69
Aulia, B. F., Subarjah, S. S., & Rahma, Y. (2024). Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Literasi Digital Masyarakat. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 86–93. https://journal.aripi.or.id/index.php/Bima/article/view/806
Darmastuti, S., Juned, M., Saraswati, P. D., Ghoffar, S. A., Raharjo, P., & Sianturi, A. M. (2023). PENYULUHAN MANFAAT E-COMMERCE BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN SERUA, BOJONGSARI, DEPOK. MARTABE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(8), 2737–2748. https://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/12224/pdf
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Krisdanu, C. A., & Kiranastari Asoka Sumantri. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173
Nasution, W. S. L. (2022). Digitalization of Marketing to Support MSMEs in the Midst of the Covid-19 Pandemic. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 222–230. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v7i1.6546
Novita, D., Herwanto, A., Cahyo Mayndarto, E., Anton Maulana, M., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543–2550. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13312
Rahmawati, D., Bustanul Anwar, R., Farida, N., Rahmawati, Y., Rizki, S., Putri, R. R., Wulandari, A., Nursela, N., Jannah, L. M., & Utari, S. (2024). Ruang Pengabdian (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Optimalisasi Penggunaan Tik Tok sebagai Digital Marketing UMKM. Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.23960/rp/v4i1.hal.9-15
Rara, D. H. M. (2022). Media Sosial Sebagai Alternatif Penjualan Pengusaha Kain Jumputan Sutra Ditengah Pandemi Covid-19. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.38043/parta.v2i1.3171
Setyo, A., Elmunsyah, H., & Prasetiyanto, A. E. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Di Media Sosial: Strategi Peningkatan Motivasi Dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 10(1), 471–479. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23341
Tiwow, V. A., Amin, B. D., & Sulistiawaty, S. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis Online Bagi Kelompok Usaha Mikro. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32. https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24436
Wicaksana, D. A., Christanto, F. W., Putri, A. N., & Fitrianti, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Kuliner Di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 810–817. https://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/jurnalabdimasku/article/view/2109
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i1.61114
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di: