OPTIMALISASI WEBSITE BERBASIS WORDPRESS UNTUK MENDUKUNG UKM MELALUI PT. DJITU SOLUSI DIGITAL

Raphael Immanuel Nugraha, Ni Luh Putu Sariani

Abstrak


Transformasi digital menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasar. Salah satu sarana digital yang dapat dimanfaatkan oleh UKM dalam melakukan branding dan promosi adalah website. Namun, banyak pelaku UKM belum memiliki kemampuan dalam mengelola website secara mandiri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi tiga pelaku UKM dalam optimalisasi website berbasis WordPress, dengan pendekatan pelatihan dan migrasi sistem dari WP-Bakery Page Builder ke Elementor. Selain itu, digunakan plugin Search Engine Optimization (SEO) bernama Yoast SEO untuk membantu meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan identifikasi kebutuhan, pengembangan website, pelatihan, serta evaluasi hasil. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan Google PageSpeed Insights untuk aspek performa teknis, serta survei kepada pelaku UKM untuk menilai kemudahan pengelolaan konten, efektivitas SEO, dan tingkat kepuasan terhadap hasil akhir. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam performa website, serta peningkatan pemahaman dan kemandirian pelaku UKM dalam mengelola website mereka. Kegiatan ini berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas digital pelaku UKM dan mendorong pemanfaatan website sebagai media promosi yang lebih profesional.


Kata Kunci


WordPress, UKM, Elementor, SEO, Pengabdian kepada masyarakat, Website UKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darodjat, Maulana, & Suryamah. (2024). PENINGKATAN KAPABILITAS UMKM MELALUI PELATIHAN KEMASAN PRODUK DAN TRANSAKSI DIGITAL DI DESA CILEUNYI KULON. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 5, 11–17. https://doi.org/10.24198/sawala.v5i1.5064

Nardo, Yuliana, L., Ratnasari, Nugraha, J., Lasminingrat, & Kusuma. (2024). BRANDING STRATEGY DI ERA DIGITAL.

Nielsen. (1994). Usability Engineering. Academic Press.

Nurjanah, Hafizh, J., Yeni, R., Nasution, Syahli, Mawaddah, Salsabilah, R., Pratama, & Firdaus. (2025). PEMANFAATAN KONTEN DIGITAL SEBAGAI BRANDING UMKM DAN INFOGRAFIS DESA PANGKALAN MAKMUR. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 6, 29–39.

Rumahweb.com. (2024). Keunggulan WordPress untuk pengembangan website. Https://Rumahweb.Com.

Widyaningsih, P., Nurohman, & Nofikasari. (2022). Pemasaran Digital Berbasis CMS Wordpress Pada UMKM Shapro Official Wonogiri. 15(2), 351–360.

WordPress.org. (2021). Usage statistics and market share of WordPress. Https://wordPress.org.

Yulizar, I. A. (2024). Penggunaan Wordpress Sebagai Alat Bantu Online Shop. Https://Www.Journal.Hdgi.Org/Index.Php/Git/Index, 2.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i2.62275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)