PENGENALAN KALIMAH ISIM DALAM AL-QUR'AN SURAH AL-FATIHAH PADA ANAK-ANAK PENGAJIAN MASJID AT-TAQWA DI DESA MUARA KUIS
Abstrak
Tulisan ini mengkaji tentang pengenalan kalimah isim dalam surah Al-Fatihah pada anak-anak pengajian di mesjid At-Taqwa Desa Muara Kuis. Dalam memahami Al- Qur'an, kalimah isim merupakan kalimah dasar. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengenalkan dasar bahasa arab kepada anak-anak pengajian di mesjid At-Taqwa karena bahasa arab merupakan bahasa dunia dan bahasa yang digunakan untuk aktivitas beribadah dengan dilaksanakan kegiatan pengenalan kalimah isim anak-anak mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai kalimah isim secara dasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa teks, wawancara, dan observasi. Adapun hasil dari kegiatan ini dapat dilihat dari sebelum pengajaran di mulai tingkat pemahaman anak-anak tentang kalimah isim sangat terbatas, namum setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 85% anak-anak mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai jenis kalimah isim yang terdapat dalam surah Al-Fatihah. Dengan demikian, kegiatan pengenalan kalimah isim dalam Al-Qur'an Surah Al-Fatihah pada pengajian anak- anak di mesjid At-Taqwa dalam memahami kalimah isim telah berhasil dan menjadi kegiatan berkelanjutan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aziz, M. T. (2023). Pendekatan Struktural Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya. Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature3(1), 67-75.
Gafur, A. N. (2021). Pembinaan Ilmu Tajwid terhadap Anak-Anak di Masjid An- Nuur Kebun Raya OI. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2),, 313-326.
Hamsa, H. &. (2022). Pengenalan Isim dalam Bahasa Arab. Al-Asma.
Listari, M. (2022). embangun motivasi anak mengaji melalui program bimbingan belajar di Masjid Al- Hikmah Desa Benteng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan 6(3),, 145-147.
Mahbubah, S. (2015). UMLAH ISMIYYAH DAN JUMLAH FI’LIYYAH DALAM KITAB JAWĀMI’UL KALIM KARYA KH. ALI MAKSUM DAN METODE PENGAJARANNYA (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
Ningsih, A. F. (2022). Upaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Anak-Anak Melalui Magrib Mengaji Di Nagari Kuranji Hilir, Korong Lampanjang, Kecamatan Sungai Limau. Education For All: Jurnal Pendidikan Masyarakat, 2(2),, 56-62.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Indonesia.: Yayasan Ahmar Cendekia.
Toyyib, M. (2021). Pembentukan Kemampuan Menghafal Surah Al Fatihah Pada Anak Usia Dini. Al- Ibrah:. Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 6(2), 27-53.
Ulum, M. &. (2023). Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof Bagi Pemula. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), , 1126-1132.
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i2.62504
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di: